Resep aglio olio merupakan cara membuat spaghetti rumahan yang paling mudah dengan sedikit bahan.

Dari berbagai jenis hidangan pasta, resep aglio olio sering menjadi menu yang dipilih karena cara membuatnya yang terhitung paling mudah. Secara bahasa, resep aglio olio ini berasal dari aglio e olio yang berarti bawang putih dan minyak. Karena komposisinya yang sedikit pula, resep aglio olio sering dijadikan andalan bagi yang ingin makanan berat namun tidak begitu mengenyangkan.

Berangkat dari negaranya, Italia, resep aglio olio tidak banyak memerlukan bahan. Aslinya, pasta aglio olio hanya terdiri atas tiga bahan, diantaranya pasta, bawang putih, dan minyak zaitun. Sedangkan di Indonesia yang orangnya lebih senang dengan makanan kompleks dan kaya rasa, jenis pasta ini sering kali dipandang sebelah mata.

Meski demikian, resep aglio olio ini bisa dikreasikan sesuai dengan selera Sedulur yang orang Indonesia. Selain resep aglio olio sederhana ini, Sedulur juga bisa membuat resep spaghetti aglio olio sosis, resep spaghetti aglio olio udang, dan topping lainnya sesuai dengan kebutuhan sedulur. Seperti tambahan parutan keju, tuna, daging asap, dan sebagainya.

Agar lebih Indonesia banget, kali ini, SuperApp.id menyajikan resep aglio olio dengan sensasi pedas. Untuk Sedulur pecinta pedas, rasa spaghetti aglio olio yang dominan bawang putih dicampur rasa pedas akan menjadi perpaduan yang sempurna. Langsung saja simak cara membuatnya berikut ini.

Baca Juga: Detail Kalori Mie Instan & Kandungannya, Mau Diet Wajib Baca

Resep Spaghetti Aglio Olio Pedas yang Kenyal dan Kaya Rasa

Meski cara membuat spaghetti aglio olio sering dikatakan mudah, namun banyak hal yang perlu Sedulur perhatikan ya. Setiap tahap proses pembuatannya akan berpengaruh pada kualitas rasa dari hidangannya sendiri. Berikut ini resep aglio olio versi pedas untuk Sedulur.

1. Bahan Membuat Spaghetti

1. Bahan Membuat Spaghetti
kompas.com

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan resep aglio olio pedas:

  • 150 gram spaghetti
  • 100 gram dada ayam fillet
  • 8 buah jamur kancing, iris tipis
  • Keju parut untuk taburan spagahetti
  • 10 buah cabai rawit, potong serong
  • ½ siung bawang Bombay ukuran sedang, cincang
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • ¼ sendok teh lada hitam bubuk
  • ¼ sendok teh cabe bubuk
  • 2 sendok teh oregano bubuk
  • Gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis (pengganti minyak zaitun, bisa juga menggunakan margarin sebagai pengganti).

2. Rebus Spaghetti

2. Rebus Spaghetti
detik.com

Umumnya, spaghetti dimasak hingga al dente atau terasa cukup matang dan bertekstur kenyal. Namun, kali ini Sedulur cukup merebus spaghetti hingga terlihat layu. Kemudian pindahkan pada wajan yang sudah berisi sedikit minyak agar tidak lengket. Jangan buang air rebusannya ya. Spaghetti akan segera dimasak kembali bersama bumbu-bumbu yang lain.

3. Mulai Menumis

3. Mulai Menumis
id.wikihow.com

Panaskan wajan berisi minyak. Masukan bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tips resep aglio olio kali ini, jangan biarkan bawang putih berubah kecoklatan. Cukup tumis bawang hingga sedikit berubah warna agar aromanya menjadi lebih nikmat.

Masukan ayam cincang, jamur kancing, dan cabai rawit. Aduk-aduk hingga ayam matang dan bumbu meresap. Tambahkan oregano, lada hitam bubuk, dan cabe bubuk. Tipsnya, tambahkan air bekas rebusan pasta. Alasannya, air rebusan pasta mengandung pati yang bisa membuat air dan minyak bersatu sehingga rasanya menjadi lebih creamy. Lalu aduk rata.

Baca Juga: Resep Sempol Gurih & Nikmat, Camilan Buat Keluarga di Rumah

4. Masukan Spaghetti

4. Masukan Spaghetti
idntimes.com

Masukan spaghetti, kemudian aduk kembali secara perlahan agar potongan spaghettinya tidak cepat rusak. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Aduk kembali dan jangan lupa tes rasa untuk memastikan rasa spaghetti aglio olio sudah sesuai selera ya, Sedulur.

5. Resep Aglio Olio Siap Dihidangkan

5. Resep Aglio Olio Siap Dihidangkan
okezone.com

Jika rasa spaghetti sudah sesuai selera, pindahkan spaghetti ke atas piring saji. Jangankan lupa untuk menata spaghetti agar penampilannya lebih cantik dan menggugah selera. Hidangkan dengan taburan keju parut. Aglio olio resep selesai dan siap dinikmati.

Sekian resep spaghetti aglio olio pedas yang mudah dibuat. Semoga resep aglio olio di atas dapat membantu Sedulur menyiapkan makanan lezat untuk teman maupun keluarga Sedulur di rumah ya. Sedulur bisa beli bahan untuk membuat aglio olio di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk cek bahan yang tersedia di Aplikasi Super, dan juga klik di sini untuk download Aplikasi Super.  Selamat mencoba!