Resep empal goreng tepung

Sedulur bingung memasak camilan untuk di rumah? Jangan khawatir, Sedulur bisa simak resep empal terigu atau empal goreng. Empal sendiri merupakan daging sapi goreng yang sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia.

Teksturnya yang empuk karena sebelumnya telah dipukul-pukul terlebih dahulu. Melalui resep empal terigu kali ini, Sedulur bisa berkreasi membuat masakan atau camilan yang nikmat khas Indonesia. Seperti apa resepnya? Yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Membuat Peyek Kedele yang Gurih dan Renyah

Bahan utama

Detik

Untuk membuat empal terigu, bahan yang wajib Sedulur butuhkan adalah sebagai berikut:

-->
  • 35 gr daging sapi, rebus sampai empuk
  • Secukupnya air untuk merebus
  • Secukupnya minyak goreng

Bumbu halus

Pinterest

Sedulur juga wajib menyiapkan bahan bumbu halus, yaitu sebagai berikut:

  • 4 siung bawang putih
  • ½ sampai ¾ sdt garam
  • ¼ sdt ketumbar
  • ¼ sdt kunyit bubuk

Bahan-bahan bumbu halus di atas, bisa Sedulur dahulukan untuk dihaluskan. Lebih baik menggunakan blender atau food prosesor agar bumbu menjadi lembut dan sangat halus.

Bahan tepung kering

resep empal tepung
Rotte Bakery

Agar semakin nikmat, Sedulur bisa menyiapkan bahan tepung kering yang terdiri dari:

  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tepung terigu

Campuran bahan tepung kering ini dapat membuat empal terigu atau empal goreng semakin nikmat. Bumbu halus yang digunakan pun akan semakin meresap pada daging ketika dicampurkan menggunakan bahan tepung kering satu ini.

BACA JUGA: Resep Ayam Panggang Banjar, Masakan Khas Banjarmasin

Langkah membuatnya

Grid ID

Setelah bahan-bahan di atas Sedulur siapkan, adapun langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan dalam resep empal terigu atau empal goreng adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan daging sapi yang telah direbus sampai empuk
  2. Iris sesuai selera lalu pukul-pukul dengan ulegan atau pemukul daging
  3. Uleg bumbu halus
  4. Rendam dengan bumbu halus yang telah dicampur air selama 30 menit
  5. Campur rata tepung maizena dan tepung terigu
  6. Balur daging sapi dengan tepung kering, pastikan balur sempurna di seluruh sisi.
  7. Goreng sampai kuning lalu tiriskan. Sajikan bisa bersama dengan saus apapun sesuai selera.

Dari penjelasan resep di atas, dari mulai menyiapkan bahan yang dibutuhkan hingga langkah membuatnya, sangat mudah dilakukan. Sedulur bisa mendapatkan berbagai bahan yang dibutuhkan dengan sangat mudah, bisa di pasar atau di warung kelontong.

Langkah-langkah untuk membuatnya pun tidak begitu sulit. Peralatan yang dibutuhkan pun peralatan pada umumnya yang pasti ada di setiap rumah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kebingungan membuat hidangan, camilan atau makanan untuk di rumah.

Dengan resep kali ini, Sedulur telah memiliki tambahan stok resep simpel untuk hidangan rumah. Dijamin setiap anggota keluarga di rumah akan menyukainya.

Nah itulah resep empal terigu atau empal goreng yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Semoga penjelasan resep kali ini bisa memecahkan kebingungan Sedulur, terutama saat Sedulur sedang malas masak makanan yang ribet dan ingin memasak makanan bergizi tapi sangat simpel dan mudah.

Agar semakin memudahkan Sedulur, Sedulur bisa membeli berbagai bahan yang dibutuhkan di Aplikasi Super. Bahan yang tersedia di Aplikasi Super dijamin lengkap, dengan harga yang lebih murah sehingga Sedulur bisa lebih hemat dalam pengeluaran.

Makanya, yuk langsung download dan belanja kebutuhan rumah tangga Sedulur di Aplikasi Super sekarang! Ada banyak promo cashback dan gratis ongkir setiap hari tanpa minimal pembelian lho. Jadi jangan sampai ketinggalan ya!