Sedulur pecinta ceker? Kenikmatan ceker memang sulit diabaikan, apalagi jika dikreasikan menjadi hidangan resep ceker pedas.

Ceker adalah bagian tubuh ayam yang sering dijadikan bahan membuat sup. Dengan sejumlah nutrisi seperti karbohidrat, vitamin A, folat, kolin, fosfor, omega 3, omega 6, dan kalsium, ceker memiliki sejumlah manfaat. Beberapa manfaat ceker diantaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko tulang keropos, mempercepat pertumbuhan luka, menjaga elastisitas kulit, hingga menjaga kuku tetap sehat. Dibalik sejumlah manfaatnya, ceker merupakan makanan yang lezat dan bisa dikreasikan menjadi aneka masakan ceker.

Belakangan ini, ceker menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar. Berbagai olahan ceker seperti resep ceker pedas manis, ceker balado, ceker krispi, dan resep olahan ceker yang kian populer adalah resep ceker pedas. Bagi pecinta drama korea, ceker pedas yang sering tampil menggiurkan kian membuat penonton ingin mencicipinya juga. Tekstur ceker yang lembut dan empuk, dilumuri dengan bumbu ceker pedas membuatnya semakin dicinta.

Jika Sedulur juga penikmat ceker dan makanan pedas, mari simak resep ceker pedas berikut ini.

-->

Baca Juga: 3 Kreasi Seblak untuk Keluarga di Rumah!

Resep Ceker Pedas yang Lezat dan Mudah untuk Sedulur Pecinta Ceker

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
halodoc.com

Berikut adalah bahan-bahan yang harus Sedulur siapkan untuk kesuksesan membuat ceker pedas.

  • 7 potong ceker ayam ukurang sedang, dicuci bersih
  • Larutan jeruk nipis untuk merendam ceker
  • 2 cm jahe, memarkan
  • ½ sendok teh bubuk kunyit
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 750 ml air
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan garam
  • Minyak goreng untuk menumis

Resep ceker pedas tidak akan lengkap tanpa rempah-rempah khas ceker pedas. Langsung saja, siapkan bahan-bahan ini untuk dihaluskan agar masakan  Sedulur mencapai kelezatan yang maksimal!

  • 50 gram bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 50 gram cabai rawit hijau
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok teh ebi

2. Membersihkan Ceker

2. Membersihkan Ceker
mommyasia.id

Sebelum mengeksekusi resep ceker pedas, Sedulur wajib tau cara membersihkan ceker dengan benar. Pertama, saat Sedulur membersihkan ceker dengan air bersih, pastikan semua kuku ceker dipotong. Agar mudah, pastikan Sedulur memotong kuku ceker di bagian sendi yang tidak terdapat tulang yang keras ya.

Kemudian, bersihkan lapisan kuning yang membungkus ceker. Tahap ini agak sulit, namun bisa disiasati dengan merebus dahulu ceker selama 3-5 menit. Dengan itu, kulit ceker akan lebih mudah mengelupas. Terakhir, jangan lupa membersihkan lapisan kuning dan kotoran-kotoran yang ada di telapak ceker. Kini, setelah ceker bersih, resep ceker pedas siap dieksekusi!

Baca Juga: Resep Dimsum Ceker, Camilan Enak Buat Keluarga di Rumah

3. Rebus Ceker Hingga Empuk

3. Rebus Ceker Hingga Empuk
bukalapak.com

Untuk menambah kenikmatan resep ceker pedas buatan sendiri, Sedulur bisa membuat cekernya empuk dengan beberapa cara. Pertama, rendam ceker dalam larutan jeruk nipis atau cuka. Dengan kandungan asamnya, jeruk nipis maupun cuka akan membantu ceker menjadi lebih empuk. Kedua,rebus ceker dengan rempah-rempah seperti jahe, daun jeruk, daun salam, dan garam akan membuat tekstur ceker semakin lembut. 

Cara lain yang bisa Sedulur lakukan adalah mengikuti cara Fah Umi Yasmin dengan teknik 5-30-7. Teknik ini tidak melibatkan banyak rempah-rempah sekaligus bisa menghemat gas dibandingkan dengan teknik lainnya. Sedulur hanya perlu menyala-matikan kompor dengan pembagian waktu 5-30-7. Caranya adalah merebus ceker dalam air mendidih di 5 menit pertama. 

Kemudian matikan kompor dan diamkan selama 30 menit dalam keadaan panci tertutup. Meski kompor tidak dinyalakan, pada saat itu proses memasak dan mengempukkan tetap berlangsung. Terakhir, kembali nyalakan kompor selama 7 menit. Dengan demikian, resep ceker pedas bisa segera dipadukan dengan pengolahan ceker empuk yang sudah Sedulur lakukan.

4. Masak Ceker Pedas

4. Masak Ceker Pedas
selerasa.com

Setelah ceker dibersihkan dan direbus hingga empuk, saatnya menyiapkan wajan untuk menggoreng ceker. Goreng ceker sebentar saja agar teksturnya tidak terlalu kering dan tidak keras. Tumis rempah-rempah khas ceker pedas yang sudah dihaluskan hingga aromanya harum. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Terakhir, masukan ceker, aduk rata. Ceker pedas buatan Sedulur siap dinikmati.

Beli Bahan Membuat Ceker Pedas di Aplikasi Super

Beli Bahan Membuat Ceker Pedas di Aplikasi Super
superapp.id

Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk membuat ceker pedas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan yang lengkap dengan harga yang super murah. Selain itu, Aplikasi Super juga menyediakan berbagai kemudahan, mulai dari gratis ongkir pengiriman barang hingga berbagai voucher belanja menarik yang sangat menggiurkan.

Sedulur bisa mendapatkan setiap bahan untuk membuat ceker pedas dengan membelinya di Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barangnya. Dan juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar bisa melakukan transaksi pembelian melalui smartphone.

Bagaimana? Apakah Sedulur sudah siap menikmati resep ceker pedas buatan sendiri? Semoga resep ceker pedas dan tips yang sudah dijelaskan bisa menambah opsi masakan Sedulur sehari-hari. Selamat berkreasi!