cara membuat hotang

Bagaimana cara membuat hotang? Kalau Sedulur termasuk pecinta kuliner Korea, pasti penasaran juga dengan resep hotang. Hotang menjadi salah satu kuliner Korea yang sangat populer belakangan ini. Tampilan unik dan rasanya yang enak membuat camilan sosis-kentang ini sangat diminati. Bahkan, banyak orang rela mengantre lama sekadar untuk membeli hotang.

Tenang saja, Sedulur tidak perlu mengantre lagi untuk membelinya. Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat hotang mozarella di bawah ini akan membuatmu ketagihan memasaknya. Yuk, langsung cek resep hotang anti gagal berikut!

BACA JUGA: Cara Membuat Kentang Goreng Crispy ala KFC, Anti Gagal

Apa itu hotang?

cara membuat hotang
Koreaboo

Hotdog kentang atau hotang adalah salah satu jajanan kekinian di Indonesia. Namun, hotang pertama kali dipopulerkan oleh orang Korea. Jajanan ini kerap muncul di drama-drama Korea. Sekilas, rasa dan bentuk hotang mirip dengan resep corndog Amerika dengan isian sosis berbalut tepung krispi.

-->

Di Indonesia, hotang banyak dijual di pinggir jalan atau pusat kuliner (street food). Sementara di Korea, hotang sebenarnya lebih dikenal dengan nama kogo. Tidak hanya berisi sosis berbalut isian kentang, jajanan ini juga berisi keju mozzarella.

Cara membuat hotang kentang mozzarella sangatlah mudah. Potongan sosis dan keju mozzarella dicelupkan ke dalam adonan, lalu ditaburi potongan kentang hingga menutupi semua bagian. Setelah itu, goreng hingga kecokelatan dan sajikan dengan saus.

Selain kentang, ada juga variasi lainnya seperti hotdog jagung, hotdog krispi, hotdog mi, hingga hotdog bertabur gula bubuk yang manis sekaligus gurih saat dimakan. Hanya saja, varian kentanglah yang paling populer.

Bahan utama membuat hotang mozzarella

HappyFresh

Hotang mozzarella campur sosis menjadi jenis yang digemari banyak orang. Perpaduan renyahnya tepung dengan lelehan keju mozzarella dan sedapnya sosis menjadikan jajanan ini favorit semua kalangan. Adapun bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah sebagai berikut.

  • 250 gram kentang goreng instan
  • 100 gram keju mozzarella
  • 4 buah sosis
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tusukan sate secukupnya

Bahan pencelup

Pemerintah Kota Denpasar

Selain isian, Sedulur perlu menyiapkan bahan-bahan pencelup. Berikut daftar bahan yang dibutuhkan.

  • 3 sendok makan tepung bumbu serbaguna
  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 butir telur ayam
  • 250 ml susu cair (opsional)
  • Garam, lada, dan penyedap rasa secukupnya

BACA JUGA: 15 Jajanan Korea Paling Enak & Populer, Sausnya Bikin Ngiler!

Bahan saus

Two Plaid Aprons

Sedulur dapat menambahkan saus pelengkap agar hotang makin lezat saat disantap. Berikut bahan sausnya.

  • Saus sambal secukupnya
  • Saus tomat secukupnya
  • Mayones secukupnya

Cara membuat hotang mozzarella sosis

cara membuat hotang
TasteAtlas

Cara membuat hotang memang sudah dibahas sedikit sebelumnya. Supaya lebih paham lagi cara memasaknya, Sedulur bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Jika sosis dalam keadaan beku, rebus sebentar, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Keringkan sosis dengan tisu, lalu masukkan ke dalam tusukan sate, sisihkan.
  3. Potong kentang goreng dan keju mozzarella seukuran dadu. Masukkan keju mozzarella yang sudah dipotong ke dalam tusukan sosis tadi.
  4. Dalam wadah, campur semua bahan pencelup hingga adonan lengket seperti lem.
  5. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  6. Ambil setusuk sosis dan keju mozzarella, celupkan ke dalam adonan hingga rata.
  7. Gulingkan ke dalam potongan kentang sambil ditekan-tekan. Rapikan supaya menutupi seluruh permukaan. Ulangi hingga habis.
  8. Goreng dalam minyak panas hingga warnanya berubah kecokelatan dan matang.
  9. Angkat dan tiriskan. 
  10. Sajikan bersama saus sambal, saus tomat, dan mayones sesuai selera.

Itu dia resep hotang yang bisa Sedulur coba. Selain menjadi camilan, resep tersebut juga bisa menjadi cara membuat hotang untuk jualan. Jika Sedulur mencari cara membuat hotang tanpa tepung maizena, bisa menggantinya dengan tepung beras atau tepung tapioka. Hanya saja, tekstur dan rasanya mungkin sedikit berbeda, namun tidak kalah lezat.

Dengan membuat hotang sendiri, tentunya Sedulur bisa menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk menjamin cita rasa maupun kehigienisannya. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.