Olahan masakan bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang paling umum dan paling dibutuhkan untuk setiap olahan makanan. Selain itu, bawang putih juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Terdapat beberapa rekomendasi olahan makanan bawang putih yang bisa Sedulur buat.

Sedulur pasti menyukai beberapa olahan makanan bawang putih dan mungkin tertarik untuk membuatnya. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi daftar olahan makanan bawang putih yang bisa Sedulur buat sendiri. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Nasi Liwet Ayam Suwir yang Lezat dan Gurih

1. Garlic bread

olahan makanan bawang putih
New York Times

Rekomendasi olahan makanan bawang putih yang pertama adalah garlic bread. Untuk membuat ini, roti yang bisa Sedulur gunakan adalah roti keras seperti baguatte atau ciabatta. Tetapi Sedulur bisa menggunakan roti empuk dengan adonan mengandung mentega.

-->

Sedulur bisa melengkapi dengan olesan yang terbuat dari garlic butter yang terbuat dari campuran mentega, parutan bawang dan dedauan hijau. Selanjutnya Sedulur bisa memotong roti sesuai keingan lalu siram dengan garlic butter. Sedulur juga bisa dilengkapi dengan parutan keju untuk menambah rasa.

2. Garlic mushroom toast

The Cozy Apron

Rekomendasi olahan makanan bawang putih selanjutnya yaitu garlic mushroom toast. Bahan yang Sedulur butuhkan untuk mbuat olahanini yaitu roti tawar, jamur kancing, bawang putih, dan keju yang mudah meleleh. Roti tawar lebih nikmat dipanggang dulu sampai renyah kedua sisinya.

Selanjutnya, Sedulur bisa membuat topping dengan menumis bawang putih cincang dan jamur kancing yang sudah diiris-iris dengan sedikit minyak sayur pilihan. Lalu beri bumbu garam dan merica sesuai selera.

Terakhir, Sedulur bisa memasukkan parutan keju yang mudah meleleh dan aduk rata sampai membentuk tekstur yang creamy. Tata di atas roti tawar dan sajian pun siap disantap.

3. Spaghetti aglio e olio

Olahan makanan bawang putih
Kompas

Bagi Sedulur yang bingung memilih saus spaghetti, Sedulur bisa menggunakan saus aglio e olio. Atau saus yang terbuat dari bawang putih dan minyak zaitun. Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal mencincang beberapa siung bawang putih dan masukkan minyak zaitun agar semakin beraroma.

Terakhir, Sedulur tinggal memasukkan spaghetti yang sudah dimasak ke dalamnya, lalu aduk rata. Bisa tambah garam dan merica sesuai selera. Angkat dan sajikan di atas piring. Taburi dengan daun seledri cincang dan parutan keju.

4. Chicken kyiv

The Telegraph

Rekomendasi olahan makanan bawang putih selanjutnya yaitu chicken kyiv. Makanan ini merupakan olahan dari Ukraina yang terbuat dari dada ayam yang digulung dengan isian garlic butter. Bahannya terbuat dari mentega dan perasan jeruk lemon serta beberapa siung bawang putih.

Semua bahan dicampur dan diaduk rata lalu dibungkus untuk dibekukkan di dalam kulkas. Setelah beku, lalu oleh pada dada ayam fillet dan kemudian gulung hingga tertutup rapat. Lalu gulungan ayam dilumuri tepung panir dan digoreng atau dipanggang sampai bagian dalamnya matang sempurna.

5. Garlic knots

Savory Experiments

Rekomendasi olahan makanan bawang putih selanjutnya yaitu garlic knots. Olahan ini pada dasarnya merupakan roti rasa bawang yang gurih. Rotinya bertekstur empuk karena adonannya mengandung telur, mentega dan susu, selain ragi, tepung dan juga air.

