Sedulur sudah tahu apa saja makanan enak yang populer di Indonesia? Jika belum, Sedulur bisa simak ulasan di bawah ini!

Siapa yang tidak suka dengan makanan enak, ditambah jika makanan tersebut menyehatkan. Kita akan sangat bahagia jika mengkonsumsi makanan nikmat, enak dan sehat. Indonesia, sebagai sebuah negara yang terdiri dari banyak suku bangsa, terdapat berbagai macam makanan khas yang enak sekaligus populer.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas daftar makanan enak yang populer yang ada di Indonesia. Sedulur mungkin ada yang sudah coba beberapa makanan lezat yang akan dijelaskan. Namun, ada beberapa makanan yang juga Sedulur belum pernah coba.

Lantas apa saja daftar makanan yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini. Dan juga, barang kali salah satu resep makanan enak mudah dibuat bisa Sedulur coba di rumah.

-->

Baca Juga: 12 Resep Makanan Sehat untuk Diet & Penambah Imun Di Rumah

Daftar Makanan Enak di Indonesia yang Populer, Sedulur Wajib Coba!

1. Bakso

1. Bakso
kompas.com

Makanan enak yang pertama adalah bakso, hampir setiap masyarakat Indonesia sangat suka makanan satu ini. Terutama saat memasuki musim hujan. Bakso sangat laris dibeli oleh masyarakat. Ada banyak jenis bakso yang ada di Indonesia, mulai dari bakso Solo, bakso Malang, hingga bakso khas pengaruh Tiongkok.

2. Rendang

2. Rendang
food.detik.com

Jika ada yang bertanya apa makanan yang paling enak dan populer di Indonesia? Semua masyarakat Indonesia akan sepakat menjawab rendang. Selain itu, CNN Amerika Serikat juga telah menobatkan rendang sebagai makanan nomor 1 yang paling lezat di dunia. Banyak artis Hollywood dan artis dari luar negeri lainnya yang berkunjung ke Indonesia menyempatkan untuk menyantap rendang.

3. Soto Lamongan

3. Soto Lamongan
kompas.com

Soto lamongan merupakan makanan enak yang berasal dari Jawa Timur yang pastinya sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena banyak warung makanan yang menjual soto Lamongan. Selain memiliki rasa yang guring, kuah yang kaya akan rempah dan membuat perut menjadi hangat. Soto Lamongan biasanya dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan juga kerupuk udang yang menambah kelezatan saat menikmati olahan kuliner satu ini.

4. Rawon Surabaya

4. Rawon Surabaya
kompas.com

Rawon menjadi salah satu makanan enak nusantara dari Surabaya yang berkuah dan paling dicari. Kekhasan warna dan rasa menjadi penyebab utama kenikmatan dari rawon. Selain itu, di daerah lain yang memiliki kuliner serupa dengan rawon menggunakan bahan yang berbeda sehingga rasanya pun otomatis berbeda. Kuah hitamnya yang khas dengan daging empuk adalah menu andalan yang biasa disantap oleh warga Surabaya.

5. Rujak Cingur

5. Rujak Cingur
kompas.com

Salah satu makanan lezat dan sehat yang berasal dari Jawa Timur dan memperkaya kuliner nusantara adalah Rujak Cingur. Sedulur belum sah berkunjung ke Jawa Timur jika belum mengkonsumsi rujak cingur. Hal tersebut menunjukan bahwa Rujak Cingur identik dengan daerah Jawa Timur. Rasanya sebagaimana rujak yang terdiri dari buah-buahan dengan bumbu khusus dan khas yang hanya dapat Sedulur Super rasakan dalam Rujak Cingur.

6. Ayam Betutu

6. Ayam Betutu
masakapahariini.com

Daerah pariwisata andalan Indonesia, yaitu Bali. Memiliki makanan enak dan khas yang bernama Ayam Betutu. Sedulur yang sedang berlibur ke Bali wajib mencicipi makan khas Bali satu ini. Ayam utuh yang diolah dengan berbagai rempah terbaik di Indonesia. Lalu dipanggang dalam api sekam hingga daging ayam matang dan mengeluarkan minyak.

7. Sate

7. Sate
grid.id

Sama seperti soto, sate juga merupakan salah satu makanan khas nusantara yang memiliki rasa sangat enak. Terbuat dari potongan daging sapi atau ayam yang ditusuk dengan tusukan yang terbuat dari bambu, Banyak jenis sate yang ada di Indonesia, mulai dari Sate Madura, Sate Maranggi, hingga Sate Padang. Masing-masing jenis sate memiliki kenikmatan tersediri, biasanya terletak pada bumbu dan kuahnya.

8. Nasi Gudeg

8.Nasi Gudeg
liputan6.com

Sedang cari makanan enak di Jogja? Jawabannya tentu saja nasi gudeg. Sedulur pasti pernah mencicipi makanan khas Yogyakarta satu ini ketika sedang berlibur ke Yogya. Makanan khas Indonesia dengan terdiri dari nangka mudah yang diolah dengan santan dan dinikmati dengan nasi hangat, ayam kampung dan telur. Rasanya yang manis dan gurih dapat membuat lidah Sedulur nyaman untuk mengkonsumsinya.

Baca Juga: 12 Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Remeh!

9. Asinan Bogor

9. Asinan Bogor
dapurkobe.co.id

Selanjutnya adalah makanan enak di Bogor, yaitu Asinan Bogor. Sedulur yang kebetulan sedang mampir di Bogor wajib mencoba makanan satu ini. Kuliner khas Bogor satu ini sangat sehat, karena terdiri dari sayur dan buah-buahan. Mulai dari bengkuang, salak, jambu, nanas, taoge, kol dan mentimun. Sementara itu, kuah dari asinan ini terbuat dari sari pati cabai merah yang memberikan sensasi rasa pedas.

