combro

Resep combro kekinian membutuhkan tips yang tepat. Camilan ini sendiri memiliki arti oncom dijero yang berasal dari Bahasa Sunda yang berarti ada oncom di bagian dalamnya. Pasalnya, camilan ini menggunakan adonan singkong dan diisi oleh oncom yang dipadukan dengan bumbu dan cabai.

Camilan satu ini biasa kita temui di pedangan kaki lima yang menjual gorengan. Yang paling nikmat adalah yang gurih dan renyah. Terdapat beberapa tips untuk dapat menghasilkan tekstur yang gurih dan nikmat. Dalam kesempatan kali ini, saatnya membuat  resep combro empuk tidak keras. Yuk, mari kita simak ulasannya!

BACA JUGA: Resep Bobor Bayam Enak, Gurih dan Mudah Dibuat di Rumah

1. Bahan yang dibutuhkan

bahan combro
bp-guide

Bahan yang dibutuhkan dan harus Sedulur siapkan dalam resep combro adalah:

-->
  • 1 kg singkong
  • ½ butir kelapa muda, kupas, parut
  • 5 papan (200 g) oncom merah
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bumbu Halus:
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 15 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

2. Olah singkong dan oncom

singkong dan oncom
bukalapak

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, lanjut ke langkah pertama cara membuat combro. Yaitu dengan mengolah singkong terlebih dahulu. Pertama, kamu harus mengupas singkong dan mencucinya hingga bersih. Lalu parut singkong hingga benar-benar halus dan sisihkan.

Selanjutnya kamu bisa beralih ke resep combro isi oncom. Tusuk-tusuk oncom dengan menggunakan garpu, hingga menjadi butiran-butiran halus. Tingkat kehalusan oncom bisa disesuaikan, bagi yang menyukai tekstur halus dan lembut, bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.

BACA JUGA: Resep Soto Banjar Asli Khas Kalimantan Gurihnya Khas!

3. Tumis bumbu dan oncom

tumis bumbu dan isi
cookpad

Cara bikin combro selanjutnya adalah menyiapkan bumbu halus. Bumbu yang telah Sedulur sediakan bisa dihaluskan hingga benar-benar lembut. Kemudian siapkan minyak dalam wajan dan tumis bumbu hingga wangi. Lalu masukkan oncom dan aduk hingga tercampur rata. Jangan lupa untuk cek rasa.

Sambil menyiapkan isian, kamu bisa menyiapkan singkong dengan kelapa parut. Aduk rata dan beri garam. Kunci dalam resep combro renyah bergantung pada adonana singkong dan kelapa parut.

4. Cetak dan goreng

cetak dan goreng
kumparan

Selanjutnya adalah cetak dengan mengambil sebagian adonan singkong dan parut kelapa, lalu beri isian oncom yang telah diberi bumbu halus. Meskipun Sedulur bisa membuat resep combro tanpa kelapa, namun dengan menggunakan parutan kelapa akan membuat adonan semakin gurih.

Sedulur bisa membuat adonan dengan bentuk bulatan panjang, ukuran pun sesuai selera Sedulur. Kemudian panaskan minyak, dan goreng hingga patang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Resep combro pedas pun selesai dilakukan dan siap Sedulur santap.

Itulah resep combro empuk dan renyah. Semoga resep di atas bisa membantu Sedulur untuk membuat camilan dari singkong ini. Untuk mempermudah Sedulur, Sedulur bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan di atas di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan bahan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan memasak. Selain harga yang super murah, pelayanan yang diberikan juga akan memudahkan Sedulur. Sedulur tinggal membeli pesanan dan tunggu pesanan tiba di rumah Sedulur. Klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya.