resep bingka gula merah

Ada banyak jajanan dan camilan yang dapat dibuat dari gula merah. Salah satu yang paling nikmat dan terkenal yaitu bingka gula merah. Rasa manis dan gurih dapat melebur dalam satu gigitan, dijamin nikmat dan membuat ketagihan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama terkait resep bingka gula merah agar Sedulur bisa membuat sendiri di rumah. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak penjelasan terkait resep bingka gula merah di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Bika Ambon Khas Medan yang Empuk, Bikin Nagih!

Bahan yang dibutuhkan

Unsplash

Dalam resep bingka gula merah, Sedulur wajib menyiapkan bahan-bahan lain selain gula merah. Ada beberapa bahan lain yang dibutuhkan, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • 600 ml santan encer
  • 500 ml santan kental
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula merah, sisir kasar
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir telur bebek
  • 1/4 sdt garam

Cara membuatnya

Cookpad

Selain bahan-bahan yang dibutuhkan, dalam sebuah resep hal yang paling penting selanjutnya yaitu tentang cara membuatnya. Nah, kali ini kita akan membahas langsung tentang cara membuatnya. Berikut ini adalah langkahnya:

  1. Buat kuah santannya terlebih dahulu. Rebus santan kental dan garam dengan api sedang hingga mendidih dengan sambil diaduk-aduk. Angkat dan dinginkan.
  2. Rebus santan encer, gula merah, gula pasir, dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Saring dan sisihkan.
  3. Siapkan wadah, lalu kocok telur dan tepung terigu hingga rata. Masukkan larutan gula merah, lalu aduk rata hingga tidak ada adonan yang bergerindil.
  4. Panaskan cetakan bingka dan olesi dengan margarin. Tuangkan adonan bingka, lalu masak hingga setengah matang.
  5. Balik sebentar kuenya, lalu tuangkan kuah santan secukupnya. Masak lagi hingga matang.

BACA JUGA: 14 Resep Stik Keju Gurih & Renyah untuk Camilan di Rumah

Tips yang perlu diperhatikan

Cookpad

Karena dalam resep bingka gula merah ini agak sedikit rumit, maka dari itu perlu beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan untuk membuatnya. Kurang lebih, tips yang perlu Sedulur perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan untuk mengaduk santan sesekali supaya tidak pecah.
  • Jangan lupa saring larutan gula, supaya tidak ada kotoran yang masuk ke dalam adonan.
  • Jika kurang suka manis, Sedulur bisa mengurangi takaran gula pasir dalam resep. Jangan kurangi takaran gula merahnya.

Resep bingka gula merah memang sedikir rumit, maka dari itu tips di atas dijelaskan untuk membantu Sedulur memudahkan dalam membuatnya. Karena bingka gula merah menggunakan santan, maka Sedulur wajib untuk mengaduk-aduk agar santan tidak pecah.

Selain itu, ketika membuat larutan gula merah, jangan lupa untuk disaring agar kotoran yang terdapat dalam gula merah tidak masuk dalam adonan dan bisa mempertahankan kualitas tektur dari bingka gula merah itu sendiri. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tips ini dalam resep bingka gula merah.

Nah itulah pembahasan terkait resep bingka gula merah, mulai dari bahan yang dibutuhkan hingga langkah membuatnya dan tips yang perlu diperhatikan agar bisa sukses berhasil membuat bingka gula merah. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur, ya!