resep bakpao merah putih

Bakpao merah putih merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan. Sedulur dan tentu keluarga pasti menyukai bakpao dengan aneka rasa. Ada bakpao manis atau bakpao asin yang bisa dinikmati tergantu selera Sedulur saat membuatnya.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas resep bakpao merah putih sebagai salah satu rekomendasi camilan Sedulur agar bisa menikmati camilan sederhana anti gagal dan dengan rasa yang super nikmat. Lantas seperti apa resep dan cara membuat bakpao yang dimaksud di atas? Yuk, mari langsung kita simak cara dan langkahnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Bingka Gula Merah, Camilan Manis yang Bikin Nagih!

Bahan utama yang dibutuhkan

Vidio

Dalam resep bakpao merah putih, ada beberapa bahan utama yang Sedulur butuhkan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

-->
  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdm tepung tangmien
  • 1 butir kuning telur
  • 5 sdm margarin
  • Sejumput garam
  • 2 tetes pewarna merah cabe

Ada beberapa bahan lain yang masuk ke dalam bahan utama dalam membuat bakpao. Bahan tersebut adalah bahan isian. Untuk bakpao, bagi Sedulur yang ingin manis, maka bisa menyiapkan bahan isian manis. Begitu juga jika ingin membuat bakpao asin, Sedulur bisa menyiapkan isi asin tergantung selera Sedulur.

Bahan biang

Pexels

Selain bahan utama di atas, ada beberapa bahan lainnya yang juga perlu Sedulur siapkan. Bahan-bahan ini disebut sebagai bahan biang. Bahan biang yang dimaksud yaitu:

  • 1/2 sdm ragi instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 120 ml air hangat kuku

Cara membuatnya

Red House Spice

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakpao merah putih Sedulur siapkan, langkah selanjutnya yaitu bisa langsung memasak dan membuat bakpao merah putih. Berikut ini langkah-langkah membuat bakpao merah putih yang bisa dilakukan:

  1. Campur dan uleni jadi satu tepung terigu, tepung tangmien, kuning telur, ragi dan gula.
  2. Setelah setengah kalis, tambahkan margarin dan garam. Uleni hingga elastis.
  3. Bagi 2 adonan satunya biarkan berwarna putih dan satunya, tambahkan 2 tetes pewarna merah, uleni hingga merata. Dan istirahatkan selama 30 menit.
  4. Setelah 30 menit, pipihkan adonan dan bentuk bulat menggunakan cetakan donat, lalu tata bersilangan antara adonan merah dan putih. Lalu tekan menggunakan sumpit sambil agak ditekan.
  5. Lalu gulung dan potong bagian tanda garis tengahnya.
  6. Istirahat kan selama 10 sampai 15 menit sebelum dikukus.
  7. Panaskan dandang, kukus bakpao selama 20 sampai 25 menit. Jangan lupa tutup dandang dikasih serbet agar airnya tidak menetes. Angkat dan sajikan.

BACA JUGA: Resep Serabi Solo, Aroma Harum dan Lembut, Dijamin Anti Gagal!

Tips membuat bakpao lembut dan anti keriput

Perlu Sedulur ketahui ada beberapa tips membuat bakpao lembut dan anti keriput. Sedulur perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini, yaitu:

  • Pilihlah tepung terigu yang berkualitas. Kunci keberhasilan membuat bakpao adalah menggunakan tepung yang tepat dan berkualitas. Sedulur dapat menggunakan tepung terigu berprotein rendah dan tepung tang mien untuk mendapatkan hasil bakpao yang halus, empuk dan putih cerah.
  • Uleni adonan hingga kalis. Ciri adonan kalis yaitu tekstur adonan menjadi lentur, tidak mudah putus, elastis, tidak lengket ditangan dan adonan mudah dibentuk.
  • Proofing adonan dengan baik. Pastikan Sedulur memperhatikan waktu proofing atau mendiamkan adonan sekitar 45 menit di suhu ruangan. Jika adonan bakpao sudah terlihat membesar 1,5 kali lipat, maka adonan sudah bisa masuk ke tahap selanjutnya.
  • Terakhir, pastikan untuk mengukus bakpao dengan menggunakan panci yang benar-benar panas. Setelah panci panas, kamu dapat memasukan bakpao ke dalam panci tersebut hingga bakpao matang. Cara ini digunakan agar bakpao tidak mudah mengerut atau mengempis.
  • Jangan lupa juga untuk memperhatikan jumlah dan tekstur isian pada bakpao. Hindari memasukan isian yang terlalu banyak dan teksturnya terlalu basah, terutama tumisan daging yang harus kamu tumis hingga agak kering dan biarkan dingin sebelum diisi ke dalam bakpao.

Demikian resep membuat bakpao merah putih beserta dengan tips agar adonan bakpai lembut, anti keriput, dan anti gagal. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur untuk membuat camilan nikmat untuk dinikmati bersama keluarga.

Sedulur bisa membeli setiap bahan yang dibutuhkan untuk memasak resep di atas dengan kulakan di Aplikasi Super. Proses belanjanya dijamin mudah dan cepat. Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah, karena setiap barang yang dibeli pada hari ini besok sudah sampai rumah.

Belanja dan kulakan di Aplikasi Super banyak untungnya, dari tersedianya beragam promo menarik seperti cashbackbundling item, sampai diskon spesial semua ada setiap hari. Jadi tunggu apalagi, segera download Aplikasi Super dan belanja kebutuhan memasakmu sekarang!