resep nagasari

Resep nagasari adalah cara menbuat camilan lembut dan manis. Nagasari selain sebagai camilan untuk keluarga, merupakan salah satu kue basah yang seringkali disuguhkan dalam acara-acara khusus. Misalnya saja pengajian, pernikahan, dan acara hajatan lainnya.

Tak disangka, cara membuat dan resep nagasari kenyal dan lembut di rumah dan menyuguhkan sebagai camilan untuk keluarga ternyata sangat mudah. Di tengah musim hujan saat ini, menikmati camilan manis merupakan pilihan yang sangat tepat.

BACA JUGA: Resep Susu Goreng Lezat & Nikmat untuk Camilan di Rumah

Bahan yang dibutuhkan

bahan resep nagasari kenyal dan lembut
BP Guide

Dalam resep nagasari tepung beras, untuk dapat membuatnya Sedulur perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan di bawah ini:

  • 250 gr tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • 100 gr gula pasir
  • 1 liter santan kelapa sedang
  • 5 buah pisang kepok atau 1 buah pisang tanduk
  • Daun pisang, potong 20×20 cm untuk bungkus

Siapkan pisang kepok

pisang kepok
Halodoc

Setelah bahan-bahan di atas Sedulur siapkan, langkah selanjutnya dalam resep nagasari tanpa daun pisang yaitu dengan menyiapkan pisang kepoknya terlebih dahulu. Pertama kukus pisang kepok terlebih dahulu hingga matang, setelah pisang matang bisa Sedulur angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Kemudian potong menyerong seukuran 1 cm.

Buat adonan nagasari

resep nagasari enak dan lembut
Bukalapak

Langkah selanjutnya dalam membuat nagasari pisang yaitu dengan membuat adonan pisang. Ambil setengah bagian santan, aduk dengan tepung beras hingga larut. Kemudian panaskan sisa santan dalam panci bersama gula pasir, daun pandan dan garam hingga panas.

Lalu tuangkan larutan tepung beras dan aduk-aduk hingga menjadi adonan yang kental dan mendidih, kemudian matikan api dan mulai untuk memasukan adonan ke dalam cetakan daun pisang. Sedulur bisa mengatur ukuran nagasari sesuai selera.

Bagi yang ingin nagasari berukuran besar, bisa memotok daun pisang dengan ukuran yang agak lebar agar bisa menghasilkan nagasari yang berkuran besar. Namun bagi yang ingin berkukuran kecil, cukup menggunakan daun pisang dengan ukuran biasa saja.

Cetak dan kukus

cetak dan kukus
Resep Jajanan

Berikut ini adalah langkah selanjutnya yang bisa Sedulur ikuti:

  • Ambil selembar daun pisang, olesi sedikit minyak di bagian tengahnya
  • taruh 1 sendok makan penuh adonan tepung beras di bagian tengah, ratakan
  • Taruh sepotong pisang kukus di tengahnya, beri sedikit adonan di atasnya
  • Gulung lalu lipat kedua ujungnya hingga rapi
  • Susun di dalam kukusan yang sudah dipanaskan dan kukus selama 30 menit
  • Angkat dan tiriskan, resep nagasari roti tawar pun selesai dibuat

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Onion Ring Crispy untuk Camilan Keluarga

Tips membuat nagasari

nagasari pisang
Selerasa

Setelah mengetahui resep nagasari loyang di atas, Sedulur perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar tidak gagal membuat nagasari. Berikut ini adalah tips yang wajib diperhatikan:

  1. Jika daun pisang masih kaku, bisa dijemur sebentar hingga layu atau panggang sebentar di atas api hingga daun pisang layu dan tidak pecah saat dipakai untuk membungkus. Kalau ada, bisa dipakai daun pisang muda
  2. Bukan hanya bertujuan agar tidak pecah saat dipanggang atau dikukus, daun pisang yang dijemur atau dibakar terlebih dahulu dapat mempertahankan daya tahan makanan yang ada di dalamnya
  3. Untuk mendapatkan kue nagasari yang gurih lembut sebaiknya gunakan santan kelapa segar
  4. Kekentalan adonan bisa disesuaikan dengan kondisi tepung beras. Jika tepung beras terlalu kering bisa ditambahkan sedikit santan lagi

Tips di atas, terutama yang bagian pembahasan daun pisang, bisa Sedulur perhatikan untuk membuat makanan lain yang menggunakna daun pisang untuk membalut makanan. Seperti misalnya membuat berbagai olahan pepes dan camilam lainnya yang menggunakan daun pisang. Karena untuk makanan yang dibungkus dengan daun pisang, peran daun pisang menjadi amat penting.

Sekian pembahasan langkah menmbuat dan resep nagasari enak dan lembut di atas. Semoga resep di atas bisa menambah menu camilan Sedulur agar bisa memberikan camilan nikmat untuk keluarga di rumah dan membuat keluarga Sedulur semakin merasa nyaman dan betah di rumah.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.