Yuk, simak cara membuat opor ayam di bawah ini, agar nafsu makan keluarga Sedulur menjadi semakin bergairah!

Bagi Sedulur yang seorang Ibu Super, mengurus setiap urusan rumah tangga secara maksimal dan serius, urusan dapur merupakan hal utama yang diperhatikan. Memperhatikan menu makan agar keluarga semakin bergairah untuk makan adalah sebuah kewajiban.

Salah satu menu makan yang bisa membuat setiap orang bergairah adalah opor ayam, dalam kesempatan kali ini superapp.id akan menjelaskan cara membuat opor ayam yang praktis dan super gampang. Termasuk membahas cara membuat bumbu opor ayam.

Resep opor ayam terdiri dari beberapa jenis, mulai dari resep opor ayam kampung, resep opor ayam spesial hingga resep opor ayam sederhana, yuk mari kita langsung simak saja langkah dalam cara masak opor ayam di bawah ini. Catat dan perhatikan dengan baik ya!

-->

Baca Juga: Resep Rawon Daging Surabaya Paling Enak & Sederhana

Cara Membuat Opor Ayam yang Praktis dan Super Mudah

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
Sumber: merdeka.com

Dalam bahan opor ayam, yang harus Sedulur siapkan adalah:

  • 1 ekor ayam kampung yang telah dipotong-potong
  • 1 batang serai yang telah digeprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 750 ml santan cair
  • 250 ml santan kental

Selain beberapa bahan di atas, Sedulur juga harus menyiapkan beberapa bahan untuk membuat bumbu halus:

  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 3 buah
  • Kemiri yang telah disangrai 4 buah
  • Ketumbar bubuk 1 sdt
  • Jintan bubuk setengah sdt
  • Merica bubuk setengah sdt
  • Jahe parut setengah sdt
  • Lengkuas parut 1 sdm
  • Garam dan gula sesuai selera

2. Cuci Bersih dan Bumbu Ayam

2. Cuci Bersih dan Bumbu Ayam
Sumber: i.ytimg.com

Dalam resep opor lebaran dan cara membuat opor ayam, langkah selanjutnya setelah bahan terkumpul adalah mencuci bersih ayam. Lalu lumuri ayam dengan 1 sdt air perasan jeruk atau air asam. Tambahkan juga garam secukupnya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Marinasi selama 15 menit, hingga bumbu menyerap dan bau amis pada ayam hilang. Sambil menunggu proses dalam cara membuat opor ayam ini, Sedulur bisa lanjut melakukan proses lainnya.

3. Tumis Bumbu Halus

3.   Tumis Bumbu Halus
Sumber: bukalapak.com

Sambil menunggu ayam selesai dimarinasi, Sedulur bisa menumis bumbu halus yang telah disiapkan. Langkah dalam cara membuat opor ayam satu ini sangat penting, karena bumbu merupakan bumbu utama yang membuat cita rasa opor ayam menjadi nikmat dan khas. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Tumis hingga bumbu harum, dan mengeluarkan aroma wangi yang kuat. Langkah dalam cara membuat opor ayam harus benar-benar ditumis hingga mengeluarkan aroma wangi.

Baca Juga: Resep Sup Ikan Salmon Super Nikmat & Praktis. Wajib Coba!

4. Masukkan Ayam dalam Tumisan

4.   Masukkan Ayam dalam Tumisan
Sumber: cookpad.com

Masukkan ayam pada bumbu tumis dan aduk rata hingga ayam dan bumbu tumis meresap. Tumis terus hingga ayam menjadi kaku dan berubah warna. Lakukan proses ini selama 15 menit, hingga ayam juga benar-benar matang sebelum kemudian memasukan santan pada tumisan dan daging ayam.

5. Masukkan Santan dan Aduk Rata

5.   Masukkan Santan dan Aduk Rata
Sumber: id.asianparent.com

Cara membuat opor ayam selanjutnya adalah memasukkan santan cair, masak hingga santan mendidih. Setelah santan mendidih, kemudian masukkan santan kental dalam tumisan. Aduk rata agar santan tidak pecah, dan lalu tambahkan garam, gula dan bumbu lainnya sesuai selera. Matikan kompor ketika ayam sudah empuk dan rasa sudah sesuai. Opor ayam pun siap disajikan.

Semoga cara membuat opor ayam di atas bisa membantu para Sedulur dan Ibu Super yang selalu memikirkan menu makan terbaik di rumah Sedulur. Jangan lupa juga untuk memudahkan Sedulur dan Ibu Super, bisa membeli bahan keperluan memasak dan juga bahan dalam cara membuat opot ayam yang dibahas pada penjelasan di atas, dengan membelinya di Aplikasi Super.

Beli Bahan Membuat Opor Ayam di Aplikasi Super

15. Menggunakan Aplikasi Super
Sumber: superapp.id

Aplikasi Super menyiapkan bahan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap, berkualitas dan harga yang super murah. Transaksi berbasis online semakin memudahkan Sedulur untuk belanja tanpa harus keluar rumah. Semua itu bisa Sedulur dapatkan hanya di Aplikasi Super.

Jika tertarik, Sedulur bisa langsung download Aplikasi Super dan cek setiap bahan kebutuhan harian Sedulur di Aplikasi Super. Aplikasi Super juga memiliki beberapa program yang akan menguntungkan Sedulur Super sekalian. Sedulur juga bisa klik di sini, untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lengkap lagi. Mulai gunakan Aplikasi Super dan rasakan kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super.