Butuh alternatif camilan? Yuk simak resep bolu kukus gula merah super lembut dan mudah dibuat!

Bolu kukus gula merah seringkali kita temui di berbagai acara sebagai salah satu suguhan camilan. Selain sebagai camilan yang ringan, rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut membuat bolu kukus gula merah sering kali menjadi camilan di berbagai kegiatan.

Sedulur bisa membuat sendiri bolu kukus gula merah mekar sempurna, tanpa harus menunggu sebuah kegiatan atau acara. Karena, Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara membuat bolu kukus gula merah mekar, cara membuat roti kukus gula merah, resep bolu kukus gula merah santan, resep kukus gula merah dan juga resep bolu kukus gula merah merekah.

Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasan mengenai kue gula merah kukus dalam penjelasan resep bolu kukus gula merah dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Resep Brownies Kukus Simple & Enak – Bikin Nagih!

Resep Bolu Kukus Gula Merah Super Lembut dan Mudah Dibuat!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
detik.com

Bahan yang dibutuhkan dalam resep bolu kukus gula merah adalah:

  • Tepung terigu – 125 gram
  • Gula merah, sisir halus – 75 gram
  • Gula pasir – 2 sdm
  • Air – 100 ml
  • Kuning telur – 1 butir
  • Soda kue – 1/2 sdt
  • Baking powder – 1/2 sdt
  • Garam – 1/4 sdt
  • Minyak sayur – 50 ml
  • Daun pandan – 2 lembar

2. Ayak Bahan Tepung

2.   Ayak Bahan Tepung
id.quora.com

Setelah bahan terkumpul, langkah pertama dalam resep bolu kukus gula merah yang harus Sedulur lakukan adalah mengayak bahan tepung. Hal ini bertujuan agar bisa menghasilkan tekstur bolu kukus yang lembut. Ayak rata tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam. Ayak hingga lembut dan sisihkan.

3. Rebus Bahan Lainnya

3. Rebus Bahan Lainnya
detik.com

Setelah daun pandan, gula merah, gula pasir dan air hingga larut dan tercampur. Rebus dengan menggunakan api kecil. Setelah larut dan mencampur, angkat dan sisihkan rebusan. Sambil menunggu dingin, panaskan panci kukusan hingga mengeluarkan uap. Lalu alasi tutupnya dengan kain serbet, dan juga alasi cetakan bolu kukus dengan paper cup.

4. Buat Adonan

4. Buat Adonan
cookdiary.net

Buat adonan dengan mengocok kuning telur hingga pucat, memasukkan larutan gula merah dan campur tepung terigu secara bergantian dan secara perlahan. Sambil mengaduk, disarankan aduk menggunakan mixer dengan kecepatan hingga rata. Masukkan minyak sayur hingga rata dengan kekentalan yang pas.

Baca Juga: Wajib Coba! Resep Kue Lumpur Labu Kuning Enak & Praktis

5. Cetak Adonan

5. Cetak Adonan
cookpad.com

Langkah resep bolu kukus gula merah adalah dengan mencetak bolu kukus gula merah dalam panci dan paper cup yang telah disiapkan. Kukus bolu selama 15 menit dan keluarkan bolu dari cetakan. Bolu kukus pun siap disajikan dan dinikmati. Resep bolu kukus gula merah pun telah selesai dilakukan.

Berdasarkan pembahasan resep bolu kukus gula merah di atas, tidak terlalu sulit untuk melakukannya. Hal yang paling penting adalah menyiapkan bahan yang dibutuhkan, agar Sedulur lebih untung dan lebih mudah, Sedulur bisa membeli bahan membuat bolu kukus gula merah di Aplikasi Super.

Beli Bahan Membuat Bolu Kukus Gula Merah di Aplikasi Super

Beli Bahan Membuat Bolu Kukus Gula Merah di Aplikasi Super
superapp.id

Agar Sedulur lebih untung lagi, Sedulur bisa membeli bahan membuat bolu kukus dalam resep di atas di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Jangan lupa untuk memantau terus Aplikasi Super karena banyak bonus yang menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan setiap bahan yang berkualitas dengan harga murah. Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan menguntungkan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa terus pantengin Aplikasi Super untuk mendapatkan kesempatan yang menguntungkan tersebut.

Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk panting Aplikasi Super karena akan banyak bonus dan kejutan menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super yang akan membuat Sedulur semakin untung.