resep ayam panggang banjar

Salah satu masakan lezat dari Pulau Kalimantan adalah ayam panggang khas Banjarmasin. Sajian ayam ini cukup berbeda karena tidak digoreng atau dibakar melainkan dipanggang. Alhasil, cita rasa yang dimiliki ayam ini begitu khas dan nikmat. Bagi Sedulur yang penasaran dengan resep ayam panggang Banjar. Aplikasi Super sudah menyiapkan ulasan lengkapnya nih. Khususnya untuk Sedulur yang sudah lama tidak pulang dan rindu dengan rasa ayam panggang Banjarmasin.

Untuk mengobati kerinduan tersebut, Sedulur tentu bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Cukup mengikuti langkah dan cara membuat resep ayam panggang Banjarmasin rasa kangen rumah akan terobati. Seperti apa resep dan cara membuatnya? Yuk, mari langsung kita cek resepnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Serundeng Lengkuas, Untuk Buka Puasa

Bahan utama yang dibutuhkan

Ayam panggang banjar
Sajian Lezat

Bahan utama yang dibutuhkan dalam resep ayam panggang Banjarmasin satu ini adalah sebagai berikut:

-->
  • 1/2 ekor ayam bagian paha
  • 1 ruas jari jahe
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saos tomat
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 1 lembar daun salam
  • 700 ml air

Bahan saus

Endeus TV

Agar ayam panggang khas Banjarmasin semakin nikmat, tentu Sedulur harus melengkapinya dengan saus khas. Untuk membuat saus ayam panggang, bahan yang Sedulur butuhkan adalah sebagai berikut:

  • 4 siung bawang putih goreng
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm saos tomat
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • 75 ml air

Memasak ayam panggang khas Banjarmasin berbeda dengan membuat ayam goreng pada umumnya. Maka dari itu Sedulur membutuhkan alat dan perlengkapan sepert wajan atau teflon anti lengket untuk memanggangnya. Lebih baik jika Sedulur memiliki alat pemanggang agar daging yang dihasilkan semakin nikmat.

BACA JUGA: Resep Opor Ayam Suwir Masakan Khas Lebaran, Gurih Mantap!

Langkah membuat resep ayam panggang banjar

Ayam panggang banjar
Pinterest

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan disiapkan, langkah yang bisa Sedulur lakukan dala resep ayam panggang Banjar adalah sebagai berikut:

  1. Belah dua ayam, kerat-keratkan. Lalu cuci hingga bersih.
  2. Rebus ayam dengan ditambahkan daun salam. Rebus hingga matang dan tiriskan.
  3. Uleg bumbu seperti: bawang merah, bawang putih dan jahe hingga halus.
  4. Taruh bumbu yang telah diuleg tadi dalam wadah yang agak lebar, tambahkan garam, penyedap, minyak goreng, saos tomat, dan kecap manis, lalu aduk hingga rata.
  5. Lumuri ayam dengan bumbu hingga rata, lalu diamkan sepuluh menit agar bumbu meresap.
  6. Panggang ayam menggunakan teflon atau wajan anti lengket hingga matang.
  7. Lanjut membuat kuah saos. Haluskan bawang putih goreng.
  8. Dalam wajan, masukkan bawang putih goreng yang telah diuleg, tambahkan gula, garam, ketumbar bubuk, saos tomat, kecap manis dan air.
  9. Masak kuah saos hingga mendidih dan mengental. Hidangkan ayam panggang yang telah dibelah dengan kuah saos.
  10. Lebih nikmat disajikan dengan nasi hangat dan sambal agar daging semakin nikmat saat disantap.

Dari langkah membuat dan resep ayam panggang Banjarmasin di atas, tidak ada langkah yang sulit. Bahkan langkah membuatnya sangat mudah dan terbilang resep ayam yang praktis. Maka dari itu, resep ayam panggang ini cocok bagi Sedulur yang bosan dengan ayam goreng.

Hal yang perlu Sedulur perhatikan yaitu pada bagian merebus ayam. Sedulur harus benar-benar memperhatikan waktu merebus ayam. Agar ayam benar-benar matang saat dipanggang, Sedulur diperbolehkan untuk merebus ayam dalam waktu lama.

Tidak ada salahnya merebus ayam dalam waktu lama, justru akan baik bagi ayam karena bakteri yang di dalam ayam bisa hilang dan ayam sangat aman untuk dikonsumsi.

Itulah resep ayam panggang banjar yang bisa jadi salah satu rekomendasi menu makan Sedulur di rumah. Terutama bagi Sedulur yang orang Banjarmasin dan tinggal diperantauan, resep di atas bisa sedikit mengobati kerinduan akan ayam panggang khas Banjarmasin.

Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Agar semakin mudah, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super. Belanja kebutuhan di Aplikasi Super dijamin mudah. Produk yang tersedia juga sangat lengkap ditambah dengan berbagai macam promo dan diskon menarik khusus untuk Sedulur.

Untuk mendapatkan setiap kemudahan dan keuntungan di atas, Sedulur hanya perlu menggunakan Aplikasi Super. Bagi yang belum memiliki aplikasinya, Sedulur bisa download terlebih dahulu di Google PlayStore, ya!