resep cimol bojot

Olahan aci memang selalu enak dan digemari banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu olahan berbahan dasar aci yaitu cimol bojot. Resep cimol bojot daun jeruk kini tengah naik daun. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih pedas bisa membuat ketagihan.

Cimol bojot adalah jenis cimol goreng yang kemudian dicampur dengan tumisan bumbu cabai bubuk aromatik. Bagi Sedulur yang ingin mencicipinya, bisa membuat sajian ini di rumah. Cara membuatnya praktis dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Penasaran bagaimana resepnya? Yuk, langsung intip di sini!

BACA JUGA: Resep Peyek Udang Renyah, Gurih, Enak dan Tahan Lama

Resep cimol bojot basah

resep cimol bojot
Poskota Jatim

Cimol bojot merupakan salah satu makanan khas Garut, Jawa Barat. Penamaan cimol bojot artinya yaitu cimol yang berasal dari Bojot, sebuah kampung di Kecamatan Karangpawitan, Garut. Cita rasanya yang gurih serta pedas membuat camilan ini menjadi primadona baru yang banyak diburu anak muda.

Berbeda dengan cimol pada umumnya yang digoreng garing dan diberi bumbu tabur, cimol bojot digoreng matang, lalu disiram minyak bawang dan diberi bumbu serta cabai bubuk. Tekstur yang kenyal dan bumbu basahnya yang sedap inilah membuat siapa pun ketagihan memakannya. Terkait bahan dan bumbu yang dibutuhkan serta proses pembuatannya, Sedulur bisa simak artikel ini sampai selesai, ya.

Bahan yang dibutuhkan

RESEP.US

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat camilan ini cukup simpel. Sedulur bisa menggunakan takaran gram maupun resep cimol bojot takaran sendok untuk mempermudah pengukurannya. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan.

  • 250 gram atau 17 sdm tepung tapioka
  • 30 gram atau 2 sdm tepung terigu
  • 200 ml air panas
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk

Bumbu halus

resep cimol bojot
RESEP.US

Kunci dari kelezatan cimol bojot tidak hanya pada kekenyalan tekstur, namun juga bumbu basahnya. Adapun bahan bumbu resep cimol bojot anti meledak adalah sebagai berikut.

  • 3 siung bawang putih
  • 50 ml sisa minyak tumisan bawang putih
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • Cabai bubuk secukupnya

BACA JUGA: 8 Resep Risol Mayo Gurih, Nikmat, Mudah & Anti Gagal

Cara membuat cimol bojot kenyal

Hipwee

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, langkah pertama untuk membuat resep cimol bojot kering atau basah yaitu mengupas dan cincang kasar bawang putih terlebih dahulu. Setelah itu, panaskan minyak, tumis bawang putih hingga kecokelatan. Setelah matang, pindahkan ke wadah kecil dengan sisa minyaknya, sisihkan. Kemudian, ikuti tahapan selanjutnya di bawah ini.

  1. Buat adonan cimol. Campur tepung terigu dan tapioka ke dalam wadah.
  2. Masukkan garam, kaldu ayam, dan merica. Aduk rata. Tuang air panas, lalu aduk kembali. Uleni adonan dengan tangan.
  3. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat kecil-kecil. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Tuang minyak ke dalam wajan tanpa menyalakan kompor. Masukkan adonan cimol, lalu nyalakan api sedang dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Pindahkan cimol ke dalam wadah, campur dengan tumisan bawang putih, cabai bubuk, dan kaldu ayam bubuk secukupnya. Aduk rata.
  6. Cimol bojot siap disajikan.

Tambahkan topping

resep cimol bojot
Seruni

Bagi yang ingin berkreasi membuat cimol bojot kekinian, Sedulur bisa menambahkan beberapa topping sebagai isian cimol. Tambahkan keju mozzarella agar cita rasa lebih gurih. Isian lainnya seperti telur puyuh, potongan sosis, kentang, dan lain sebagainya juga bisa menjadi pilihan. Jika tidak ingin menambahkan topping, tenang saja, rasa cimol bojot orisinal sudah sangat lezat untuk disantap.

Itulah resep cimol bojot khas Garut yang kenyal, gurih, dan pedas. Cocok menjadi camilan pengganjal lapar. Sedulur bisa menyantapnya saat belajar atau bekerja. Dapat pula menjadi camilan di waktu luang. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!