Resep puding roti tawar

Puding roti tawar merupakan salah satu pilihan camilan pagi yang dapat membuat sarapan Sedulur menyenangkan. Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, puding roti juga bisa membari energi yang cukup untuk Sedulur sebelum melakukan kegiatan di pagi hari.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba sarapan dengan puding roti tawar, Sedulur bisa membuat sendiri di rumah. Caranya super praktis dan tidak usah khawatir, Sedulur bisa menyimak pembahasan resep dan langkahnya di bawah ini. Yuk, langsung aja kita simak!

BACA JUGA: Resep Praktis Puding Alpukat, Super Enak & Lembut Banget!

Bahan yang dibutuhkan

puding roti tawar
Cookpad

Untuk membuat resep puding roti tawar enak dan lembut, bahan yang Sedulur butuhkan adalah sebagai berikut:

-->
  • 200 gram roti tawar
  • Kismis secukupnya
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • 250 ml susu cair
  • 50 gram butter
  • 50 gram gula pasir
  • 2 butir telur ukuran besar
  • 1/2 sendok teh vanilla extract
  • Sedikit bubuk kayu manis
  • Almond secukupnya

Cumpur susu dan butter

MAHI

Langkah pertama membuat puding coklat roti tawar adalah dengan mencampur susu dan butter. Sedulur bisa menyiapkan panci terlebih dahulu, lalu panaskan dan masukkan butter. Biarkan butter meleleh, lalu masukkan susu dan campur aduk hingga mendidih. Setelah mendidih, sisihkan terlebih dahulu susu dan butter yang telah tercampur.

Siapkan loyang

puding roti tawar
Okezone

Langkah selanjutnya dalam membuat puding roti tawar oven adalah menyiapkan loyang. Sedulur bisa menyiapkan loyang dan memberikan alas plastik yang tahan panas. Jika tidak ada plastik, Sedulur bisa mengakalinya dengan menggunakan kertas roti. Lalu oleskan mentega pada loyang agar nanti puding mudah diangkat setelah dikukus.

Buat adonan puding

Blog Elevenia

Langkah selanjutnya dalam resep puding roti tawar blender adalah dengan membuat adonan puding. Sedulur bisa mengikuti langkah membuatnya sebagai berikut:

  • Kocok gula dan telur hingga tercampur dan gula larut, kocok dengan menggunakan whisker atau blender.
  • Tuang campuran susu cair yang telah dididihkan kedalam adonan telur dan aduk hingga rata.
  • Potong roti kecil-kecil dan tata di loyang kemudian taburi dengan kismis dan coklat bubuk untuk lapisan pertama.
  • Taruh potongan roti secara merata untuk menutupi lapisan pertama taburi dengan kismis dan coklat bubuk.
  • Langkah selanjutnya dalam resep puding roti tawar tanpa telur yaitu membuat lapisan terakhir, yaitu dengan meletakkan sisa roti tawar.
  • Jika sudah membuat lapisan maka tuang perlahan bahan cair kemudian tekan agar adonan meresap kedalam puding.
  • Taburi kismis, almond dan bubuk kayumanis diatas puding.

BACA JUGA: 5 Resep Puding Jagung Susu Kenyal, Enak & Praktis 

Kukus puding

puding roti tawar
IDNtimes

Langkah terakhir dalam membuat puding roti tawar kukus adalah dengan mengukusnya selama 25 menit dengan menggunakan api yang sedang dan pastikan kukusan tertutup rapat. Agar tertutup dengan rapat, Sedulur bisa menggunakan kain agar lebih rapat lagi. Tunggu puding hingga benar-benar matang.

Masukkan puding dalam kulkas

Suara

Setelah puding selesai dikukus, Sedulur harus segera mengangkatnya dan mengeluarkannya dari loyang. Simpan dengan menggunakan tempat yang sesuai dengan ukuran puding. Lalu simpan dalam kulkas, langkah ini juga merupakan resep puding roti tawar dingin yang menyegarkan.

Setelah cukup dingin, Sedulur bisa langsung menyantap puding untuk sarapan. Selain itu, camilan ini juga merupakan puding roti tawar MPASI yang bisa diberikan kepada buah hati Sedulur yang masih bayi. Karena teksturnya yang lebut, tidak akan menyulitkan buah hati dalam menguyang camilan ini.

Sekian resep dan langkah membuat puding roti tawar yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Sedulur bisa menjadikan santapan satu ini sebagai sarapan menyegarkan atau juga sebagai camilan sore hari yang dinikmati bersama dengan teh manis hangat atau secangkir kopi. Dijamin Sedulur akan ketagihan dengan resep satu ini!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.