Resep nasi uduk pecel lele

Nasi uduk merupakan salah satu jenis nasi yang sangat nikmat, salah satu jenis nasi yang biasanya ditawarkan oleh penjual pecel lele. Resep nasi uduk ala pecel lele terbuat dari perpaduan nasi dan santan yang dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah.

Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama resep nasi uduk ala pecel lele agar Sedulur tidak perlu lagi repot membeli. Selain tentu lebih hemat, dengan mengetahui resep nasi uduk pecel lele Sedulur bisa bebas membuat sesuai kebutuhan. Seperti apa resep dan langkah membuatnya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi. Wanginya Bikin Lapar!

Bahan yang dibutuhkan

resep nasi uduk ala pecel lele
iStock

Dalam resep nasi uduk ala pecel lele, bahan-bahan yang perlu Sedulur siapkan untuk membuatnya yaitu:

  • 1 liter beras
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh
  • 2 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 bungkus santan kara

BACA JUGA: 12 Resep Mi Soun Goreng Ala Restoran, Enak dan Praktis

Langkah membuatnya

resep nasi uduk ala pecel lele
iStock

Setelah bahan-bahan Sedulur siapkan, langkah membuat resep nasi uduk pecel lele adalah sebagai berikut:

  1. Cuci bersih beras yang akan dimasak dengan air bersih, kemudian buang air cuciannya hingga airnya tidak bersisa dalam genangan beras.
  2. Cuci bersih seluruh bahan-bahan bumbu seperti daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, lalu potong dengan ukuran sedang.
  3. Kemudian setelah seluruh bahan bumbu sudah tercuci hingga bersih, memarkan serai, jahe dan lengkuas agar cita rasa nasi uduk lebih kuat. Serai, jahe dan lengkuas dapat dimemarkan menggunakan ulegan namun jangan sampai halus.
  4. Setelah itu, lalu masukkan seluruh bahan bumbu ke dalam beras yang sudah dicuci tadi, tata hingga bumbunya menyebar ke seluruh wadah beras dan bumbu dapat menyerap ke dalam nasi dengan sempurna.
  5. Setelah bahan selesai diletakkan ke dalam wadah beras, masukkan santan seukuran takaran air yang biasa digunakan untuk memasak nasi.
  6. Setelah masuk semua bumbu dan santan, jangan lupa beri penyedap rasa sedikit saja, garam dan gula. Jangan lupa untuk tes rasa dan juga sesekali diaduk agar nasi uduk matang secara merata. Nasi uduk kini siap dihidangkan bersama lauk kesukaanmu.

Nah itulah resep nasi uduk ala pecel lele, mulai dari bahan yang dibutuhkan hingga langkah membuatnya. Semoga penjelasan di atas dapat memandu Sedulur agar dapat membuat nasi uduk yang nikmat bagi keluarga di rumah.

Agar semakin memudahkan Sedulur, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan beli di Aplikasi Super. Belanja dan kulakan lewat Aplikasi Super dijamin mudah. Cukup pilih bahan serta bumbu yang dibutuhkan, pesan, dan semua belanjaan akan langsung diantar sampai depan rumah.

Sedulur bisa fokus menyiapkan kebutuhan rumah lainnya. Makanya, segera download Aplikasi Super dan gunakan aplikasinya untuk setiap kebutuhan Sedulur di rumah!