Asinan merupakan camilan sehat dengan kuah menyegarkan. Cocok banget disantap saat cuaca sedang  panas. Bagi Sedulur yang malas membuat camilan ini sendiri di rumah, tentu akan memilih untuk jajan asinan di luar. Tapi, tahu nggak sih kalau sebenarnya resep asinan ini gampang banget dibikin?

Nah, daripada jajan di luar dan bakalan boros, kali ini kita bahas saja yuk resep asinan buah, mulai dari bahan yang dibutuhkan hingga langkah membuatnya. Terutama bagi Sedulur yang sangat menyukai konsumsi buah-buahan dengan rasa pedas dan manis, wajib tahu resep dan langkah membuatnya. Yuk, langsung simak!

BACA JUGA: Daftar Resep Asinan Pedas Manis Asem, Menyegarkan!

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan dalam resep asinan buah
kumparan

Dalam resep asinan buah Bogor yang terkenal dengan rasa pedas manis asem, rahasianya terdapat pada bahan-bahannya. Berikut ini bahan-bahan yang digunakan dan harus Sedulur siapkan:

-->
  • 500 gram salak pondoh
  • 1 buah nanas (sedang)
  • 1 ikat rambutan
  • 1 buah mangga
  • 5 buah cabai keriting
  • 4 buah cabai rawit (sesuai selera)
  • 1/2 potong terasi
  • 750 gram gula pasir
  • Sejumput garam
  • Secukupnya air

Setelah bahan dalam resep asinan buah mangga di atas Sedulur kumpulkan. Kita langsung lanjut pada langkah dan cara membuatnya di bawah ini.

BACA JUGA: 18 Makanan Enak di Indonesia yang Popular, Kamu Sudah Coba?

Cara membuatnya

Cara membuatnya
sayurbox

Setelah bahan terkumpul, tahapan yang bisa Sedulur lakukan dalam resep asinan buah bogor tanpa cuka adalah:

  1. Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah menghaluskan bahan untuk kuah, yaitu cabai keriting, cabai rawit, terasi, dan garam.
  2. Rebus air dan masukkan bumbu halus di atas hingga air rebusan mendidih.
  3. Lalu siapkan buah-buahan yang telah disiapkan di atas dan masukkan dalam rebusan air.
  4. Setelah itu, tiriskan terlebih dahulu dan simpan dalam kulkas.
  5. Setelah agak dingin, asinan pedas manis siap dinikmati.
  6. Resep asinan buah kekinian pun telah selai dan asinan siap disantap.

Dari langkah-langkah membuat asinan di atas, cara membuatnya sangat praktis ‘kan? Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu sulit didapat sehingga sangat memungkinkan untuk Sedulur membuat asinan sendiri di rumah. Tidak perlu repot membeli asinan dan harus keluar rumah. Terlebih, rutin mengkonsumsi asinan dalam jumlah yang cukup juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

Sekian pembahasan mengenai resep asinan buah. Semoga dapat menjadi panduan bagi Sedulur untuk membuat asinan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membeli daftar bahan dalam resep asinan di atas dan kebutuhan pokok lainnya di Aplikasi Super, ya!

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download aplikasinya. Manfaatkan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan Sedulur. Selain murah, cara belanjanya pun mudah banget. Download sekarang, ya!