Bolu ketan hitam merupakan camilan enak dan juga suguhan yang diberikan kepada tamu yang berkunjung, wajah jika Sedulur wajib mengetahaui resep bolu ketan hitam. Selain untuk itu, Sedulur juga bisa ngemil bolu hitam saat lapar. Ada banyak jenis bolu ketan, namun bolu ketan hitam yang paling menarik.

Berikut ini merupakan resep bolu ketan hitam yang paling populer dan banyak dimasak di setiap rumah. Sedulur bisa menggunakan resep ini untuk membuat bolu sendiri. Seperti apa prosesnya? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Bolu Pisang Panggang Super Lembut Ala Rumahan, Praktis

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutukan
detik

Untuk membuat bolu, Sedulur membutuhkan bahan-bahan yang harus Sedulur siapkan dalam resep bolu ketan hitam kukus. Bahan-bahan tersebut adalah:

-->
  • 6 butir telur utuh
  • 200 gram gula pasir
  • 250 gram tepung ketan hitam, (campur dengan 50 gram tepung terigu) dan lalu ayak
  • 2 sdm santan kental 200 gram minyak (campur dengan mentega cair dengan perbandingan 1:1)

BACA JUGA: Resep Bolu Tape Panggang Spesial, Mudah Dibuat

Cara membuatnya

Cara membuatnya da resep bolu ketan hitam
kompas

Berikut ini langkah yang bisa Sedulur lakukan dalam resep bolu ketan hitam panggang anti gagal, yuk mari kita simak langsung langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama siapkan wadah bersih, lalu cocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Kocok hingga adonan mengental. Sedulur juga bisa menggunakan 4 telur saja, krena dalam resep bolu ketan hitam panggang 4 telur sudah cukup untuk membuat bolu.
  2. Setelah adonan mengental, kecilkan kecepatan dan tuang minyak dan mengeta ke dalam adonan. Setelah itu, Sedulur siapkan lyang dan masukkan adonan pada loyang,
  3. Masukkan dalam oven, dan panggang selama 30 menit. Jangan lupa tusuk-tusuk dengan menggunakan tusuk gigi, untuk tes tingkat kematangan bolu.
  4. Jika bolu kukus telah matas, bolu siap diangkat dari oven dan resep bolu ketan hitam kukus spesial pun selesai dilakukan.

Sedulur tinggal menyajikan bolu ketan hitam dan menyantapnya bersama keluarga terccinta. Akan lebih lengkap jika Sedulur menikmati bolu ketan dengan secangkir teh manis atau kopi. Terutama di tengah cuaca dingin dan musim hujan seperti saat ini, kita harus sering ngemil agar terhindar dari kedingan akibat cuaca. Atau, saat musim hujan bawaannya memang ingin ngemil melulu.

Semoga cara membuat dan resep bolu ketan hitam di atas bisa menjadi panduan bagi Sedulur yang ingin membuat bolu ketan sendiri. Melihat langkah dan proses pembuatannya, tidak ada cara yang sulit. Sedulur tinggal mengikuti langkahnya sesuai instruksi di atas.

Untuk lebih memudahkan Sedulur, Sedulur bisa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan membelinya menggunakan Aplikasi Super. Karena Sedulur hanya tinggal memesan bahan-bahan menggunakan aplikasi dan duduk manis menunggu pesanan Sedulur tiba. Bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download.