jus mangga

Mangga adalah salah satu buah favorit yang rasa manisnya bikin nagih. Tidak hanya nikmat dimakan langsung, mangga bisa diolah jadi banyak makanan dan minuman segar yang menggugah selera.

Jus mangga merupakan salah satu cara favorit mengolah buah berwarna kuning tersebut. Tentunya tidak hanya dijus bersama gula atau susu kental manis, Sedulur bisa melakukan kombinasi tanpa batas. Ini beberapa tips dan resep campuran jus mangga terenak yang bisa Sedulur coba.

BACA JUGA: 7 Cara Membuat Es Cincau Enak, Mudah Dibuat untuk Keluarga

1. Jus mangga sederhana 

jus mangga
Instagram @julia_kutsyn

Untuk membuat jus mangga yang basic, Sedulur cuma perlu buah mangga, air, dan sedikit gula atau madu. Ketiganya dimasukkan dalam blender dengan takaran yang bisa diperkirakan sendiri. Setelah itu, tuang langsung dalam gelas dan nikmati selagi dingin. Air boleh diganti es batu bila ingin teksturnya lebih kental. Silakan pula menambahkan air jeruk nipis biar rasa asamnya mengimbangi cita rasa manis mangga. Mudah, bukan?

-->

2. Sari mangga dan wortel 

Instagram @abcd_fooding

Untuk membuat jus mangga dan wortel tentu Sedulur membutuhkan dua macam buah dan sayur tersebut di meja dapur. Pastikan mereka dalam keadaan baik, tidak mentah dan tidak busuk. Kemudian, potong-potong terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam blender atau juicer. Agar aromanya lebih sedap dan rasanya segar, silakan tambah dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Beri juga sedikit parutan kulitnya. Kalau sudah, haluskan bersama sedikit es batu. Selamat menikmati.

3. Mango lassi 

jus mangga
Instagram @sauletavirtuve

Mango lassi merupakan mangga yang diblender bersama yoghurt. Cocok buat yang lagi diet dan hendak mengurangi konsumsi lemak dari susu. Caranya mudah banget, 2 mangga matang dikupas dan dipotong-potong. Kemudian, dicampur dalam blender bersama sedikit perasan lemon serta madu. Terakhir, masukkan segelas belimbing yoghurt tawar. Ini akan mengimbangi rasa manis mangganya, jadi cocok buat yang khawatir rasanya enek atau kemanisan. Jangan lupa tambah es batu biar makin sedap karena sensasi dinginnya.

4. Smoothies mangga, jeruk, dan nanas

Instagram @chahinez_tbt

Sedulur juga bisa mencoba smoothies mangga dan nanas yang asam manisnya bernuansa tropis. Bakal jadi minuman segar di tengah panasnya matahari. Resepnya gampang, kok. Tinggal siapkan mangga, buah jeruk, dan nanas yang sudah dikupas bersih. Jangan lupa rendam terlebih dahulu nanasnya dalam air garam selama minimal 15 menit agar tidak gatal di tenggorokan nanti. Blender bersama sedikit madu atau gula merah serta es batu. Tuang dalam gelas. Nikmati perlahan sambil beraktivitas.

BACA JUGA: Resep Membuat Bolen Pisang Enak, Praktis dan Anti Gagal

5. Kombinasi mangga dan melon yang sempurna

jus mangga
Instagram @kknicole95

Sedulur bisa pula mencampurkan mangga dan melon untuk membuat jus. Keduanya sudah manis, jadi dapat diblender tanpa gula atau madu sama sekali. Tambahkan sedikit air atau es batu agar lebih encer dan mudah diminum. Campuran buah ini bisa memberikan rasa segar di mulut dan melegakan dahaga. Buktikan, deh!

6. Mangga mojito 

Instagram@diners.lounge

Ingin yang rasanya lebih segar, silakan coba mangga mojito unik ini. Pas buat Sedulur yang kurang nyaman minum susu alias lactose intolerant. Cara membuatnya, siapkan mangga jus terlebih dahulu. Tambah gula atau madu bila ingin rasa lebih manis.

Lalu, buat mojito dengan cara mencampur soda, daun mint, garam himalaya, irisan jeruk lemon atau jeruk nipis, dan es batu. Kombinasikan keduanya dalam satu gelas dan mangga mojito siap dinikmati sambil menemanimu bersantai. Bebas alkohol, kok. Ada juga varian pedasnya. Sedulur hanya perlu menambahkan potongan tipis cabe tanpa bijinya untuk topping.

