Yuk, simak resep rendang sapi khas Padang yang super empuk dan praktis dibuat!

Siapa yang tidak kenal dengan rendang? Hampir setiap masyarakat Indonesia mengenal rendang, makanan khas Padang dan Sumatera Barat. Rendang yang sempat mendapatkan predikat sebagai makanan ternikmat di dunia oleh CNN, media dari Amerika Serikat, sudah pasti membuat bangga Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas mengenai resep rendang sapi dan juga cara membuat rendang. Salah satu yang khas dari kuliner ini adalah bumbu rendang sapi. Bumbu yang lezat dan nikmat tersebut berasal dari bahan dan resep rendang padang asli. Banyak yang menyangka bahwa cara memasak rendang daging sapi itu sulit.

Cara masak rendang daging sapi sangat sederhana dan mudah, hanya waktu yang dibutuhkan memang lama. Hal tersebut agar dapat menghasilkan daging rendang yang super empuk. Sebagai salah satu resep masakan indonesia, rendang adalah makanan kebanggaan. Yuk, mari kita langsung saja simak resep rendang padang istimewa dan cara membuat bumbu rendang dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Resep Semur Daging Sapi yang Super Enak dan Empuk

Resep Rendang Sapi Khas Padang yang Super Empuk dan Mudah Dibuat

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
halodoc.com

Dalam membuat resep rendang sapi khas Padang, bumbu dan bahan yang dibutuhkan sama dalam beberapa variasi resep rendang sapi. Perbedaan ada pada cara pembuatan dan beberapa langkah yang berbeda. Selain itu juga perbedaan terdapat pada penambahan bahan yang berkaitan yang dilakukan berdasarkan selera.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat rendang sapi adalah

  • 1 kg daging sapi
  • 1 batang serai geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas geprek, 2 cm kayu manis
  • 1 sendok gula merah
  • 1 sendok kaldu sapi dan garam
  • 1/2 sendok jintan bubuk
  • setengah sendok merica bubuk
  • jeruk nipis dan 500 ml santan

2. Haluskan Beberapa Bumbu Halus

2. Haluskan Beberapa Bumbu Halus
detik.com

Setelah menyiapkan bahan bumbu di atas, Sedulur juga harus menyiapkan beberapa bumbu yang harus dihaluskan, yaitu 4 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 2 butir kemiri, setengah sendok ketumbar, 3 cabai merah besar, 2 cm kunyit, dan 3 cm jahe. Usahakan bumbu dibuat sehalus mungkin dan selembut mungkin. Karena hal ini akan mempengaruhi kualitas dan kekentalan bumbu untuk rendang itu sendiri.

3. Ungkep Daging Sapi

3. Ungkep Daging Sapi
duniapanci.blogspot.com

Setelah bumbu halus disiapkan, Sedulur bisa membersihkan daging sapi dan memotongnya sesuai selera. Biasanya rendang sapi memiliki potongan daging yang sedang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Setelah dibersihkan, ungkep daging sapi hingga mengeluarkan air dan minyak daging.

Baca Juga: 10 Resep Empal Daging yang Enak dan Empuk. Nagih Banget!

4. Masukkan Bumbu Lainnya

4. Masukkan Bumbu Lainnya
sajiansedap.grid.id

Setelah ungkepan daging mengeluarkan air dan minyak, langkah selanjutnya dalam resep rendang sapi khas Padang adalah memasukkan bahan dan bumbu lainnya. Masukkan santan kental, serai, asam kandis, daun jeruk, daun salam, garam dan gula pasir. Kemudian aduk hingga merata, jangan lupa juga memasukan daun kunyit namun telah disobek-sobek terlebih dahulu.

Tunggu hingga santan mendidih dan mengeluarkan sedikit minyak, jangan lupa untuk mengecilkan api. Usahakan juga untuk terus mengaduk rendang agar tidak menempel pada wajan, tunggu rendang hingga berubah warna dan agak mengering.

5. Rendang Sapi Khas Padang Siap Dinikmati

5. Rendang Sapi Khas Padang Siap Dinikmati
liputan6.com

Setelah semua langkah membuat rendang selesai, rendang sapi pun siap dinikmati sebagai hidangan makanan Sedulur. Sedulur bisa menikmati rendang dengan nasi hangat. Bagi Sedulur yang sedang diet pun, masih tetap bisa menikmati rendang dan mengganti nasi dengan kentang. Rendang sapi sangat nikmat sebagai hidangan untuk siapapun.

Beli Bumbu Rendang Sapi di Aplikasi Super

Beli Bumbu Rendang Sapi di Aplikasi Super

Agar Sedulur bisa memasak rendang kapanpun juga, Sedulur harus menyediakan setiap bumbu dan bahan untuk membuat rendang. Sedulur bisa menyiapkannya dengan membeli bahan dan bumbu rendang di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan segala sesuatu kebutuhan sembako secara lengkap, selain itu kulakan sembako di Aplikasi Super juga sangat mudah. Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk dapat belanja kebutuhan sembako. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa download Aplikasi Super dengan klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur. Selamat mencoba!