Sang buah hati tidak nafsu makan? Yuk, simak daftar menu masakan sehari hari untuk anak di bawah ini, agar nafsu makan buah hati meningkat.

Sebagai ibu, ayah dan orang tua yang baik, Sedulur harus senantiasa memperhatikan waktu makan anak, agar gizi untuk sang buah hati tetap terpenuhi. Tidak bisa dipungkiri, nafsu makan buah hati memang kadang naik turun. Untuk mempertahankan nafsu makan anak, Sedulur harus membuat masakan untuk anak yang nikmat dan menggairahkan.

Dalam artikel kali ini, Superapp.id akan membahas daftar makanan sehat untuk anak yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya terkait kumpulan resep makanan anak yang telah Supperapp.id pilih. Beberapa menu masakan sehari hari untuk anak terdiri dari beberapa macam dan jenisnya.

Mulai dari menu makanan balita, menu harian anak, makanan yang disukai anak anak, hingga jenis makanan sehat untuk anak. Beberapa macam jenis makanan untuk anak tersebut juga tentu saja memiliki resep yang berbeda-beda, mulai dari resep masakan sehat, resep masakan untuk anak yang susah makan, resep makanan sehat dan praktis, hingga resep makanan sehat dan bergizi.

Namun Sedulur Super tidak usah khawatir, Superapp.id akan merangkum beberapa menu masakan sehari hari untuk anak yang dapat meningkatkan nafsu makan anak secara drastis dalam penjelasan artikel kali ini. Apa saja menu masakan sehari hari untuk anak yang dimaksud? Yuk, mari kita langsung simak saja ulasannya.

Baca Juga: 30 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Enak dan Bergizi

Daftar Menu Masakan Sehari-hari Untuk Anak, Enak dan Bergizi!

1. Sayur Tauge

1.   Sayur Tauge
Sumber: fimela.com

Menu masakan sehari hari untuk anak yang pertama adalah sayur tauge. Tauge merupakan kecambah yang berasal dari biji kedelai. Memasak menu masakan ini sangat mudah. Tidak membutuhkan banyak bahan. Kita hanya membutuhkan tauge, bawang putih, bawang merah dan tomat.

Cara membuatnya pun mudah. Kita bersihkan terlebih dahulu tauge, dan rendam di air sebelum mulai dimasak. Lalu, siapkan wajan dengan minyak untuk menumis bawang putih, bawang merah dan tomat. Setelah layu, masukan sayur tauge dan bumbu perasa sesuai selera.

2. Sayur Tahu

2.   Sayur Tahu
Sumber: selarasa.com

Menu masakan sehari hari kedua adalah sayur tahu. Sayur tahu merupakan makanan yang sangat mudah untuk dijadikan menu makan harian. Selain murah, cara membuatnya juga sangat mudah. Kita hanya tinggal menyiapkan tahu, yang sudah digoreng. Dan memasukkannya dengan berbagai macam bumbu.

Bumbu disarankan telah dihaluskan dan kemudian ditumis, sebelum kemudian ditambahkan kuah untuk merebus sayur tahu. Ketika sayur tahu telah siap disajikan, aromanya yang wangi dan menggairahkan akan membuat nafsu makan anak semakin meningkat, dan sang buah hari pun tidak akan kesulitan untuk makan dan minum.

Baca Juga: 11 Makanan Khas Madiun Yang Paling Enak, Wajib Cobain!

3. Perkedel Kentang

3.   Perkedel Kentang
Sumber: piknikdong.com

Membuat perkedel memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya menu masakan sehari hari untuk anak yang terbuat dari kentang ini membutuhkan waktu lama untuk menggoreng kentang terlebih dahulu, sebelum dihancurkan dan dicampurkan dengan telur dan bumbu lainnya.

Setelah kentang, telur dan bumbu-bumbu tercampur. Kita tinggal mencetak perkedel sesuai selera dan menggorengnya dengan tingkat kematangan sesuai selera. Namun, ketika telah siap santap, perkedel kentang goreng ini akan sangat disukai oleh anak. Tidak usah khawatir anak tidak ingin makan menggunakan nasi, karena kalori kentang memiliki jumlah yang hampir sama dengan nasi.

4. Bihun Goreng

4.   Bihun Goreng
Sumber: masakapahariini.com

Bihun goreng merupakan menu yang umum kita temui di setiap penjual nasi goreng. Karena memang menjadikan bihun goreng sebagai menu masakan sehari hari adalah hal yang mudah dan juga enak. Selain itu, bihun goreng juga sangat murah membeli bahan-bahannya.

Bihun goreng juga sangat cocok dijadikan sebagai menu masakan sehari hari untuk anak. Selain itu, Sedulur juga bisa mencampurkan sayuran dalam bihun goreng, dengan begitu gizi yang dibutuhkan oleh anak pun akan tercukupi dalam setiap asupan makannya.

