resep kue bantal

Salah satu makanan atau camilan manis yang nikmat adalah roti bantal, atau di beberapa daerah dikenal dengan nama roti goreng atau odading. Nah, dari pada membelinya, Sedulur bisa membuatnya sendiri langsung di rumah setelah mengetahui resep kue bantal.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama resep kue bantal yang bisa Sedulur buat sendiri nih. Sehingga cemilan jadi lebih praktis dan higienis dalam proses pembuatannya. Seperti apa resepnya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Pangsit Isi Sosis, Camilan Praktis Untuk di Rumah

Bahan yang dibutuhkan

resep kue bantal
iStock

Dalam resep kue bantal, terdapat beberapa bahan penting yang perlu Sedulur siapkan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

-->
  • 350 gr terigu protein tinggi
  • 150 gr terigu protein sedang
  • 11 gr ragi instan
  • 70 gr gula pasir
  • 1/4 sdt bread improver (pelembut roti)
  • 60 gr margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 3 butir kuning telur
  • 250 ml susu cair

BACA JUGA: Resep Tahu Bakso Mercon yang Praktis dan Pedasnya Nendang!

Langkah membuatnya

iStock

Setelah bahan-bahan Sedulur siapkan, Sedulur bisa mengikuti langkah untuk membuatnya. Ikuti langkahnya sesuai dengan tahapan yang dijelaskan di bawah ini:

1. Campur bahan

Resep kue bantal pertama yaitu dengan mencampurkan bahan, Sedulur bisa mencampur kedua macam tepung dengan gula, ragi dan bread improver. Lalu kocok dengan mixer menggunakan kecepatan rendah. Sedulur bisa menambahkan telur, susu cair, garam dan margarin. Lalu aduk adonan hingga kalis.

2. Diamkan adonan

Selanjutnya yaitu dengan mendiamkan adonan selama 45 menit hingga mengambang. Setelah adonan mengembang karena ragi, Sedulur bisa menekan adonan untuk membuat gas. Lalu potong dan timbang adonan masing-masing seberat 50 gram atau lebih. Lalu bulatkan dan diamkan selama 10 menit.

3. Goreng adonan

Langkah terakhir untuk membuat kue bantal adalah dengan menggorengnya. Jangan lupa goreng dengan menggunakan api besar hingga kue berubah warna menjadi warna kecoklatan. Selanjutnya, kue bantal bisa dinikmati sebagai camilan.

Demikian tadi resep kue bantal dan cara membuatnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan menambah aneka resep cemilan yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Jangan lupa nikmati kue bantal dengan segelas teh hangat atau kopi.