Bosan dengan olahan cumi yang itu-itu saja? Yuk, simak cara membuat dan resep cumi goreng tepung saus tiram di bawah ini!

Bagi Sedulur penikmat makanan laut atau seafood, Sedulur pasti sangat menyukai daging cumi-cumi. Cumi-cumi merupakan salah satu biota laut yang memiliki daging yang lezat dan menjadi salah satu bahan seafood yang nikmat dan lezat. Salah satu olahan cumi-cumi yang lezat adalah cumi goreng tepung saus tiram.

Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas cara membuat cara buat cumi goreng tepung yang disiram dengan saus tiram yang lezat dan super nikmat. Sedulur memerlukan beberapa bahan dalam resep cumi goreng tepung renyah dan juga membutuhkan beberapa bumbu cumi goreng tepung agar mendapatkan rasa yang nikmat. Yuk, mari kita langsung saja simak langkah dan cara membuatnya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Resep dan Cara Masak Kepiting Saus Tiram / Asam Manis

-->

Resep dan Cara Membuat Cumi Goreng Tepung Saus Tiram!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat cumi goreng tepung saus tiram, Sedulur membutuhkan beberapa bahan, di antaranya:

  • Cumi basah segar 500 gr
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Bawang bombay 1 buah
  • Wortel 1 buah
  • Saus tiram 2 sdm
  • Saus sambal 3 sdm
  • Bawang putting 3 siung
  • Tepung terigu dan tapioka secukupnya
  • Telur ayam 2 butir
  • Gula putih setengah sdt
  • Garam sesuai selera
  • Minyak goreng dan air secukupnya

2. Membersihkan dan Memotong Cumi

2.   Membersihkan dan Memotong Cumi

Setelah bahan terkumpul dan sebelum masuk ke proses memasak Sedulur sangat wajib mencuci terlebih dahulu cumi hingga bersih. Selanjutnya, untuk menghilangkan bau amis, Sedulur lumuri cumi dengan jeruk nipis dan juga garam, lalu diamkan selama 15 menit. Sedulur siapkan bawang putih yang telah dihaluskan, lalu lumuri kepada cumi dan rendam salama 5 menit.

3. Siapkan Bumbu Tepung

3.   Siapkan Bumbu Tepung

Selanjutnya menyiapkan bumbu tepung. Pertama Sedulur kocok telur, dan siapkan tepung terigu dalam piring dan juga tepung tapioka dalam piring terpisah. Ambil cumi yang telah direndam dan dipotong-potong, lalu celupkan ke dalam telur, angkat kemudian gulirkan dalam piring yang berisi tepung terigu, lalu angkat dan celupkan kembali pada tulur dan angkat lalu gulirkan pada piring tepung tapioka. Lakukan proses di atas hingga potongan cumi habis.

Baca Juga: 10 Resep dan Cara Masak Kepiting Saus Tiram / Asam Manis

4. Goreng Cumi dan Siapkan Bumbu Saus Tiram

4.   Goreng Cumi dan Siapkan Bumbu Saus Tiram

Siapkan minyak secukupnya dan panaskan menggunakan api sedang. Goreng semua cumi hingga kering dan renyah. Angkat cumi dan tiriskan. Sambil menunggu cumi tepung dingin, langkah selanjutnya dalam membuat cumi goreng tepung saus tiram adalah membut bumbu saus tiram.

Sedulur iris baang bombay dan wortel sesuai selera Sedulur, tumis bawang bombay hingga mengeluarkan aroma wangi. Masukkan potongan wortel dan aduk rata. Kemudian masukkan saus sambal, saus tiram, garam dan gula. Aduk kembali hingga rata.

Tambahkan air sebanyak setengah gelas dan aduk lalu koreksi rasa. Jika telah sesuai selera, matikan api kompor. Lalu masukkan cumi yang telah digoreng tepung dan aduk dengan saus tiram. Cumi goreng tepung saus tiram pun telah selesai dibuat.

5. Sajikan Cumi Goreng Tepung Saus Tiram

5.   Sajikan Cumi Goreng Tepung Saus Tiram

Langkah selanjutnya adalah menyajikan cumi goreng tepung saus tiram dan menikmatinya dengan sepiring nasi hangat, kerupuk udang dan juga es teh manis hangat. Cumi goreng tepung satu ini tidak sulit dibuat, bisa Sedulur masak jika menginginkan olahan cumi yang berbeda dari biasanya.

Semoga resep dan cara membuat cumi goreng tepung saus tiram yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur, jangan lupa untuk membeli semua bahan untuk membuat resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Karena harga barang di Aplikasi Super memiliki kualitas yang baik dengan harga yang super murah.

Sedulur bisa klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, karena banyak program menarik dari Aplikasi Super yang bisa membuat Sedulur mendapatkan untung super melimpah.