Bosan dengan gulai daging? Yuk simak resep gulai nangka muda di bawah ini. Alternatif hidangan berkuah yang super praktis.

Salah satu hal yang paling penting dalam membuat gulai adalah bumbunya, sediakan bahan dan bumbu gulai nangka muda agar resep sayur nangka muda bisa semakin nikmat. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang resep gulai nangka muda beserta dengan cara memasak sayur nangka muda.

Selain itu akan dijelaskan juga bahan yang dibutuhkan dalam bumbu sayur nangka muda dan resep olahan sayur nangka. Salah satu aneka olahan nangka muda yang paling sering dibuat adalah gulai nangka muda, terutama dalam setiap sajian di rumah makan padang. Karena rumah makan padang memiliki resep gulai nangka khas padang.

Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasan mengenai resep gulai nangka muda beserta dengan langkah dan cara mudah membuatnya dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 8 Kreasi Resep Olahan Nangka Muda Super Enak, Sudah Coba?

Resep Gulai Nangka Muda yang Super Mudah dan Memiliki Rasa yang Lezat

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan
4muda.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep gulai nangka muda adalah:

  • 1/4 kg nangka muda
  • 200 g daging tetelan
  • 550 ml santan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh geprek

Selain beberapa bahan di atas, Sedulur juga wajib menyiapkan beberapa bumbu halus, yaitu:

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 buah kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 10 buah cabai merah keriting
  • Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk

2. Bersihkan Nangka Muda

2.   Bersihkan Nangka Muda
resepkoki.com

Setelah menyiapkan bahan resep gulai nangka muda, sebelum masuk ke langkah membuatnya, pertama-tama Sedulur bersihkan dulu nangka. Membersihkan nangka muda ini dalam rangka untuk menghilangkan getah nangka. Baik dalam resep sayur nangka jawa atau gulai nangka padang, membersihkan nangka menjadi hal yang harus, karena getah nangka selain lengket bisa membuat tenggorokan gatal.

3. Tumis Bumbu Halus

3. Tumis Bumbu Halus
sajiansedap.grid.id

Langkah selanjutnya dalam resep gulai nangka muda adalah dengan menumis bumbu halus terlebih dahulu, hingga bumbu halus mengeluarkan aroma wangi. Lalu masukkan daun kunyit, daun salam, batang sereh, dan daun jeruk. Tumis kembali hingga aroma wangi semakin kuat.

Lalu masukkan tetelan daging sapi, aduk dengan bumbu halus yang sedang ditumis hingga daging tetelan berubah warna. Lalu masukkan nangka muda yang telah dibersihkan dan masak hingga nangka layu.

Baca Juga: 10 Resep Gulai Ikan yang Siap Bikin Kamu Ketagihan!

4. Masukkan Santan Kelapa

4. Masukkan Santan Kelapa
cookpad.com

Setelah daging tetalan berubah warna dan nangka muda layu ditumis, langkah selanjutnya dalam membuat sayur nangka adalah dengan menuangkan santan kelapa dalam wajan. Tambahkan juga gula, gara, kaldu bubuk dan penyedap rasa. Kecilkan api, lalu aduk secara perlahan dan terus menerus, agar santan tidak pecah. Masak hingga nangka benar-benar empuk dan kuah agak menyusut dan kenta. Jangan lupa koreksi rasa hingga sesuai selera.

5. Gulai Nangka Siap Disajikan

5. Gulai Nangka Siap Disajikan
cookpad.com

Resep gulai nangka muda pun telah selesai dan siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan kerupuk. Nikmati gulai selagi masih hangat, terutama di tengah musim hujan seperti saat ini, menu makan satu ini akan sangat membuat kita bergairah untuk makan.

Semoga cara membuat sayur nangka di atas bisa menambah pengetahuan resep dan menambah variasi menu yang bisa Sedulur masak di rumah. Jangan lupa untuk membeli bahan untuk membuat resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super.

Kelengkapan barang di Aplikasi Super sangat terjamin, begitu juga dengan kualitas setiap barangnya. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super bisa klik di sini. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Terdapat beberapa program menarik yang bisa Sedulur nikmati sebagai persembahan dari Aplikasi Super.