resep keripik kentang

Keripik kentang merupakan salah satu jenis camilan yang disukai banyak orang. Tekstur renyah dan cita rasa yang gurih dari keripik kentang seolah tak pernah gagal menarik perhatian hingga membuat ketagihan. Menariknya, resep keripik kentang ternyata tidak rumit sehingga Sedulur juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Ditambah, bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasaran.

Tertarik untuk membuat keripik kentang sendiri di rumah? Berikut sudah dirangkum resep keripik kentang beserta tips menggorengnya. Yuk, langsung disimak informasinya di bawah ini.

BACA JUGA: 20+ Resep Camilan yang Cocok Disantap saat Musim Hujan

Aneka resep keripik kentang untuk camilan di rumah

Ada beragam resep keripik kentang yang bisa Sedulur coba untuk camilan di rumah. Namun pada artikel kali ini, akan disajikan dua resep, yaitu keripik kentang praktis yang hanya memerlukan empat bahan dan keripik kentang dengan bumbu balado. Catat bahan dan cara membuatnya, ya!

-->

1. Keripik kentang praktis

resep keripik kentang
iStock

Bahan:

  • 4 buah kentang berukuran sedang, kupas kemudian iris tipis-tipis
  • 3 sdm garam
  • Air secukupnya untuk merendam kentang
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Siapkan air dingin dalam mangkuk besar. Kemudian masukkan irisan kentang, lalu tiriskan.
  2. Tuang air ke dalam mangkuk dan beri garam, aduk-aduk sebentar.
  3. Masukkan irisan kentang yang sudah dibilas tadi, lalu rendam selama kurang lebih 30 menit.
  4. Tiriskan kentang, kemudian bilas dan tiriskan kembali.
  5. Siapkan wajan penggorengan di atas kompor dan tuang minyak. Panaskan minyak hingga mencapai suhu 185 derajat Celcius.
  6. Setelah minyak panas, masukkan irisan kentang tadi sedikit demi sedikit dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan.
  7. Angkat kentang yang sudah matang, kemudian tiriskan di atas tisu.
  8. Keripik kentang siap disajikan.

BACA JUGA: 12 Resep Roti Jala yang Enak, Cocok untuk Camilan di Rumah

2. Keripik kentang bumbu balado

IDN Times

Bahan:

  • 150 gram kentang, kupas kemudian iris tipis-tipis
  • Kapur sirih secukupnya
  • 1 liter air untuk merendam kentang
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu balado:

  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya kemudian iris
  • 15 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 1 sdt cuka
  • 6 sdm saus sambal
  • Kaldu jamur bubuk secukupnya
  • 100 gram bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 15 buah cabai merah besar
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan kapur sirih ke dalam 2 liter air. Kemudian masukkan irisan kentang dan rendam selama 1 jam.
  2. Cuci bersih kentang yang sudah direndam hingga kapur sirih hilang. Sedulur bisa mengulangi pembilasan hingga 2-3 kali. Lalu tiriskan kentang.
  3. Selanjutnya panaskan minyak di dalam wajan penggorengan, kemudian masukkan kentang sedikit demi sedikit dan goreng secara bertahap hingga kuning keemasan.
  4. Tiriskan kentang yang sudah digoreng di atas wadah atau nampan yang sudah dilapisi tisu.
  5. Sembari meniriskan kentang, Sedulur bisa membuat bumbu balado. Pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, dan gula pasir.
  6. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai dan daun jeruk.
  7. Tambahkan saus sambal dan kaldu jamur. Aduk sebentar lalu masak hingga bumbu matang.
  8. Tambahkan cuka ke dalam bumbu, kemudian aduk dan sisihkan sehingga bumbu menjadi dingin.
  9. Terakhir, tuang bumbu ke wadah dan masukkan keripik kentang. Aduk hingga tercampur merata.
  10. Keripik kentang bumbu balado siap disajikan.

BACA JUGA: Resep Keripik Wortel, Camilan Sehat Untuk Si Anti Sayur!

Tips menggoreng keripik kentang agar renyah

iStock

Secara umum, resep keripik kentang tidaklah rumit di samping bahan-bahan yang dibutuhkan juga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Namun ada satu masalah yang kerap dihadapi saat pertama kali membuat keripik kentang sendiri di rumah. Yaitu keripik tidak renyah dan malah menjadi lembek.

Kabar baiknya, ternyata ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti, terutama saat menggoreng keripik kentang, sehingga keripik yang dibuat memiliki tekstur renyah dan tahan lama. Berikut tips menggoreng keripik kentang, seperti yang dirangkum dari laman HaiBunda.

  • Pastikan irisan kentang benar-benar tipis. Tingkat ketebalan irisan kentang bisa berpengaruh terhadap seberapa renyah keripik yang dihasilkan. Untuk mendapatkan irisan kentang yang tipis, Sedulur bisa menggunakan pisau tajam ataupun slicer.
  • Rendam irisan kentang dalam larutan air garam dan cuka. Langkah ini dimaksudkan agar sari pati kentang yang membuatnya lembek saat digoreng menjadi hilang.
  • Goreng kentang dalam kondisi kering. Setelah merendamnya dalam larutan air garam tadi, pastikan kentang dalam keadaan kering saat dimasukkan ke dalam minyak panas.
  • Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng benar-benar panas. Salah satu trik membuat keripik kentang yang renyah adalah menggorengnya dalam minyak panas. Sedulur bisa menggunakan ukuran suhu, yaitu 185 derajat Celcius untuk memastikan minyak sudah cukup panas.
  • Tiriskan keripik kentang setelah digoreng. Sebelum disimpan dalam wadah, tiriskan keripik kentang sehingga tidak banyak minyak yang menempel. Dengan begitu kerenyahan keripik bisa bertahan lama meski disimpan dalam wadah.

Itu dia resep keripik kentang yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah. Selain itu juga sudah dipaparkan beberapa tips menggoreng keripik kentang sehingga memiliki tekstur renyah dan tahan lama.

Sedulur yang tertarik mencoba resep-resep di atas jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan dapur terlebih dahulu. Agar belanja aneka bahan memasak dan bumbu dapur lebih hemat, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super. Sebab, ada beragam produk kebutuhan memasak seperti bumbu instan, garam, lada bubuk, hingga berbagai sembako.

Menariknya lagi, Aplikasi Super juga mempunyai layanan pengiriman gratis ongkir yang bikin belanja semakin mudah dan hemat. Cukup pesan lewat Aplikasi, selanjutnya barang belanjaan Sedulur akan dikirim sesuai alamat. Sangat praktis bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store!