Caramel Macchiato

Salah satu jenis minuman dari kopi yang banyak digemari di kalangan anak muda saat ini adalah caramel macchiato. Minuman ini sangat tenar karena memiliki cita rasa yang khas dan lezat perpaduan antara espresso dengan susu yang membuat rasanya tidak sekuat kopi hitam.

Caramel macchiato dapat ditemukan di coffee shop atau beberapa gerai besar seperti Starbucks. Minuman ini tergolong sebagai minuman dengan harga mahal. Sebelumnya, sudah tahu caramel macchiato itu apa?

Tapi tidak perlu khawatir, Sedulur dapat mengetahui lebih banyak dengan membaca ulasan di bawah ini. Selain itu, kamu bisa mencobanya di rumah dengan resep caramel macchiato ala Starbucks berikut ini. 

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Saus Steak Ala Restoran, Lezat & Mudah

-->

Pengertian caramel macchiato

caramel macchiato adalah
iStock

Caramel macchiato adalah salah satu jenis minuman dari kopi yang mengandung espresso, steamed milk, sirup vanilla, dan saus karamel. Minuman ini memiliki rasa yang cenderung manis karena hanya mengandung sedikit kadar kopi.

Secara etimologi, macchiato berarti ‘tanda’ atau ‘noda’. Oleh karena itu, macchiato disajikan dalam bentuk secangkir espresso yang diberi busa susu di atasnya. Minuman ini berasal dari negara Italia, yang mana penduduknya tidak terbiasa menikmati cappuccino di siang hari dan terlalu bosan meminum espresso di siang hari. 

Di negara asalnya, macchiato dibedakan menjadi dua jenis, yaitu latte macchiato yang terdiri dari susu dipanaskan, espresso dan diberi busa susu. Ada juga espresso macchiato yaitu secangkir espresso yang diberi topping sekitar dua sendok makan busa susu dan disajikan di cangkir espresso.

Sementara di Indonesia, resep macchiato yang paling populer adalah caramel macchiato. Ini adalah macchiato yang diberikan campuran krim karamel.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Alat dan bahan
iStock

Alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Sendok
  • Gelas espresso
  • Gelas saji

Bahan utama:

  • 3 brewed shots dari espresso
  • 2 sdt ekstrak vanila
  • 2 sdm saus karamel
  • 1 gelas susu cair

Bahan pelengkap:

  • Whipped cream 
  • Es batu

BACA JUGA: Resep Cimol Bojot Pedas & Kenyal untuk Camilan di Rumah

Campur espresso dengan saus karamel

resep caramel macchiato ala starbucks
iStock

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan satu gelas espresso brewed shots. Setelah itu, siapkan gelas saji sehingga tampilan menjadi lebih menarik.

Tuang espresso brewed shots ke dalam gelas saji dan diikuti saus karamel. Kemudian, aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata. Selanjutnya, tambahkan lagi ekstrak vanila ke dalam campuran espresso dan aduk-aduk kembali hingga tercampur rata. Sisihkan terlebih dahulu.

Sembari menunggu, kukuslah susu cair sampai berbusa. Sedulur harus memastikan kalau susu tersebut tidak sampai brunt atau menjadi gosong. Jika dirasa sudah cukup, susu kemudian diangkat dari dalam kukusan.

Tuangkan susu ke dalam campuran espresso

es caramel macchiato
iStock

Langkah selanjutnya adalah pemberian susu. Sebelum menuangkan susu yang sudah dikukus tadi, sisihkan busanya terlebih dahulu ke dalam wadah lain. Selanjutnya, masukkan susu tanpa busa ke dalam campuran espresso dan diikuti memasukkan busanya saja pada bagian atasnya.

BACA JUGA: 10 Resep Cilung Enak untuk Camilan Si Kecil di Rumah

Sajikan hangat atau dingin

hot & cold
iStock

Minuman ini siap disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Jika ingin membuat es caramel macchiato, maka Sedulur dapat menambahkan es batu ke dalamnya. Jika tidak, maka sajikan saja tanpa menambahkan apapun lagi.

Langkah terakhir yaitu pemberian topping. Biasanya, minuman ini disajikan dengan tambahan whipped cream. Tak ketinggalan, sesuai namanya, beri saus karamel di atasnya untuk menambah rasa menjadi lebih lezat.

Sekian informasi mengenai resep caramel macchiato yang dapat Sedulur coba. Tidak hanya di cafe, kamu juga dapat mencobanya di rumah dengan mudah. Selamat mencoba, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!