Kurang bahan membuat gulai nangka? Yuk simak resep sayur nangka muda bumbu kuning, yang super praktis dan bergizi!

Salah satu alternatif mengolah nangka menjadi makanan adalah membuat resep nangka muda bumbu kuning. Atau di beberapa tempat dikenal juga dengan nama sayur tewel bumbu kuning. Salah satu olahan tumis nangka muda dengan menggunakan kuah ini tidak begitu sulit membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur tewel bumbu kuning pun bisa dengan mudah Sedulur dapat di warung. Nangka muda merupakan salah satu makanan yang bisa diolah menjadi sayur bumbu kuning, selain itu ada juga resep sayur tahu kuning yang sering juga dipadukan dalam berbagai menu olahan sayur.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep nangka muda bumbu kuning dengan langkah dan cara pembuatannya. Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasan resep sayur nangka muda bumbu kuning dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: 8 Kreasi Resep Olahan Nangka Muda Super Enak, Sudah Coba?

Resep Sayur Nangka Muda Bumbu Kuning, Super Praktis, Lezat dan Bergizi!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
4muda.com

Bahan yang dibutuhkan dalam resep sayur nangka muda bumbu kuning adalah:

  • 1/4 buah nangka muda
  • 2 lembar daun melinjo
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • 1 bungkus kecil santan instan
  • 1 sdt gula jawa sisir
  • Secukupnya air

Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 5 cabe rawit
  • 2 ruas kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam

2. Bersihkan Nangka Muda

2. Bersihkan Nangka Muda
resepkoki.com

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuatnya, langkah selanjutnya dalam resep sayur nangka muda bumbu kuning adalah membersihkan nangka muda dan merebusnya hingga empuk. Membersihkan nangka muda ini dalam rangka untuk menghilangkan getah nangka. Baik dalam resep sayur nangka jawa atau gulai nangka padang, membersihkan nangka menjadi hal yang harus, karena getah nangka selain lengket bisa membuat tenggorokan gatal.

Sedangkan merebus nangka muda dalam langkah dan resep sayur nangka muda bumbu kuning bertujuan untuk memudahkan proses memasak, agar tidak memakan waktu lama saat proses memasaknya maka nangka direbus terlebih dahulu hingga empuk.

3. Tumis Bumbu Halus

3. Tumis Bumbu Halus
sajiansedap.grid.id

Langkah selanjutnya dalam resep sayur nangka muda bumbu kuning adalah menumis bumbu halus yang telah disediakan hingga wangi. Lalu masukkan lengkuas dan daun melinjo, aduk rata dan tumis hingga layu dan matang. Jangan terlalu lalu menumisnya, pastikan semua tumisan layu dan mengeluarkan aroma wangi

Baca Juga: Resep Gulai Nangka Muda Enak, Sederhana & Praktis

4. Masak Sayur Nangka Bumbu Kuning

4. Masak Sayur Nangka Bumbu Kuning
unileversolutions.com

Selanjutnya lalu masukkan rebusan nangka dan aduk hingga tercampur. Tambahkan sedikit air, santan dan gula jawa. Masak terus hingga air kuah sayur nangka menyusut dan nangka menjadi super lunak. Jangan lupa koreksi rasa, pastikan juga bumbu telah menyerap pada nangka. Setelah semua pas dan sesuai, sayur nangka bumbu kuning siap disajikan dan resep sayur nangka muda bumbu kuning pun selesai dilakukan.

Menyimak penjelasan di atas, sangat mudah membuat sayur nangka muda bumbu kuning. Sedulur hanya membutuhkan bahan-bahan yang sesuai untuk membuat olahan nangka muda satu ini.

Beli Bahan Sayur Nangka Muda Di Aplikasi Super

Beli Bahan Sayur Nangka Muda Di Aplikasi Super
superapp.id

Agar Sedulur lebih untung dan lebih mudah dalam menyediakan bahan makanan, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Karena, Aplikasi Super memiliki Super Eats yang menyediakan berbagai kebutuhan bahan makanan yang sangat murah dengan harga yang sangat terjangkau. Sedulur wajib cek di Aplikasi Super sekarang juga. Bagi yang belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini.

Kelengkapan barang di Aplikasi Super sangat terjamin, begitu juga dengan kualitas setiap barangnya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Terdapat beberapa program menarik yang bisa Sedulur nikmati sebagai persembahan dari Aplikasi Super.