Setelah adonan diuleni dan didiamkan selama 2 jam, adonan bisa dibagi menjadi beberapa bagian dan dibentuk sebagai simpul. Sebelum dipanggang, siram dengan garlic butter yang terbuat dari campuran mentega, bubuk bawang putih, parsley, dan minyak zaitun. Terakhir, tinggal dipanggang sampai matang sempurna.

6. Caesar salad

Wikimedia

Rekomendasi olahan makanan bawang putih selanjutnya yaitu caesar salad. Bahan utama untuk membuatnya yaitu roti berbentuk dadu dan lettuce yang disiram saus dressing dari minyak zaitun dan kuning telur. Selanjutnya croutton yang terbuat dari roti tawar yang dipotong dadu dan disiram dengan minyak zaitun, parutan bawang putih dan keju untuk kemudian dipanggang sampai renyah.

Untuk dressing terbuat dari campuran minyak zaitun, bawang putih, kuning telur, dan air lemon yang diblender sampai creamy. Tambahan dijon mustard boleh dimasukkan untuk memperkaya rasa saus. Setelah semua bahan ditata di atas piring, siram saja dressing ke atasnya, campur, dan nikmati.

7. Garlic lemon shrimp

Aqua Star

Rekomendasi olahan makanan bawang putih yang selanjutnya yaitu udang mentega atau dalam bahasa Inggris yaitu garlic lemon shrimp. Salah satu olahan yang sederhana dan rendah gula. Untuk membuatnya, Sedulur bisa menyediakna bawang putih, minyak zaitun, mentega, air lemon, air putih dan garam.

Jika ada sayuran hijau atau dedauan seperti daun seledri atau daun bawang, Sedulur bisa menambahkannya. Kemudian tumis semuah bahan bersama udang hingga matang dan biarkan airnya menyusut. Sedulur bisa menyanyikan makanan ini dengan spaghetti agar semakin nikmat.

8. Sopa de ajo

Saveur

Rekomendasi selanjutnya untuk olahan makanan bawang putih yaitu sopa de ajo. Artinya yaitu bahasa Spanyol. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan ini yaitu, paprika merah yang dipanggang dan telur. Untuk membuatnya, bawang putih perlu dicincang dan ditumis dalam minyak sayur.

Kemudian, paprika cincang yang sudah dipanggang beberapa menit dimasukkan ke dalam tumisan bersama sedikit garam. Biasanya orang Spanyol menambahkan wine atau alkohol. Namun hal ini bisa Sedulur ganti dengan soda atau air lemon saja.

Saat sudah mulai mendidih, telur dimasukkan dan diorak-arik di dalam kuah sampai matang. Sup ini biasa disantap bersama potongan roti keras yang dipanggang sampai renyah dengan sedikit mentega.

9. Scalloped potatoes

Food Network

Scalloped potatoes merupakan olahan kentang yang diiris tipis-tipis dan ditata di atas loyang, kemudian disiram dengan saus creamy rasa bawang untuk dipanggang sampai renyah. Saus krimnya dibuat dengan menumis cincangan bawang putih dengan mentega sampai wangi dan berwarna kekuningan.

Kemudian tambahkan dengan susu, garam, dan merica ke dalamnya dan dimasak sampai mendidih. Lalu dituang ke atas deretan kentang dan diberi taburan keju. Panggang sampai matang dan renyah bagian atas dan pinggir kentang. Taburi dengan potongan daun parsley, lalu santap.

10. Terong panggang bawang putih

Cookpad

Selanjutnya yang bisa Sedulur buat yaitu terong panggang bawang putih, bahan yang dibutuhkan yaitu 1 buah terung ungu dan 1 sdm minyak goreng. Siapkan juga bahan untuk saus bawang yang terdiri dari 8 siung bawang putih dicacah, 2 sdm saus tiram, 1 sdt gula pasir, 1 sdt kecap asin, 1 sdt kaldu jamur, 1 sdm bubuk jinten, 1 sdt minyak goreng dan secukupnya merica

Langkah membuatnya yaitu potong terung jadi empat bagian, buat garis tipis-tipis di daging terongnya, agar lebih mudah matang. Lalu, oles terung dengan minyak goreng ke seluruh bagian, tipis saja olesnya. Panggang terung dengan suhu 150 derajat celcius selama lima menit.

