dumbek

Berkunjung ke suatu daerah rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Selain disantap sembari berwisata kuliner, kuliner khas daerah juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Nah, bagi Sedulur yang sedang akan akan berkunjung ke Tuban, tak ada salahnya mencoba dumbek.

Dumbek adalah satu satu jajanan tradisional khas Tuban yang populer bahkan hingga ke luar daerah. Makanan bercita rasa manis juga menjadi salah satu oleh-oleh favorit yang banyak diburu wisatawan. Seperti apa kelezatan dumbek khas Tuban? Yuk, simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 11 Oleh-Oleh Khas Tuban Terpopuler dan Wajib Dibawa Pulang

Mengenal Dumbek Khas Tuban

dumbek
Pemkab Blora/Dumbek

Dumbek merupakan salah satu jajanan khas Tuban yang populer di masyarakat. Bahkan kabarnya, dumbek telah dikenal sampai ke luar negeri, yaitu Malaysia. Dumbek khas Tuban adalah camilan bercita rasa manis dan gurih.

Sekilas, makanan ini memiliki tekstur mirip jenang atau kudus akan tetapi memiliki tampilan dan rasa yang berbeda. Hal ini lantaran dumbek dibuat dengan bentuk memanjang seperti terompet serta dibungkus menggunakan daun siwalan atau lontar. Penggunaan daun lontar sebagai bungkusnya membuat dumbek memiliki cita rasa khas pada dumbek.

Sejarah Dumbek Khas Tuban

Menilik sejarahnya, dumbek disebut sudah ada sejak lama. Sentra produksi dumbek yang terkenal adalah di Dusun Kesamben Barat, Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Menurut cerita, dumber juga merupakan camilan para wali.

Sementara itu dalam tradisi masyarakat Tuban, dumbek biasa dihidangkan pada acara-acara penting, misalnya pesta pernikahan, syukuran, maupun upacara adat lainnya. Penyajian dumbek sendiri disebut melambangkan kebersamaan dan keberkahan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Nasi Pecel Surabaya yang Paling Enak

Resep dan Cara Membuatnya

Disampaikan sebelumnya, dumbek memiliki cita rasa manis dan gurih. Hal ini dikarenakan dumbek terbuat dari bahan utama berupa gula merah dan santan. Selain itu juga ada beras yang dihaluskan atau tepung beras yang membuat adonan dumbek memiliki tekstur kenyal saat dimasak.

Beberapa pembuat dumbek juga ada yang menambahkan susu pada adonannya agar terasa lebih gurih. Bahan-bahan tersebut dicampurkan menjadi satu lalu dimasak hingga mengental. Barulah kemudian, adonan dumbek dimasukkan ke dalam wadah berupa daun lontar yang dibentuk melingkar menyerupai terompet dan ditata di panci besar.

Spesial untuk Sedulur yang ingin mencoba membuat dumbek sendiri di rumah, berikut resep lengkapnya.

Bahan adonan pertama:

  • 450 ml santan kental
  • 150 gram gula merah
  • 150 gram tepung beras
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Bahan adonan kedua:

  • 125 ml santan kental
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  • Pertama, campurkan santan kental, gula merah, daun pandan, dan garam. Rebus menggunakan api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih.
  • Masukkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk. Angkat dan sisihkan.
  • Bentuk daun lontar atau janur menjadi terompet kecil. Beri lidi kecil di ujungnya agar bentuk terompet tidak lepas.
  • Tata daun lontar atau janur yang sudah dibentuk di panci kukusan.
  • Tuangkan adonan dumbek ke dalam daun lontar yang sudah dibentuk. Sedulur cukup mengisinya hingga 3/4.
  • Kukus selama 15 menit atau sampai matang.
  • Sajikan dumbek selagi hangat ataupun menunggu dingin agar adonan lebih padat.

Itu dia rangkuman informasinya mengenai dumbek khas Tuban, Jawa Timur. Jajanan ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Tuban karena banyak dijual di pusat oleh-oleh. Apalagi harga dumbek juga cukup terjangkau, yakni di kisaran Rp 1.000 – Rp 2.000 per biji.

Sedulur juga tidak perlu khawatir kalau ingin membuatnya sendiri di rumah. Hal ini karena bahan-bahan resep dumbek bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!