lontong kupang

Jika mendengar namanya, mungkin kamu berpikir kuliner ini berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tapi ternyata tidak demikian, sebab kupang lontong atau lontong kupang berasal dari Jawa Timur. Sajian ini tentu gak boleh Sedulur lewatkan, terlebih ketika berkunjung ke daerah ujung timur pulau Jawa ini.

Lotong yang paling banyak digemari adalah lontong kupang Surabaya dan lontong kupang Sidoarjo. Selain rasanya enak, penyajiannya memakai sate kerang dan es degan untuk menambah kesegaran. Lalu seperti apa sih kuliner ini?

BACA JUGA: Resep Lontong Sayur Medan Kuah Gurih dan Lezat

1. Ciri khas lontong kupang

kupang lontong atau lontong kupang
gofood.co.id

Dari segi kondimen dan bahan pelengkapnya, lontong kupang biasanya disajikan dengan sate kerang dan minumnya air kelapa muda atau es degan. Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih (Corbula faba H). Ini merupakan hewan laut yang mirip kerang namun bentuknya kecil, kira-kira sebesar biji kedelai.

Kemudian kuahnya juga terasa gurih dengan aroma udang yang kuat. Selain kupang dan kuah gurihnya, isinya ada lentho dan sate kerang. Lalu ditambah dengan irisan lontong agar lebih mengenyangkan.

BACA JUGA: Resep Lontong Balap Klasik Khas Surabaya Kuah Gurih & Segar

2. Manfaat kupang lontong

kupang lontong atau lontong kupang
kompas.com

Selain enak, ternyata lontong kupang juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Kandungan mikronutrien pada kupang, yaitu Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng), dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Sedangkan Zn atau Zinc, sebagai komponen penting dalam menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, kupang juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

3. Kalori kupang lontong

kupang lontong atau lontong kupang
kabartravel.id

Bagi Sedulur yang sering mengonsumsi kuliner ini dan penasaran berapa kalorinya 1 porsi lontong kupang, seperti ini penggambarannya. Untuk lontong dengan berat 100 gram, mengandung energi 144 kkal, 0,23 gram lemak, 2,76 gram protein, dan 31,76 gram karbohidrat. Sedangkan untuk kupangnya sendiri, memiliki kadar air 75,70%, kadar abu 3,09%, kadar protein 10,85%, kadar lemak 2,68%, dan kadar karbohidrat 1,02%.

BACA JUGA: Resep Lontong Kikil Asli Khas Surabaya Kuah Sedap

4. Resep kupang lontong

kupang lontong atau lontong kupang
kompas.com

Bahan:

  • 200 gram kupang, cuci bersih
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 3 daun salam
  • 6 daun jeruk purut
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt gula pasir
  • 1 ikat daun bawang, iris
  • 1500 ml air untuk merebus
  • Cabai rawit
  • Petis udang
  • 6 bawang putih, iris, goreng

Bahan pelengkap:

  • 4 lontong, potong-potong
  • Sate kerang
  • Lentho (perkedel singkong)
  • Bawang goreng

Cara membuat:

  1. Rebus kupang dengan jahe, daun salam, daun jeruk, merica bubuk, garam, dan gula pasir. Pastikan direbus sampai empuk. Masukkan daun bawang lalu angkat.
  2. Cara penyajian, masukkan 3 cabai (sesuai selera) ke piring saji, petis udang, 1 sdm bawang putih goreng, haluskan.
  3. Lalu tuang kupang dan beri potongan lontong. Taburi bawang goreng dan sajikan dengan sate kerang dan lentho.

Cara membuat sate kerang:

  1. Tumis bumbu halus yang terdiri 3 bawang merah, 2 bawang putih, 2 cm jahe, dan 2 cabai merah. Tumis sampai harum
  2. Lalu masukkan 200 gram kerang darah yang sudah dicuci. Tambahkan ½ sdt garam, kecap manis, dan 100 ml air.
  3. Kemudian masak kerang sampai empuk dan air menyusut. Setelah itu susun kerang pada tusuk bambu seperti sate.

Cara membuat lentho:

  1. Parut kasar 150 gram singkong. Lalu beri ½ sdt garam, 1 sdm bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, ¼ sdt ketumbar, ¼ sdt gula pasir. Aduk.
  2. Setelah diaduk rata, ambil secukupnya adonan dan bulatkan dengan tangan.
  3. Kemudian goreng di dalam minyak panas sampai kecokelatan, angkat dan sajikan.

Itulah tadi manfaat, ciri khas sampai resep lontong kupang yang bisa Sedulur coba. Namun jika sedang tidak ada waktu memasak, langsung saja cari lontong kupang terdekat di sekitar rumah Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.