Sambil menunggu terung setengah matang, siapkan saus bawang. Campur semua bahan saus bawang. Setelah terung sudah dipanggang lima menit, keluarkan, lalu beri saus bawang di atasnya. Panggang lagi 10 menit di suhu 125 derajat celcius untuk mematangkan. Angkat dan sajikan.

BACA JUGA: 10 Resep Pentol Ayam Sederhana Untuk Camilan Keluarga

11. Ayam bawang putih

Pinterest

Selanjutnya yaitu ayam bawang putih, bahan yang dibutuhkan yaitu 1/4 kg paha ayam atau 4–5 potong sayap ayam, 5 siung bawang putih, jangan dikupas, geprek bersama kulitnya, 1 sdm munjung tepung maizena.

Sedulur juga bisa siapkan bahan marinasi 2 siung bawang putih, cincang atau parut, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, 1 sdt saus tiram, 1 sdt kecap asin, 1 sdt minyak wijen dan secukupnya minyak goreng.

Berikut ini langkah membuatnya yaitu pertama potong ayam sesuai selera, lalu cuci bersih. Geprek bawang putih, sisihkan. Lalu marinasi ayam dengan garam, merica, bawang putih cincang, kecap asin, minyak wijen, dan saus tiram, aduk rata.

Selanjutnya, tambahkan tepung maizena, lalu aduk rata. Diamkan selama 15 menit di dalam kulkas. Setelah 15 menit, goreng ayam dan bawang putih geprek dengan api sedang cenderung kecil hingga matang berwarna kecokelatan. Angkat dan sajikan.

12. Ayam kukus bawang putih

Fimela

Terakhir yaitu ayam kukus bawang putih. Bahan yang Sedulur butuhkan yaitu 500 gram daging ayam, 1 buah jeruk nipis dan 1 sdt garam. Langkah membuatnya yaitu Cuci bersih daging ayam dan lumuri dengan air jeruk nipis beserta garam. Diamkan ayam selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Parut bawang putih dan jahe lalu campurkan dengan semua bumbu marinasi hingga merata. Lumuri daging ayam dengan bumbu marinasi sambil diremas-remas. Diamkan selama sekitar 30 menit dalam kulkas hingga bumbu meresap sempurna.

Ambil ayam dari kulkas dan kukus selama sekitar 40 menit atau hingga ayam matang dan empuk. Saat setengah matang, ambil garpu dan tusuk-tusuk daging ayam agar bumbunya bisa lebih meresap ke daging terdalam.

Untuk bumbu tuang, cincang jahe dan bawang putih, lalu tumis menggunakan wajan antilengket hingga harum dan berwarna kekuningan. Masukkan garam dan minyak wijen, lalu aduk hingga rata. Tata ayam di atas piring dan siram dengan bumbu tuang. Ayam kukus bawang putih siap disajikan.

Nah itulah daftar olahan makanan bawang putih yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk dicoba sendiri di rumah. Tidak ada salahnya sekali-kali mencoba masakan yang berbeda dan berkreasi dengan bahan-bahan sederhana, salah satunya dengan bawang putih seperti daftar olahan di atas.

Bagi Sedulur yang ingin membuat daftar olahan makanan bawang putih yang ada di atas, Sedulur bisa menyiapkan bahan-bahannya dan bumbunya dengan kulakan di Aplikasi Super. Tersedia dengan lengkap bahan-bahan dan bumbu di Aplikasi Super.

Belanja di Aplikasi Super juga sangat mudah, Sedulur tinggal beli setiap bahan yang dibutuhkan di aplikasi dan tunggu pesanan tiba. Dijamin mudah dan bikin Sedulur untung melimpah kulakan di Aplikasi Super. Yuk, download Aplikasi Super di PlayStore bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya!