Kue sarang semut merupakan makanan khas dari daerah Kota Seberang, Jambi. Dalam istilah lain, kue ini juga dikenal dengan nama kue karamel. Karena terbuat daru gula yang membentuk karamel dalam kue. Terdapat rongga-rongga dalam kue ini, seperti mirip dengan sarang semut.

Lantas bagaimana sarang semut kue ini dibuat dan seperti apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya? Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tuntas cara membuat kue ini, dari mulai menyiapkan bahan hingga langkah membuatnya. Yuk, kita cek!

BACA JUGA: Cara Membuat Bolu Kukus Mudah Tanpa Mixer, Tetap Lembut!

Bahan yang dibutuhkan

kompas

Dalam resep kue sarang semut, bahan yang harus Sedulur siapkan adalah:

-->
  • 180 gr tepung terigu (Ayak terlebih dahulu)
  • 50 gr tepung maizena
  • 425 gr gula pasir
  • 150 gr margarin
  • 2 sdt soda kue
  • 200 ml skm
  • 8 btr telur ayam
  • 450 ml air panas

Langkah membuatnya

bukalapak

Setelah bahan terkumpul, selanjutnya dalam resep kue sarang semut legit adalah mengolahnya. Berikut langkah yang bisa Sedulur ikuti untuk membuatnya:

  • Masukkan gula pasir di atas wajan, lalu masak di atas api kecil hingga berwarna kecoklatan. Tuangkan air panas ke dalamnya dan biarkan mendidih hingga larut. Kemudian angkat dan dinginkan sejenak.
  • Kocok margarin beserta susu kental manis sampai putih dengan menggunakan mixer. Masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok hingga mengembang. Matikan mixer.
  • Langkah selanjtunya dalam resep kue sarang semut takaran gelas adalah memasukkan terigu yang telah diayak dan soda kue. Lalu tambahkan juga tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  • Tambahkan karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga berubah warna.

BACA JUGA: Resep Bolu Ketan Hitam Enak, Empuk & Praktis!

Panggang kue hingga matang

haibunda

Setelah adonan siap panggang, selanjutnya Sedulur tinggal menyiapkan loyang yang telah diolesi oleh margarin terlebih dahulu. Tuang adonan dalam loyang dan panggang dengan suhu 180 derajat. Lantas, berapa lama memanggang kue sarang semut? Dengan suhu 180 derajata, cukup dipanggang selama 40 menit saja.

Setelah itu, kue panggang siap disajikan. Jangan lupa tiriskan terlebih dahulu dan tunggu hingga bolu benar-benar tidak panas lagi. Lalu Sedulur bisa menikmati kue ini dengan secangkir teh atau kopi hangat.

Sekian resep dan cara membuat kue sarang semut yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah. Sebagai camilan manis kue bolu ini sangat nikmat untuk disantap. Terutama menyantap kue ini dengan segelas teh hangat atau kopi manis di sore hari. Hal paling penting yaitu dalam resep di atas adalah menyiapkan bahan-bahannya.

Sedulur yang membutuhkan sembako atau bahan-bahan membuat kue, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.