5. Sop Daging

5.   Sop Daging
Sumber: cookpad.com

Selain bergizi tinggi dan juga lezat, menu masakan sehari hari untuk anak ini juga tidak hanya akan meningkatkan nafsu makan anak, namun juga dapat meningkatkan nafsu makan seluruh penghuni rumah. Menu makanan satu ini merupakan olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening yang bisa ditambah dengan irisan sayuran.

Sayuran yang digunakan biasanya adalah kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri dalam rebusannya. Untuk menambah citarasanya, Kita juga bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan dalam sop.  Sedulur pun dijamin akan tergoda dengan menu masakan satu ini.

6. Sate Ayam

6.   Sate Ayam
Sumber: resepistimewa.com

Jika bosan mengolah ayam dengan cara dipanggang dan digoreng, sekali-kali mengolah ayam dengan cara di sate merupakan hal yang wajib dicoba. Walaupun memang lebih praktis membeli sate langsung, tapi membuatnya sendiri tidak ada salahnya.

Saat ini telah banyak tersedia warung dan toko yang menjual berbagai macam bumbu kacang kemasan yang bisa Sedulur jadikan sebagai bumbu sate. Dan yang paling penting, Sedulur bisa bebas makan berapa tusuk sate jika membuat sendiri Selain itu, hal paling penting adalah, menjadikan sate ayam sebagai menu masakan sehari-hari untuk anak pun akan meningkatkan nafsu makan bagi sang buah hati.

7. Nasi Cumi

7.   Nasi Cumi
Sumber: cookpad.com

Menjadikan nasi cumi sebagai menu makan setiap hari adalah pilihan yang tepat. Olahan nasi cumi terkenal dengan rasa yang lezat dan gurih. Yang menjadi unik dari kuliner ini adalah nasi cumi yang memiliki kuah berwarna hitam. Tekstur daging cumi-cumi memang terkenal khas, yang empuk dan kenyal. Apalagi biasanya juga disajikan bersama dengan aneka sayuran dan lauk pauk seperti tahu tempe.

Menu masakan sehari hari untuk anak ini juga kaya akan gizi dan nutrisi, seperti kita tahu, bahwa dahan olahan makanan laut terkenal dengan kandungan gizinya yang tinggi. Sangat cocok dan dibutuhkan anak-anak yang sedang masuk masa perkembangan tubuh.

8. Sop Ayam

8.   Sop Ayam
Sumber: kumparan.com

Menu masakan sehari hari untuk anak satu ini, tidak kalah nikmat dengan sop daging. Selain itu, cara membuat masakan ini juga sangat mudah. Terutama bagi yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak. Pertama bahan membuat sop ayam sangat mudah didapat, cara masak yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, dan rasanya juga yang nikmat menjadi pilihan yang tepat.

Sedulur juga bisa menambah variasi dengan menambahkan sosis dan juga dan topping lainnya. Dijamin menjadikan sop ayam sebagai menu makan setiap hari tidak akan gagal dan mengecewakan.

9. Capcay Kuah

9.   Capcay Kuah
Sumber: dapurkobe.co.id

Capcay bisa Sedulur temui di penjual nasi goreng, karena capcay menjadi salah satu menu yang ditawarkan oleh para penjual nasi goreng. Olahan sayuran yang bergizi ini sangat cocok bagi para vegetarian yang ingin makan sehat namun juga tetap nikmat. Namun bagi para pemakan daging, bisa juga menambahkan daging ayam, seafood atau daging sapi dalam campuran capcay.

Menjadikan capcay kuah sebagai menu masakan sehari hari untuk anak sangat cocok, karena terdiri dari sayur yang kaya akan gizi dan vitamin, menjadikan capcay sangat dibutuhkan oleh anak-anak, terutama saat masa pertumbuhan.

10. Orek Telur

10.   Orek Telur
Sumber: idntimes.com

Jika daftar menu masakan sehari hari untuk anak yang telah diulas di atas terlalu repot untuk memasaknya, Sedulur bisa memasak menu yang sederhana, yaitu orek telur. Jangan salah, orek telur bisa merangsang nafsu makan sang anak. Namun jangan terlalu sering memberi anak telur, karena sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan anak.

Semoga daftar menu masakan sehari hari untuk anak yang telah diulas di atas bisa membantu Sedulur yang tengah membutuhkan ide masak setiap harinya yang membutuhkan berbagai makanan baru yang berbeda. Jangan lupa juga untuk menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan membelinya di Aplikasi Super.

Download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya, klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar bisa mendapatkan informasi terbaru terkait beberapa program menguntungkan dari Aplikasi Super.

Aplikasi Super memiliki beberapa program dan fitur yang bisa memberikan kita keuntungan yang menggiurkan. Jangan sampai kita melewatkan kesempatannya, karena kesempatan emas dan kesempatan terbaik belum tentu akan datang dua kali. Gunakan Aplikasi Super secara maksimal.