10. Pempek Palembang

10. Pempek Palembang
grid.id

Pempek Palembang merupakan makanan enak yang populer di Indonesia selanjutnya. Palembang merupakan kota terbesar yang ada di pulau Sumatera, dan selalu dikunjungi oleh setiap masyarakat yang berasal dari daerah lain. Salah satu kuliner yang banyak dibeli oleh pengunjung ketika ke Palembang adalah pempek.

11. Nasi Goreng

11. Nasi Goreng
liputan6.com

Makanan nikmat dan yang menjadi identitas kuliner Indonesia adalah nasi goreng,. Bahkan, turis luar negeri yang berkunjung ke Indonesia, kuliner yang dicari adalah nasi goreng. Nasi yang telah didiamkan selama seharian, dan digoreng menggunakan bumbu dan rempah-rempah, ditambah dengan sayuran dan sayatan daging melengkapi kenikmatan kuliner satu ini.

12. Gulai Ikan Patin

12. Gulai Ikan Patin
fimela.com

Selanjutnya adalah makanan populer dan enak di Indonesia yang berasal dari pulau Sumatra, tepatnya berasal dari daerah Jambi yaitu gulai Ikan Patin. Dengan kombinasi ikan patin yang telah difermentasi dengan daging buah durian, menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat. Sedulur yang berkunjung ke Jambi wajib mencoba makanan khas Indonesia satu ini. Dijamin tidak akan kecewa!

13. Seblak

13. Seblak
inews.co.id

Seblak merupakan makanan enak di Bandung yang saat ini sadang ramai disukai. Kuliner khas Jawa Barat yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia ini memiliki rasa yang nikmat dengan aroma rempah yang kuat. Olahan camilan dengan menggunakan kerupuk yang direbus ini hadir sebagai camilan yang paling banyak dijual di seluruh daerah Jawa Barat.Sedulur wajib coba makanan ini, Sedulur bisa cek di daerah Sedulur masing-masing, pasti ada satu dua orang pedagang yang berjualan seblak.

14. Kerak Telor

14. Kerak Telor
dapurkobe.co.id

Makanan khas dan enak Indonesia selanjutnya berasal dari ibukota Jakarta, yaitu kerak telor. Makanan khas betawi ini terbuat dari beras ketan putih, ebi, telur ayam yang kemudian disangrai dan dibakar sebentar. Keunikannya terletak pada cara memasaknya yang membalikan wajan dan membakar ketan putih sehingga menjadi seperti kerak. Walaupun bentuknya agak aneh, namun rasanya sangat nikmat luar biasa.

15. Ayam Taliwang

15. Ayam Taliwang
idntimes.com

Bagi Sedulur yang pernah berlibur ke Lombok pasti pernah mencicipi makanan khas Indonesia satu ini, yaitu Ayam Taliwang. Olahan daging ayam dengan menggunakan berbagai bumbu rempah dan diolah dengan cara khas masyarakat Lombok ini wajib Sedulur coba. Terutama bagi Sedulur yang sangat menyukai makanan pedas, ayam taliwang wajib masuk daftar.

16. Sop Kondro

16. Sop Kondro
idntimes.com

Salah satu kuliner yang menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi adalah Sop Konro. Daging Iga sapi yang disiram dengan kuah berwarna coklat kehitaman ini makan semakin nikmat dikonsumsi dengan ketupat. Namun, tidak akan mengurangi kenikmatan dari sop konro ketika disantap dengan nasi hangat.

17. Mie Aceh

17. Mie Aceh
inews.co.id

Aceh merupakan daerah yang terdapat di ujung barat Indonesia dan ujung utara barat pulau Sumatera. Daerah yang dikenal dengan nama serambi Mekkah ini juga memiliki kulineh khas yang masuk daftar makanan khas Indonesia. Makanan tersebut yang kita kenal dengan nama Mie Aceh. Sudah banyak yang menjual Mie Aceh yang ada di seluruh Indonesia, rasanya yang nikmat dan aroma rempah yang kuat merupakan ciri khas mie Aceh, ditambah dengan mie kuning yang tebal dan kenyal.

18. Gado-Gado

18. Gado-Gado
kompas.com

Daftar makanan enak terakhir yang sangat populer dan wajib Sedulur coba adalah gado-gado. Gado-gado merupakan kuliner yang terdiri dari lontong dan ditambah dengan campuran aneka sayur yang disiram dengan bumbu kacang. Makanan ini merupakan salah satu rekomendasi makanan sehat, terutama bagi Sedulur yang tengah diet. Saat ini hampir di setiap kota besar di Indonesia, sudah banyak yang menjual gado-gado.

Sekian daftar makanan enak yang populer di Indonesia. Meskipun masih banyak makanan lainnya yang nikmat dan enak yang sangat populer di Indonesia. Namun, daftar makanan yang diulas di atas merupakan makanan yang sangat populer dan hampir pasti disukai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Sedulur juga bisa membuat daftar makanan di atas dengan menyimak resepnya di blog Superapp.id. Dan membeli setiap bahan yang harus Sedulur siapkan di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super untuk membeli berbagai macam bahan masakan untuk membuat makanan populer di atas.

Di tengah kecanggihan dunia digital saat ini, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk membeli segala kebutuhan. Sedulur tinggal gunakan Aplikasi Super dan belanja setiap kebutuhan dapur dan kebutuhan harian dengan sangat mudah dan tentu saja mengguntungkan.