Kunci kelezatan ayam bakar terletak pada bumbu oles ayam bakar. Selain itu, bumbu ungkep ayam juga berperan dalam membuat ayam bakar terasa nikmat dan lezat. Tapi, pada saat proses pembakaran, ayam akan sering diolesi oleh bumbu dan hal tersebut yang membuat ayam bakar menjadi begitu lezat.

Lantas apa sih rasiah kenikmatan dari resep bumbu oles ayam bakar itu sendiri? Sedulur bisa mencari tahu jawabannya di artikel kali ini. Akan dibahas bagaimana proses pembuatan bumbu oles untuk ayam bakar. Bahkan, Sedulur bisa membuatnya sendiri, dan jika ingin membuat variasi, Sedulur bisa membuat resep ayam bakar sesuai selera. Langsung simak aja yuk, apa saja bahan yang dibutuhkan dalam membuat bumbu ayam bakar.

BACA JUGA: Resep Rica-Rica Ayam Masakan Jawa, Praktis & Nagih!

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan dalam resep bumbu oles ayam bakar
cookpad

Bahan utama dalam membuat bumbu oles ayam bakar pedas manis adalah rempah-rempah. Berikut ini adalah daftar bahan yang perlu Sedulur siapkan:

-->
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Garam 1/4 sdt
  • Gula 1/2 sdm
  • Kecap manis 2 sdm
  • Mentega 2 sdm
  • Kemiri 4 btr
  • Jahe 1/2 ruas
  • Ketumbar bubuk 1 sdt
  • Merica bubuk secukupnya
  • Madu 1 sdm
  • Air putih sesuai selera

Sedulur bisa menambahkan cabai rawit, jika Sedulur ingin membuat bumbu oles ayam bakar pedas manis. Urusan pedas kembali lagi kepada selera masing-masing, tapi jika tidak ditambah cabai rawit pun rasa pedas akan terasa dari campuran jahe, merica dan ketumbar.

BACA JUGA: 7 Resep Kembang Goyang Mudah, Manis, Renyah!

Cara membuat resep bumbu oles ayam bakar pedas manis

Cara membuatnya
kompas

Setelah Sedulur mengumpulkan bahan-bahan dalam resep bumbu oles ayam bakar pedas manis di atas. Yuk, kita lanjut pada tahapan membuatnya. Simak langkah membuatnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama membuat bumbu oles ayam bakar madu adalah dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, jahe dan kemiri.
  2. Haluskan hingga benar-benar lembut.
  3. Lalu tambahkan garam dan gula.
  4. Kemudian haluskan kembali hingga benar-benar lembut.
  5. Setelah lembut, langkah selanjutnya membuat bumbu ayam bakar adalah dengan menumis bumbu yang telah halus.
  6. Siapkan wajan dan panaskan mentega, lalu tumis hingga matang dan mengeluarkan aroma.
  7. Masukkan kecap manis dan madu. Masak hingga mendidih.
  8. Jangan lupa untuk cek rasa, jika rasa telah pas makan bumbu oles untuk resep ayam bakar siap digunakan.

Setelah bumbu oles matang dan siap digunakan. Sedulur tinggal menyiapkan ayamnya. Sedulur bisa ungkep terlebih dahulu ayam yang ingin dibakar selama 15 menit dengan menggunakan bawang putih halus, garam dan air secukupnya. Setelah ayam setengah matang, Sedulur siapkan terlebih dahulu alat pembakarannya. Kemudian bakar ayam sambil Sedulur olesi dengan bumbu yang telah disiapkan.

Super praktis dan sangat mudah ‘kan membuat resep bumbu oles ayam bakar? Sedulur bisa membuat ayam bakar sendiri tanpa harus repot membeli di restoran. Jika Sedulur tidak ingin repot dalam membeli bahan-bahan dalam resep di atas, Sedulur bisa membeli bumbu dan bahan dalam resep ini di Aplikasi Super.

Sedulur tinggal download Aplikasi Super dan pilih bahan yang dibutuhkan, kemudian tunggu pesanan Sedulur tiba di rumah. Praktis ‘kan? Tunggu apalagi, gunakan Aplikasi Super sekarang juga!