menu makanan untuk kemah pramuka

Mempersiapkan menu makanan yang praktis menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan ketika akan melaksanakan kegiatan kemah pramuka. Karena peralatan yang dibawa cukup terbatas, tentu saja menu makanan untuk kemah pramuka yang disiapkan juga harus sesederhana mungkin.

Kendati demikian, jangan lupa untuk memastikan jika makanan yang nantinya dikonsumsi juga sehat dan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Jangan sampai hanya keterbatasan peralatan membuat Sedulur melupakan kenikmatan dan juga manfaat dari makanan yang dikonsumsi.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan diberikan beberapa rekomendasi terkait menu makanan untuk kemah pramuka. Langsung saja, berikut beberapa menu simpel yang bisa coba dipersiapkan untuk acara kemah.

BACA JUGA: Resep Sosis Asam Manis, Menu Lauk Simpel Selama Ramadan!

1. Sop

menu makanan untuk kemah pramuka
Kompas

Walaupun sedang berkemah, namun bukan berarti Sedulur tidak bisa berkreasi dalam membuat makanan yang sehat dan juga lezat. Nah, salah satu menu enak yang mudah untuk dibuat adalah sayur sop. Untuk membuatnya, hanya dibutuhkan sayuran segar secukupnya saja.

Tidak usah khawatir, udara di tempat kemah yang masih segar akan membantu menjaga kesegaran sayur yang dibawa. Trik untuk bisa lebih cepat kenyang, yakni dengan memperbanyak isian berupa kentang. Kemudian baru ditambah beberapa sayuran lain seperti kol, wortel, brokoli, dan lain-lain.

Soal bumbu tidak usah khawatir, karena untuk saat ini sudah ada banyak bumbu sop instant yang dijual di pasar. Tinggal merebus semua sayuran sampai matang dan beri bumbu instant, maka jadilah sop yang nikmat dan cocok disantap pagi hari.

2. Pecel

Makanan khas kediri
DJKI

Perpaduan antara sayuran segar yang direbus dengan bumbu kacang yang manis, pedas, dan asin memang tidak pernah gagal. Untuk membuat menu makanan untuk kemah pramuka satu ini, sebenarnya juga sangat sederhana.

Sama halnya seperti sop, Sedulur dapat memanfaatkan bumbu pecel instant yang kini juga banyak dijumpai. Kemudian tinggal membawa beberapa sayuran segar seperti kangkung, tauge, kol, mentimun, kemangi, dan lain sebagainya.

Sedulur bisa merebus sayuran tersebut pada saat ingin dihidangkan. Sementara untuk bumbu pecelnya, tinggal tuang ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan air panas. Aduk-aduk sampai encer, lalu siramkan di atas sayuran yang sudah direbus tadi.

3. Bubur

Pexels

Makanan sehat lain yang proses penyajiannya tidak kalah praktis adalah bubur. Ya, jika membuat bubur secara manual memang terbilang ribet dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tentu saja hal itu sangat sulit diterapkan pada saat kemah pramuka.

Namun untuk saat ini Sedulur dapat mengandalkan produk bubur instan yang banyak dijual di toko-toko terdekat. Jadi hanya perlu membelinya dalam bentuk kemasan, kemudian langsung membuatnya pada saat di lokasi kemah.

Untuk membuat bubur instan ini pun juga tidak susah. Tinggal tuangkan bubur ke dalam mangkuk saji, lalu tuang air panas secukupnya. Tunggu selama beberapa menit, maka bubur sudah siap untuk disantap. Jangan khawatir, walaupun namanya bubur instan, namun isian di dalamnya cukup lengkap, kok.

4. Roti selai

Cookin

Roti gandum yang dipadukan dengan selai, juga dapat menjadi referensi menu makanan untuk kemah pramuka yang paling praktis. Pasalnya, Sedulur tidak perlu repot-repot membawa banyak bahan dan memasaknya saat di lokasi.

Hanya perlu mengoleskan selai di atas roti dan langsung memakannya. Meskipun terlihat seperti makanan ringan, namun jangan salah. Roti isi selai ini bisa membantu mengenyangkan perut, lho. Tentu saja hidangan ini bisa menjadi alternatif untuk menunda lapar ketika lelah, bukan?

Selain selai, Sedulur juga bisa membuat kreasi lain. Seperti menambahkan sosis dan selada di atas roti. Kemudian tuangkan saus tomat di atasnya, secara tidak langsung menu tersebut sudah seperti sandwich sederhana.

5. Sate buah dan sayur

menu makanan untuk kemah pramuka
Food Network

 

Beberapa waktu belakangan ini, menu sate buah dan sayur ini memang sedang banyak diminati oleh para penikmat aktivitas luar ruangan. Ya, Sedulur juga bisa memanfaatkannya sebagai santapan nikmat pada saat melaksanakan kemah pramuka.

Tidak hanya mudah untuk dibuat, menu yang satu ini tentu saja sangat menyehatkan. Bagaimana tidak, dalam satu tusuk sate buah dan sayur, terkandung beragam vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Menariknya, proses untuk menghidangkannya pun hanya perlu waktu selama beberapa menit saja.

Sedulur hanya perlu membawa tusuk sate dari rumah. Jika ingin disajikan, tinggal potong-potong buah dan sayuran. Setelah itu, buah dan sayur yang sudah dipotong ditusuk menggunakan tusukan sate. Kemudian tinggal dipanggang di atas bara api sebentar, kemudian langsung disantap.

Itu dia beberapa menu makanan untuk kemah pramuka yang perlu untuk diketahui. Ya, kegiatan kemah sendiri memang sangat seru dan juga mengasyikkan.

Akan tetapi untuk membuat aktivitas tersebut terasa lebih menyenangkan, jangan lupa untuk memperhatikan nutrisi dan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu, maka tenaga dan kesegaran tubuh akan selalu terjaga dengan baik.