Bitterballen adalah camilan nikmat warisan kolonial Belanda, jika Sedulur tertarik simak resep bitterballen di bawah ini! Mudah dan super nikmat!

Bitterballen adalah cemilan yang juga dikenal dengan nama Dutch meatballs. Pada masa kolonial Belanda, atau masa penjajahan Belanda, banyak makanan yang berasal dari Belanda. Resep bitterballen asli Belanda, dan cara membuat bitterballen sangat mudah.

Terdapat beberapa resep bitterballen, mulai dari resep bitterballen keju, resep bitterballen kentang daging, resep bitterballen ayam hingga bitterballen frozen. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep bitterballen bagi Sedulur dan bisa Sedulur buat sendiri di rumah dengan sangat mudah. Yuk, mari langsung saja simak ulasannya.

Baca Juga: Resep Praktis Puding Alpukat, Super Enak & Lembut Banget!

-->

Resep Bitterballen yang Super Mudah Cocok Sebagai Camilan Saat WFH!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
detik.com

Dalam resep bitterballen, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah:

  • 250 gr kentang, kupas, kukus, dan haluskan
  • 100g daging sapi giling
  • 2 buah wortel, potong dadu kecil
  • 50 g bawang bombay, cincang halus
  • 25 g tepung terigu
  • 150 ml susu cair rendah lemak
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 1 sdt pala bubuk
  • 25 g keju cheddar parut
  • 2 batang seledri, cincang halus
  • 2 sdm margarin, untuk menumis
  • Minyak, untuk menggoreng

Bahan pelapis:

  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 250 g tepung panir

2. Tumis Bawang Bombay dan Wortel

2. Tumis Bawang Bombay dan Wortel
id.wikihow.com

Langkah pertama dalam membuat resep bitterballen pertama adalah siapkan bawang bombay terlebih dahulu, iris tipis bawang bombay dan sisihkan. Lalu Sedulur bersihkan wortel dan iris tipis wortel, cuci hingga wortel bersih dan sisihkan. Lalu siapkan wajan dan masukkan margarin, selanjutnya Sedulur tumis bawang bombay dan wortel hingga harum dan layu.

Baca Juga: Resep Dimsum Ceker, Camilan Enak Buat Keluarga di Rumah

3. Masukkan Daging Giling

3. Masukkan Daging Giling
masakapahariini.com

Setelah bawang bombay dan wortel ditumis dan mengeluarkan aroma wangi dan agak layu, selanjutnya Sedulur masukkan daging sapi yang telah digiling dalam wajan dan tumis bersama bawang bombay dan wortel. Aduk rata hingga bawang daging matang dan menyerap bersama bawang bombay dan wortel.

4. Masukkan Tepung Terigu dan Susu

4. Masukkan Tepung Terigu dan Susu
masakapahariini.com

Langkah selanjutnya adalah memasukkan tepung terigu pada wajan dan aduk rata. Aduk rata hingga tepung terigu menggumpal bersama dengan bahan lainnya. Setelah agak menggumpal, Sedulur masukkan dan tuang susu cair secara perlahan dan aduk rata hingga mendidih. Tambahkan garam, merica, pala, keju, seledri dan kaldu ayam. Aduk hingga rata.

5. Masukkan Kentang yang Sudah Dihaluskan

5. Masukkan Kentang yang Sudah Dihaluskan
masakapahariini.com

Langkah selanjutnya dalam resep bitterballen adalah memasukkan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam wajan dan aduk rata. Aduk hingga semua bahan tercampur dan benar-benar tercampur secara rata. Setelah benar-benar tercampur, matikan api dan sisihkan.

6. Cetak Bitterballen

6. Cetak Bitterballen
kompas.com

Setelah agak dingin, pindahkan semua bahan yang tercampur dalam wajan ke dalam wadah, dan cetak bitterballen dengan bentuk bulat. Cetak hingga semua bahan dalam wadah habis, dan lalu celupkan ke dalam telur dan selimuti oleh tepung panir. Lakukan hingga semua adonan habis. Siapkan minyak panas dalam wajan dan goreng bitterballen hingga kering. Bitterballen pun siap dinikmati.

Langkah membuat bitterballen di atas sangat mudah untuk dilakukan. Sedulur hanya perlu menyiapkan bahan untuk membuatnya. Sedulur bisa membeli bahan frozen food dan bumbu-bumbu dalam resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super, melalui Super Eats, menyediakan berbagai kebutuhan bahan makanan yang sangat lengkap.

Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang yang dimiliki oleh Aplikasi Super, Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar dapat melakukan transaksi melalui smartphone. Bukan hanya membuat bitterballen saja, dengan bahan yang tersedia di Aplikasi Super, Sedulur bisa membuat beraneka ragam resep masakan sehari-hari.

Banyak menu masakan sehari hari yang bisa Sedulur praktekkan dan bebas berkreasi. Beberapa daftar menu masakan sehari hari juga telah dibahas oleh Aplikasi Super sebagai rekomendasi makanan sehari-hari untuk keluarga, agar bisa menikmati menu makanan yang berbeda setiap harinya. Selamat mencoba!