Pengen sambal nikmat dan cepat dibuatnya? Yuk, simak resep sambal terasi mentah di bawah ini. Dijamin menggugah selera.

Sambal terasi mentah merupakan salah satu menu sambal yang cepat dibuatnya, karena Sedulur akan melewatkan proses menggoreng bahan-bahan membuat sambal. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara membuat sambal terasi mentah sebagai sambal lalapan mentah untuk menemani makan Sedulur agar semakin nikmat.

Dibanding membuat sambal terasi goreng, cara membuat sambal lalapan mentah lebih mudah. Dalam resep sambal terasi mentah yang enak juga bahan yang dibutuhkan tidak sulit untuk didapat. Sambal mentah enak membutuhkan bahan yang banyak ditemui di warung atau toko kelontong.

Agar waktu makan Sedulur semakin bergairah, sambal memang cocok untuk ada di setiap hidangan. Yuk, mari kita langsung saja simak cara membuat sambal mentah dalam resep sambal terasi mentah di bawah ini.

-->

Baca Juga: 3 Resep dan Cara Membuat Sambal Terasi Dijamin Bikin Nagih

Cara Membuat dan Resep Sambal Terasi Mentah yang Dapat Menggugah Selera

1. Bahan yang Dibutuhkan

Sumber: womentalk.com

Dalam resep sambal terasi mentah, Sedulur harus menyiapkan beberapa bahan, yaitu:

  • 1 sdm terasi, bakar sampai harum
  • Setengah buah tomat merah
  • 1 buah cabai keriting
  • 8 buah cabai rawit
  • 1 siung bawang putih
  • Setengah ruas kencur
  • Setengah sdt gula merah dan,
  • Setengah sdt garam.
  • 1 sdt minyak goreng.

Bahan untuk membuat sambal terasi mentah di atas merupakan bahan yang tidak sulit di dapat. Sedulur bahkan bisa mendapatkannya di warung sederhana atau warung biasa.

2. Bersihkan Bahan yang Telah Disediakan

2.   Bersihkan Bahan yang Telah Disediakan
Sumber: jatim.net

Tahap selanjutnya dalam resep sambal terasi mentah adalah membersihkan bahan yang telah disediakan. Cuci dan bilas bahan seperti bawang, kencur, cabai rawit dan cabai keriting yang telah disediakan. Agar bersihkan tidak mengandung kuman atau bakteri. Sekaligus juga Sedulur bisa cek ulang bahan yang telah Sedulur siapkan, barang kali ada yang kurang.

Bagian ini sangat penting, karena bahan tidak akan melalui proses penggorengan, karena sambal yang dibuat adalah sambal terasi mentah. Maka memastikan bahan bersih dan terbebas dari bakteri dan kuman adalah hal yang harus dan wajib dilakukan.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Saus Sambal Bikin Nagih, Terbaru 2020

3. Ulek Bahan di Atas Cobek

3.   Ulek Bahan di Atas Cobek
Sumber: food.detik.com

Langkah selanjutnya adalah mengulek bahan hingga halus dan lembut. Sedulur bisa menguleknya dengan perlahan dan tidak harus terburu-buru. Sambal terasi mentah yang nikmat adalah sambal yang memiliki kelembutan yang halus dan dan sangat lembut ketika dimakan. Namun hal tersebut juga bergantung selera Sedulur masing-masing. Ada yang suka sambal dengan tekstur yang lembut, ada yang suka sambal dengan tekstur yang kasar.

Satu hal yang pasti, karena bahan tidak digoreng terlebih dahulu alias mentah. Maka biasanya akan lebih sulit menguleknya. Maka Sedulur harap mengeluarkan sedikit tenaga ketika proses mengulek sambal terasi mentah ini.

4. Sambal Terasi Mentah Siap Disajikan

4.   Sambal Terasi Mentah Siap Disajikan
Sumber: cookpad.com

Sambal terasi mentah pun siap disajikan dan resep sambal terasi mentah telah selesai dilakukan. Nikmati sambal terasi mentah ini dengan beberapa lauk yang nikmat, seperti ikan asin atau juga daging ayam. Sambal terasi akan semakin nikmat dan menyempurnakan waktu makan Sedulur.

Beli Bahan Sambal Terasi di Aplikasi Super

Beli Bahan Sambal Terasi di Aplikasi Super
Sumber: superapp.id

Semoga langkah membuat dan resep sambal terasi mentah yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur dalam membuat resep sambal terasi goreng. Jangan lupa untuk membeli bahan sambal terasi goreng yang murah dan berkualitas baik. Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa langsung download Aplikasi Super dan cek setiap bahan kebutuhan harian Sedulur di Aplikasi Super. Aplikasi Super juga memiliki beberapa program yang akan menguntungkan Sedulur Super sekalian. Sedulur juga bisa klik di sini, untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lengkap lagi. Mulai gunakan Aplikasi Super dan rasakan kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super.