resep buncis bumbu kuning

Bagi pecinta sayuran hijau, masakan berbahan dasar buncis pastinya akan menggugah selera. Selain cara memasaknya yang simpel, hasil masakannya juga memiliki rasa yang lezat. Salah satunya adalah resep buncis bumbu kuning, Sedulur bisa menjadikannya sebagai alternatif hidangan saat sahur ataupun buka puasa.

Resep ini sangat cocok untuk sahur atau berbuka karena buncis akan memberikan kesegaran alami dari air di dalamnya. Perpaduan bumbu rempah yang pas juga membuat hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan menjadi favorit banyak orang. Jika Sedulur salah satu penggemar buncis, simak resep buncis bumbu kuning berikut ini, ya!

BACA JUGA: Resep Beef Enoki Roll Ala Restauran Jepang, Mudah dan Praktis

Resep Buncis Bumbu Kuning

resep buncis bumbu kuning
RICHARD REVEL

Saat membuat menu buncis bumbu kuning, Sedulur bisa juga menambahkan bahan makanan lain. Misalnya tahu, tempe, ataupun bahan lain sesuai selera untuk menambah cita rasa lezat. Pada resep kali ini, bahan tambahan yang digunakan adalah tempe. Selamat mencoba!

-->

Bahan-bahan:

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat buncis bumbu kuning.

  • 200 g buncis, potong 3 cm
  • 250 g tempe, potong kotak, kerat-kerat, goreng
  • 2 sdm minyak goreng
  • 600 ml santan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 2 buah belimbing wuluh, belah dua memanjang

Bumbu Halus:

Adapun bahan-bahan untuk membuat bumbu halus adalah sebagai berikut.

  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 2 buah cabai merah besar

BACA JUGA: 20 Resep Bekal Sehat yang Praktis Tanpa Ribet, Dijamin Enak!

Cara Membuat

resep buncis bumbu kuning
Endeus TV

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan, kini saatnya Sedulur membuat buncis bumbu kuning sesuai langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan wajan dan panaskan minyak minyak goreng.
  2. Tumis bumbu halus dan tambahkan dengan lengkuas, serai, serta daun salam hingga harum.
  3. Tambahkan garam, gula pasir, dan santan. Aduk seperti menimba-nimba hingga air kuah mendidih. 
  4. Masukkan potongan buncis yang sudah dicuci bersih dan tempe, lalu aduk secara merata. 
  5. Saat memasak, gunakan api sedang hingga bumbu meresap sempurna.
  6. Untuk rasa yang lebih segar, tambahkan belimbing wuluh, lalu aduk rata kembali.
  7. Angkat dari wajan dan buncis bumbu kuning siap disajikan selagi masih hangat.

Sebagai catatan, Sedulur bisa menghilangkan proses menggoreng tempe agar teksturnya bisa lebih lembut ketika sajian sudah matang. Namun jika lebih menyukai tekstur yang sedikit kering, maka Sedulur bisa menggorengnya terlebih dahulu. Cara ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dan siapa saja anggota keluarga yang akan menyantapnya.

Itu dia resep buncis bumbu kuning yang bisa dijadikan hidangan buka puasa maupun sahur. Dengan memasak menu yang sehat di bulan Ramadan, semua anggota keluarga pastinya akan beribadah puasa dengan semangat dan berenergi. Selain lezat, menu ini juga menyehatkan, lho.

Nah, agar belanja di bulan puasa jadi lebih mudah, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super untuk membeli berbagai kebutuhan dapur. Mulai dari minyak goreng, beras, bumbu dapur, hingga aneka tepung, semuanya tersedia lengkap dengan harga yang murah. Apalagi ada banyak diskon dan cashback menarik, dompet dijamin aman!

Proses pengiriman barang pesanan juga dilakukan sangat cepat. Jadi, Sedulur hanya perlu duduk manis menunggu di rumah. Sedulur juga bisa mendapatkan harga grosir dan pastinya gratis ongkir. Menarik sekali bukan? Yuk, segera download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga!