Papeda adalah makanan khas dari Papua yang cukup kondang seantero negeri. Bahan dasarnya adalah tepung sagu asli yang dimasak hingga membentuk bubur kental. Makanan ini bisa jadi alternatif nasi sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Beda dengan tepung maizena dan tapioka, tekstur sagu agak kasar. Namun, setelah dimasak teksturnya memang sama persis. Di Papua, papeda biasanya dihidangkan bersama lauk berkuah. Bagaimana sih cara membuat papeda? Serta apa saja fitur uniknya, mari simak ulasan di bawah.

BACA JUGA: Resep Lemper Pulen Isi Ayam Bakar Bisa untuk Jualan

1. Resep papeda 

papeda
Instagram @maya.trianaa

Papeda berasal dari Papua ternyata mudah dibuat, lho. Ini resep papeda kalau Sedulur penasaran untuk mencobanya.

-->

Bahan yang dibutuhkan

  • 100 gram tepung sagu 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh gula 
  • 1 liter air matang

Cara membuat papeda

  1. Larutkan tepung sagu dengan 300 ml air. Diamkan selama 15 menit.
  2. Tambahkan garam dan gula. Aduk rata.
  3. Didihkan air matang yang tersisa sampai meletup-letup. Matikan api.
  4. Tuang air yang sudah mendidih ke dalam tepung sagu secara perlahan.
  5. Aduk sampai tepung mengental dan berubah warna menjadi bening seperti lem.
  6. Sajikan sebagai pengganti nasi untuk dimakan bersama lauk favorit. Idealnya, lauk yang berkuah seperti gulai, soto, dan lain sebagainya.

2. Cara makannya

papeda
Instagram @aryahadikusumahofficial

Beda dengan nasi yang dimakan menggunakan sendok. Keunikan papeda adalah cara makannya digulung dengan garpu atau alat makan yang pipih. Bisa digulung ke dalam atau ke arah luar. Kemudian, disantap bersama lauk. Biasanya ikan dan kuah gulai gurih yang sedap.

BACA JUGA: 15 Resep Masakan Chinese Food Terenak dan Paling Populer

3. Varian cara olahnya

Instagram @malukuislands_indonesia

Papeda bisa dimasak dengan kaldu dan berubah nama menjadi sinole. Jika papeda cenderung tawar, sinole akan bercita rasa gurih. Cara membuat sinole adalah menyangrai tepung sagu hingga memunculkan aroma khas. Kemudian, rebus dengan kaldu ikan atau daging yang sudah didiamkan selama beberapa hari. Ini akan membuat kaldu memiliki rasa yang kuat dan aroma khas.

Sinole matang bisa dicicipi langsung tanpa lauk karena sudah gurih serta bergizi tinggi. Namun, Sedulur boleh saja menambahkan lauk favorit di dalamnya. Bebas, kok.

Selain itu, ada pula yang mengolahnya jadi mirip lontong. Sama dengan lontong nasi, papeda bisa dibungkus dalam daun pisang atau daun fotovea. Dengan prosedur ini, papeda akan beraroma lebih harum dan rasanya makin unik. Ciri khas papeda bungkus adalah ketahanannya luar biasa. Makanan ini bisa tahan sampai sebulan lamanya meski tidak dimasukkan dalam kulkas atau dikukus ulang.

4. Manfaat papeda

Instagram @ijoel_nain

Papeda adalah sumber karbohidrat sehingga bisa jadi pengganti nasi, singkong, dan oatmeal. Meski begitu, kandungan vitamin dan mineralnya memang tidak seberapa kaya. Makanan ini hanya mengandung vitamin B1 dan zinc. Serat maupun proteinnya tidak tinggi, namun kaya antioksidan dan bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Itu karena sagu adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang akan dicerna perlahan oleh tubuh sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis setelah dikonsumsi. 

Sagu bebas gluten sehingga aman dikonsumsi beberapa orang yang mengidap kondisi medis tertentu. Selain itu, bisa juga membantu menurunkan kolesterol jahat karena mengandung kadar amilosa tinggi. Amilosa adalah glukosa polisakarida yang lebih susah dicerna sehingga mampu menurunkan risiko insulin resistance, dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat di usus, melarutkan racun, dan secara umum meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa fakta menarik dari papeda. Kaya manfaat, terutama dapat menjadi alternatif karbohidrat lebih sehat daripada nasi. Sedulur bisa mulai mengonsumsinya lebih sering untuk memenuhi asupan nutrisi harian.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.