resep ayam suwir bumbu rujak

Menjelang bulan puasa yang beberapa minggu lagi akan kita jalani, Sedulur harus mulai mengumpulkan beragam resep sebagai lauk untuk berbuka puasa. Salah satu resep yang direkomendasikan adalah resep ayam suwir bumbu rujak.

Resep ayam suwir bumbu rujak selain mudah dibuat, juga bisa sebagai kreasi dan variasi olahan ayam agar tidak diolah itu-itu saja. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak daftar resep ayam suwir bumbu rujak di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Nila Asam Manis, Menu Buka Puasa Keluarga

Bahan yang dibutuhkan

resep ayam suwir bumbu rujak
Chickin Indonesia

Dalam resep ayam suwir bumbu rujak, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu:

-->
  • 1 ekor ayam rebus matang dan suwir dengan ukuran sesuai selera
  • 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 barang serai memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdt air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 4 sdm mintyak goreng, untuk menumis

Bahan bumbu halus

Cookpad

Untuk membuat ayam suwir bumbu rujak lebih nikmat, Sedulur wajib siapkan bumbu yang dihaluskan yang terdiri dari:

  • 10 buah cabai merah
  • 10 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm gula jawa yang telah disisir

BACA JUGA: Resep Jalangkote Khas Makassar, Takjil Gurih untuk Buka Puasa

Setelah bahan terkumpul, selanjutnya Sedulur tinggal memasaknya. Berikut ini cara dan langkah memasaknya. Sedulur bisa mengikuti setiap langkahnya agar menghasilkan ayam suwir rujak yang nikmat.

1. Suwir-suwir ayam

resep ayam suwir bumbu rujak
IDN Times

Langkah pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan suwir ayam yang telah direbus. Bagian ini merupakan bagian yang memakan waktu cukup lama, apalagi jika Sedulur menggunakan 1 ekor ayam dan memasak untuk porsi yang banyak.

Sedulur bisa bebas menentukan ukuran suwiran, tergantung selera. Bisa dengan ukuran suwiran besar-besar atau tipis.

2. Tumis dan masak suwiran ayam

Sajian Sedap

Langkah selanjutnya adalah dengan memanaskan minyak untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga harum. Setelah mengeluarkan aromanya, Sedulur bisa memasukkan santan, lalu masukkan ayam yang telah disuwir, daun jeruk, serai, lengkuas daun salam, air asam jawa, garam dan merica.

Masak hingga kuah santan menyerap. Dibutuhkan waktu beberapa lama agar kuah menyerap. Jangan lupa koreksi rasa, jika masih ada yang kurang Sedulur bisa menambahkan bumbu dan penyedap hingga rasa sesuai selera. Pastikan ayam dan bumbu hingga benar-benar matang.

3. Sajikan ayam suwir bumbu rujak

resep ayam suwir bumbu rujak
Kompas

Setelah rasa pas dan nikmat, Sedulur bisa mematikan kompor dan menyajikan ayam suwir bumbu rujak. Karena resep ini untuk buka puasa, Sedulur bisa memasaknya mendekati waktu berbuka, agar ketika disantap ayam suwir bumbu rujak masih dalam keadaan hangat. Ditambah disantap dengan nasi hangat membuat buka puasa Sedulur semakin nikmat!

Nah itulah langkah dan cara membuat dalam resep ayam suwir bumbu rujak yang bisa jadi pilihan salah satu kreasi lezat untuk berbuka puasa. Selain mudah dan praktis, rasa ayam suwir bumbu rujak juga dijamin memuaskan rasa lapar setelah seharian berpuasa.

Untuk membuat Sedulur semakin mudah, Sedulur bisa membeli aneka bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat ayam suwir bumbu rujak di Aplikasi Super. Tersedia lengkap bahan kebutuhan dapur dan memasak di Aplikasi Super.

Sedulur juga tidak perlu repot belanja ke luar rumah, hanya tinggal menggunakan aplikasi dan pilih berbagai kebutuhan bahan memasak dengan mudah. Tunggu pesanan tiba di depan rumah Sedulur. Jadi Sedulur bisa lebih fokus mengurus keperluan rumah lainnya. Makanya, download Aplikasi Super segera dan rajin-rajin belanja ya!