resep ayam serundeng

Salah satu rekomendasi buka puasa yang bisa Sedulur buat yaitu resep ayam serundeng lengkuas. Ayam goreng nikmat yang dimasak sangat sederhana dan praktis, mempermudah Sedulur untuk menyiapkan makanan. Terutama menyiapkan makanan untuk buka puasa.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas resep ayam serundeng lengkuas yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Yuk, mari langsung kita bahas resepnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Tepung Saus Tiram Untuk Buka Puasa

Resep ayam serundeng lengkuas

Resep ayam goreng serundeng
Endeus TV

Ayam serundeng lengkuas merupakan salah satu carian resep ayam goreng yang bisa Sedulur buat sendiri dengan mudah. Jika Sedulur pernah memasak ayam serundeng parutan kelapa, maka Sedulur bisa membuat ayam serundeng lengkuas.

-->

Pada dasarnya, untuk membuat resep ayam serundeng lengkuas tidak jauh berbeda dengan ayam serundeng kelapa. Untuk membuat resep ayam goreng ini, Sedulur harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

1. Bahan yang dibutuhkan

resep ayam serundeng lengkuas
iStock

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat ayam goreng serundeng lengkuas adalah sebagai berikut:

  • 1 ekor ayam. Dipotong sesuai selera
  • 3 sendok makan air perasaan jeruk nipis
  • 300 gram kelapa yang sudah diparut. Bagi menjadi dua masing-masing 150 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • 500 ml air kelapa muda
  • 2 sendok makan gula merah yang sudah diiris tipis
  • 2 sendok makan air asam
  • 1 sendok makan garam
  • 2 lembar daun salam

2. Bahan bumbu halus

resep ayam serundeng lengkuas
iStock

Agar resep ayam serundeng lengkuas semakin nikmat, Sedulur bisa menyiapkan bahan bumbu halus, yaitu:

  • 6 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 ruas jari kunyit
  • 3 cm lengkuas

3. Langkah membuatnya

resep ayam serungdeng lengkuas
iStock

Setelah bahan-bahan terkumpul, adapun langkah yang bisa Sedulur lakukan dalam resep ayam serundeng lengkuas yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama ambil ayam yang sudah dipotong tadi, dicuci bersih dengan air mengalir. Ambil air perasaan jeruk nipis dan garam. Masukan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari pendingin selama 15 menit.
  2. Setelah 15 menit, keluarkan ayam, dan diamkan di suhu ruangan beberapa menit. Haluskan semua bumbu: Lengkuas, bawang merah, garam, ketumbar, bawang putih,daun salam, gula merah. Setelah halus, aduk dengan air asam.
  3. Siapkan minyak secukupnya dalam tempat penggorengan, dan masukan bumbu halus serta bahan-bahan kecuali ayam. Ingat gunakan hanya 150 gram kelapa parut. Aduk rata sampai aroma harumnya keluar. Masukan potongan ayam tadi ke dalam bumbu yang sudah ditumis.
  4. Tutup, dan kecilkan api kompor, tunggu sampai potongan ayam menjadi lunak. Warna potongan ayam akan berubah saat bumbu sudah benar meresap. Setelah dirasa matang, sila angkat dan taruh dalam piring.
  5. Ambil 150 gram kelapa parut, masukan kedalam sisa bumbu yang sudah ditumis tadi. Nyalakan api sedang pada kompor, aduk kelapa parut dan bumbu tadi hingga aroma harum dan gurih tercium. Warna serundeng akan berubah menjadi coklat saat bumbu sudah tercampur.
  6. Angkat serundeng yang sudah jadi tadi ke atas ayam goreng yang sudah ditiriskan di piring sebelumnya. Sajikan Ayam Goreng Serundeng Lengkuas bersama nasi hangat dan lalapan seperti mentimun dan tomat.

BACA JUGA: Resep Ayam Suwir Bumbu Kuning Menu Spesial Buka Puasa

Kulakan Aneka Bumbu Aplikasi Super

Tips yang perlu diperhatikan

Resep ayam goreng serundeng
Masak Apa Hari Ini

Agar ayam serundeng lengkuas bisa berhasil sukses Sedulur buat sendiri di rumah. Terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan agar menghasilkan ayam yang nikmat, yaitu:

1. Pilih bahan taburan

Ada dua bahan taburan yang bisa digunakan untuk ayam goreng kuning di rumah, yakni parutan kelapa dan parutan lengkuas. Pemilihan bahan taburan akan memberikan rasa berbeda pada ayam goreng dengan taburan yang dibuat.

Jika ingin ayam gorengnya jadi lebih gurih maka pilih parutan kelapa sebagai bahan taburannya. Bagaimana kalau menggunakan parutan lengkuas? Maka ayam goreng kuning yang dihasilkan pasti lebih harum. Sebagaimana yang dibahas dalam resep kali ini.

Atau lebih nikmat dan mantap Sedulur bisa mencampurkan keduanya, yaitu kelapa dan parutan lengkuas agar memiliki bumbu serundeng yang semakin mantap.

2. Gunakan lengkuas muda

Untuk membuat serundeng lengkuas, tentu Sedulur harus memilih lengkuas yang muda. Pilihlah lengkuas yang masih muda karena rasanya tidak terlalu pahit dan kuat. Tekstur dari lengkuas muda juga belum berserat tebal jadi masih enak saat dikunyah.

Memarut lengkuas muda ini bisa menggunakan parutan kelapas saja. Kalau memilih lengkuas muda juga memarutnya tidak akan susah karena masih empuk. Parutlah searah dengan serat biar hasil parutannya panjang.

Jika memarut lengkuasnya melawan serat, hasil parutannya juga akan lebih kecil dan akan lebih mudah hancur. Pastikan memilih lengkuas yang muda dan segar, ya. Simpan lengkuas di dalam suhu ruang supaya lengkuas tidak cepat busuk.

3. Cara membuat serundeng lengkuas yang benar

Selain menggunakan lengkuas muda, Sedulur juga harus memarut lengkuas dan dicampur dengan parutan kelapa agar bumbu tabur semakin banyak. Bumbu lengkuas juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk ungkep ayam atau hanya sekedar marinasi saja.

Sebaiknya jangan goreng ayam dengan sisa bumbu ini karena akan mudah gosong karena tingkat kematangan bumbu taburan dan ayamnya berbeda. Sisa bumbu ini ditaruh di dalam saringan supaya airnya keluar dulu karena bisa meletup jika bertemu dengan minyak goreng panas.

Dengan menaruh bumbu taburan di dalam saringan menggorengnya juga akan lebih mudah. Gorengnya cukup dengan api kecil ke sedang sampai bumbu berubah menjadi kuning keemasan.

Nah itulah pembahasan terkait resep ayam serundeng lengkuas yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah untuk menu makan sehari-hari atau menu makan buka puasa. Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan di atas, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Belanja mudah hanya dengan aplikasi dan barang pesanan di antarkan ke depan rumah dengan akurat dan tepat waktu. Memudahkan Sedulur sehingga bisa mengurus keperluan rumah lainnya. Yuk, gunakan Aplikasi Super sekarang juga! Jangan lupa download terlebih dahulu aplikasinya di PlayStore.