kentang spiral

Sedulur tahu jajanan kentang spiral? Olahan kentang tersebut memang sering dijadikan camilan dikala bosan dengan kentang goreng. Dengan berbagai macam bumbu tabur dan cocolan, kentang tersebut sangat nikmat disantap ketika masih hangat.

Yuk, cari tahu bagaimana cara membuat jajanan ini dalam artikel berikut!

BACA JUGA: Resep Tumis Jamur Merang Untuk Lauk Sahur Pagi

Kentang spiral, camilan unik yang gurih dan super renyah!

kentang spiral
Cookpad

Berikut merupakan daftar bahan-bahan yang harus Sedulur siapkan dan cara memasak olahan kentang gurih dan renyah ini.

BACA JUGA: Resep Dimsum Ayam, Takjil Praktis Berbuka Puasa

Bahan-bahan yang dibutuhkan

kentang spiral
Fimela

Pasti Sedulur sudah nggak sabar untuk berkreasi di dapur membuat camilan ini, ‘kan? Nah, sebelum mulai memasak, coba deh catat terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang nantinya Sedulur butuhkan untuk membuat kentang spiral. Perhatikan daftar bahan-bahan utama serta bahan-bahan untuk topping berikut!

Bahan-bahan utama:

  • Tusuk sate panjang secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm tepung maizena
  • 5 sdm tepung terigu
  • 5 butir kentang ukuran sedang

Bahan-bahan untuk topping:

  • Bumbu penyedap rasa tabur secukupnya
  • Mayonaise secukupnya
  • Saus secukupnya

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Spesial Dengan Resep Ayam Panggang Oven

Cara membuat kentang spiral

Cookpad

Semua bahan-bahannya sudah siap, Sedulur? Kalau begitu, langsung aja yuk kita ke dapur dan mulai membuat hidangan camilan spesial kentang spiral ini! Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa Sedulur terapkan.

  • Kupas kentang dan rendam dalam air.
  • Cuci bersih dan tusuk dengan tusuk sate. Potong melingkar atau spiral jangan sampai putus.
  • Semakin tipis semakin baik. Jika sudah, tarik ke bawah.
  • Campurkan tepung terigu, maizena dan garam di dalam piring. Balurkan ke kentang hingga merata, lalu goreng hingga matang kekuningan dan renyah.
  • Angkat dan tiriskan.

BACA JUGA: Resep Sup Kacang Merah, Hidangan Bergizi Untuk Buka Puasa

Tips agar kentang spiral semakin krenyes

Kilas

Kecewa karena hasil kentang Sedulur kurang mantap? Atau kentangnya justru menjadi lembek, tidak bertekstur, dan kurang renyah? Jangan khawatir, coba simak tiga tips utama berikut ini biar camilan kentang Sedulur nggak gagal lagi! 

  1. Digoreng dua kali

Biar makin renyah, Sedulur bisa menggoreng kentang tersebut selama dua kali. Kentang sejatinya bukan bahan makanan yang bisa awet renyah dalam waktu lama, entah itu kentang goreng, spiral, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk menggorengnya kembali setelah jadi, terutama ketika Sedulur mulai merasakan tekstur lembek atau melihat bahwa camilan kentang tersebut sudah terkesan ‘layu’. Pastikan proses menggoreng kedua ini tidak terlalu lama untuk menghindari kentang yang gosong atau terlalu matang.

  1. Gunakan minyak goreng panas

Tips kedua adalah menggoreng dengan menggunakan minyak yang panas. Apabila Sedulur memasukkan kentang ke dalam minyak yang belum panas, kemungkinan besar kentang akan terlalu banyak menyerap minyak dan hasilnya akan menjadi lembek.

  1. Pakai api sedang

Usahakan untuk menggoreng dengan memakai api ukuran sedang. Api yang terlalu besar justru akan membuat kentang menjadi gosong.

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai resep kentang spiral yang dapat Sedulur buat di rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Sedulur, sebelum masuk ke bulan puasa tahun ini, nggak ada salahnya nih buat mulai belanja-belanja kebutuhan sembako. Daripada belanja pas bulan Ramadhan di pasar, bisa jadi harga komoditas sembako sudah pada naik semua!

Yuk, langsung penuhi semua keperluan dapur Sedulur melalui Aplikasi Super! Setiap hari pasti ada promo dan voucher baru yang bikin belanja makin murah! Ada gratis ongkir juga yang bikin belanjaan Sedulur sampai di depan rumah tanpa bayar biaya pengiriman. Unduh Aplikasi Super sekarang melalui Google Play Store!