Belakangan cloud bread jadi perbincangan hangat warganet setelah viral di TikTok. Roti ini hanya terbuat dari tiga bahan saja, hingga orang beramai-ramai penasaran bikin sendiri di rumah. Bak dalgona coffee dan dalgona candy beberapa waktu lalu, apakah cloud bread layak dicoba?

Resep dan trik membuatnya ada di bawah. Cek terlebih dahulu, yuk! Sedulur bisa mencobanya saat ada waktu luang.

BACA JUGA: Resep Panna Cotta Vanila Saus Strawberry yang Lembut

Apa itu cloud bread?

cloud bread
Instagram @baking_hyebbang

Cloud bread merujuk pada dua hal. Satu adalah kue meringue yang sedang tren di TikTok dan satu lagi Cloud Bread kartun yang tayang di salah satu televisi swasta Korea maupun Indonesia dengan dua karakter kucing kakak beradik Hongbi dan Hongsi. Cloud Bread lagunya sangat populer di kalangan anak-anak. Bahkan, Cloud Bread kartun liriknya mudah diingat dan diikuti. Di salah satu episode, Hongbi Cloud Bread dan Hongsi memang memakan sebuah kue mirip awan yang membuat mereka bisa terbang.

-->

Tentunya roti awan di dunia nyata tidak akan membawamu terbang ke angkasa, tapi sanggup membuatmu bisa menikmati panganan enak yang rendah karbohidrat. Bagaimana tidak? Roti ini hanya terbuat dari telur, maizena, dan gula saja. Tidak ada tepung terigu di dalamnya. Itulah mengapa roti ini masuk dalam kategori meringue.

Resep cloud bread TikTok

Instagram @love.4fitfood

Bahan yang dibutuhkan

  • 3 putih telur 
  • 1 sendok makan maizena 
  • 2 sendok makan gula 
  • Pewarna makanan secukupnya
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanila (opsional)

Cara membuatnya

  1. Siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas roti.
  2. Panaskan oven sampai 150 derajat Celcius.
  3. Kocok putih telur hingga setengah mengembang dan kaku. Sebelum mengocok pastikan tidak ada kuning telur sama sekali di dalam mangkuk dan tidak ada kotoran apa pun, termasuk air. Tuang gula, kocok lagi.
  4. Kemudian tuang maizena dengan cara diayak ke atas putih telur. Aduk lagi sampai kaku. Gunakan mixer agar cepat.
  5. Tambahkan pewarna makanan dan ekstrak vanila sesuai selera. Aduk rata dengan spatula.
  6. Tuang di atas loyang dan oven selama 25 menit. Angkat, nikmati Hongbi cloud bread yang empuk dan lembut.

BACA JUGA: Cara Membuat Hotang, Hotdog Kentang Enak di Rumah

Cloud bread  rasa keju

cloud bread
Instagram @ellencknutsen

Sedulur juga bisa coba resep roti awan yang lebih kaya gizi dengan tambahan krim tartar dan cream cheese. Ini cara bikinnya.

Bahan yang dibutuhkan

  • 3 telur, pisahkan kuning dan putihnya 
  • 3 sendok makan cream cheese 
  • 1/4 sendok makan krim tartar
  • 1 sendok teh gula (opsional)

Cara membuatnya

  1. Panaskan oven sampai suhu 150 derajat Celcius dan siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas roti.
  2. Pisahkan kuning dan putih telur.
  3. Campurkan kuning telur dengan cream cheese dan gula. Aduk rata.
  4. Di mangkuk lain, kocok putih telur sampai setengah mengembang. Masukkan krim tartar dan kocok lagi sampai kaku.
  5. Perlahan campurkan adonan kuning telur dan putih telur dengan spatula. Jangan overmix agar ia tetap mengembang sempurna.
  6. Tuang adonan ke atas loyang tadi, silakan tentukan bentuk dan ukurannya sesuai selera.
  7. Taburi dengan keju parut bila ada dan panggang di rak tengah oven selama kurang lebih 25–30 menit.
  8. Angkat dan sajikan. Rasanya lebih gurih dan creamy. Rendah kalori pula karena tidak menggunakan tepung sama sekali. Selamat mencoba, Sedulur!

Cara membuat cloud bread tanpa oven

cloud bread
Instagram @giuliabove5

Tidak harus menggunakan oven, Sedulur bisa membuat resep cloud bread kukus. Caranya tinggal masukkan adonan ke dalam kukusan yang sudah dilapisi daun atau kertas roti sebagai alas. Lalu, kukus selama 20–30 menit sampai matang. Pastikan airnya tidak naik dan merusak roti, ya.

Bahkan, Sedulur juga bisa pakai teflon, lho. Silakan letakkan adonan di atas teflon yang sudah dilapisi kertas roti. Kemudian, panaskan di atas api kecil selama 30–35 menit. Cek berkala supaya bagian bawahnya tidak gosong. Mudah banget, ‘kan?

Mudah, hanya perlu tiga bahan saja. Sedulur rugi kalau melewatkan trennya. Lumayan buat camilan kala perut keroncongan. Murah meriah. Asal ada mixer di rumah, pasti bisa membuatnya. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.