7. Mango milkshake 

jus mangga
Instagram @foodly_cravings

Bila lebih suka yang creamy, Sedulur boleh coba bikin mango milkshake. Sama dengan resep milkshake pada umumnya, mangga akan dicampurkan dengan segelas susu cair. Susu ini bisa diganti dengan susu nabati, misalnya dari kedelai, oat, atau almond.

Silakan tambahkan dengan pemanis bila memang susu yang Sedulur pakai belum mengandung gula. Jika sudah lebih baik tidak perlu tambahan pemanis biar aman saja buat kesehatan. Silakan blender bersama es batu dan tuang dalam gelas. Di atasnya, Sedulur bisa menambahkan potongan kecil mangga untuk memperkaya tampilan dan teksturnya.

8. Mangga dan bayam yang sehat 

Instagram @zuzudrinktea

Cara membuat jus mangga varian ini dimulai dengan siapkan seikat bayam dan dua mangga yang sudah dipotong serta dibekukan di freezer semalaman. Kemudian, masukkan semuanya dalam blender. Untuk pengencernya, silakan pakai susu tawar atau air matang biasa. Haluskan dan tuang dalam gelas untuk dinikmati sebagai menu diet yang sehat. Bayam bisa diganti sayuran hijau lain seperti kale bila ada. Sama-sama sehat dan kaya vitamin, langsung jadi menu andalan praktis dan kaya khasiat.

BACA JUGA: Resep Puding Roti Tawar Lembut untuk Camilan saat Liburan

Cara konsumsi jus mangga 

jus mangga
Instagram @macr0mike

Meski relatif aman buat kebanyakan orang, bukan berarti Sedulur bisa menikmati jus buah ini sembarangan. Mangga sebaiknya tidak dikonsumsi pengidap diabetes karena kadar gulanya tinggi. Apalagi bila dicampur dengan gula dan pemanis lain seperti krimer kental manis. Sebaiknya juga tidak dikonsumsi langsung setelah makan. Ahli merekomendasikan minum jus mangga 1—2 jam setelah makan. Jangan pula diminum saat perut kosong karena bisa mengiritasi lambung.

Manfaat jus mangga dan kalorinya 

jus mangga
Pexels

Menurut beberapa sumber, 100 gram mangga mengandung 60 kalori. Cukup rendah dengan lemak yang hanya 0,4 gram. Mangga juga rendah natrium dengan serat sebesar 1,6 gram. Kaya vitamin C dan B6, serta memiliki kandungan kalium maupun magnesium yang lumayan. Namun, perlu diingat, gulanya mencapai 14 gram. Maka dari itu, hati-hati untuk pengidap diabetes. Ada baiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mangga, apalagi bila diolah dengan tambahan gula dan susu yang tidak tawar.

Dalam kasus jus mangga kalori, Sedulur mungkin akan menggunakan 1—2 buah mangga yang beratnya mencapai 150—300 gram, jadi bisa dikalikan sendiri berapa jumlah kalorinya. Ada baiknya, Sedulur mengonsumsi mangga buatan sendiri karena kadar gulanya bisa dikontrol. Jus mangga kemasan biasanya mengandung gula dan natrium yang tinggi. Perhatikan baik-baik label komposisinya sebelum membeli.

Keunggulan membuat jus sendiri 

Pexels

Sudah jelas membuat jus sendiri jauh lebih sehat dibanding membeli di luar. Baik yang kemasan atau pedagang tradisional biasanya menggunakan banyak bahan pemanis seperti gula dan susu kental manis. Ini bisa menambah kadar kalori dan kadar gula dalam buah yang sebenarnya sudah manis tersebut. Mungkin belum terasa sekarang, tetapi bila dilakukan terlalu sering kadar gula bisa tiba-tiba tidak terkontrol dan menimbulkan komplikasi di kemudian hari.

Ada baiknya pula Sedulur tetap membuat variasikan mangga dengan buah lain untuk konsumsi sehari-hari. Pilih buah dengan kadar gula lebih rendah. Bisa juga mencampurnya dengan sayuran agar manfaat dan vitaminnya makin lengkap.

Harga jus mangga di luaran memang murah dan tentunya lebih praktis karena Sedulur tidak perlu mengupas, memotong, dan menghaluskan. Tetapi, risikonya lebih besar karena kadar gulanya tinggi. Pilihan tentunya ada di tangan Sedulur. Mau pakai jus mangga resep di atas untuk bikin sendiri di rumah atau mau cara instan?

Jus mangga adalah olahan buah yang mudah dibuat dan mudah pula disantap. Mangga juga sangat bisa dikombinasikan dengan beragam bahan makanan lain. Yuk, langsung coba mengolahnya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.