cara membuat lontong plastik

Lontong adalah panganan olahan beras yang biasanya dimasak dengan bungkus daun pisang. Penggunaan daun pisang disebut akan membuat lontong menjadi lebih lezat dan wangi. Tak hanya itu, daun pisang juga merupakan bahan yang ramah lingkungan.

Sayangnya, terkadang tidak mudah untuk menemukan daun pisang. Alhasil banyak orang yang kemudian mencari alternatif cara membuat lontong plastik. Sedulur juga bisa mengikuti cara terseut apabila ingin membuat lontong namun tidak memiliki daun pisang di rumah.

Ingin tahu bagaimana cara membuat lontong plastik yang mudah, praktis, dan anti gagal? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Lontong Balap Enak, Gurih, Segar & Mudah Dibuat

-->

Bahan yang dibutuhkan

cara membuat lontong plastik
iStock

Sebelum menyimak cara membuat lontong plastik, ada baiknya Sedulur menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut daftar bahan yang diperlukan untuk membuat lontong plastik di rumah.

  • 1 kg beras 
  • 1 sdt garam 
  • 2 lembar daun pandan 
  • 6 lembar plastik tebal
  • Air untuk merebus lontong

Perlu diperhatikan, plastik merupakan bahan yang memiliki titik leleh rendah sehingga bisa berbahaya jika dipanaskan bersama makanan. Meski begitu, Sedulur bisa memilih plastik jenis tertentu yang aman sesuai dengan rekomendasi BPOM. Jenis plastik yang bisa digunakan untuk membuat lontong plastik di antaranya adalah LLDPE, HDPE, PP, dan OPP.

BACA JUGA: Resep Lontong Kupang Kuliner khas Surabaya Gurih & Segar

Cara membuat lontong plastik

Sajian Sedap

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan telah tersedia, berikutnya Sedulur bisa mengikuti cara membuat lontong plastik sebagai berikut.

  1. Pertama, lubangi plastik dengan jarum atau tusuk gigi. Pastikan ukuran lubangnya tidak bisa dilewati butir beras, ya. 
  2. Kemudian, cuci beras hingga bersih dan tiriskan. 
  3. Isi plastik yang sudah dilubangi tadi dengan beras. Sedulur bisa mengisinya dengan takaran sekitar 100 gram per kantong.
  4. Tutup rapat plastik yang sudah diisi beras membentuk memanjang atau segi empat sesuai selera. Untuk merapatkan plastik, Sedulur bisa menggunakan metode pemanasan dengan lilin.
  5. Siapkan panci dan tata lontong di dalamnya. 
  6. Isi panci dengan air dan daun pandan yang sudah diikat. Beri juga taburan garam. 
  7. Masak lontong selama 20-30  menit. Sedulur bisa menyesuaikan waktu memasak dengan jenis beras dan ukuran lontong yang dibuat.
  8. Apabila lontong sudah sudah matang dan lunak, segera angkat lalu tiriskan dan biarkan dingin. 
  9. Lontong siap disajikan dengan lauk kesukaan. Agar lebih enak saat dimakan, Sedulur bisa memotong lontong sesuai selera.

BACA JUGA: Resep Lontong Sayur Medan Kuah Gurih dan Lezat

Tips membuat lontong plastik yang enak

Cookpad

Sebagai tambahan, berikut Super juga memiliki beberapa tips membuat lontong plastik yang bisa Sedulur ikuti.

  • Pastikan Sedulur menggunakan plastik tebal yang titik lelehnya tinggi saat dipanaskan. Ini menghindari senyawa berbahaya dalam plastik ikut tercampur ke dalam makanan dan termakan oleh manusia. 
  • Takaran beras bisa disesuaikan kebutuhan. Sedulur bisa mencari tahu cara membuat lontong plastik takaran sendok yang lebih mudah. Pokoknya isi beras sebanyak setengah volume maksimal plastik. Jangan lebih, karena beras akan mengembang menjadi nasi.

Itu dia cara membuat lontong plastik yang bisa Sedulur coba di rumah. Agar lontong yang dibuat memiliki tekstur pulen dan citarasa yang lezat, gunakan beras yang berkualitas.

Sedulur bisa memperoleh beras premium dengan harga terjangkau di Aplikasi Super. Sebab ada berbagai merek beras premium dengan berbagai ukuran yang bisa Sedulur pilih.

Belanja beras di Aplikasi Super juga sangat mudah. Sedulur tidak perlu repot keluar rumah dan cukup memesan lewat aplikasi. Nantinya beras akan langsung dikirim sampai depan rumah. Selain itu, ada beragam voucher diskon, cashback, dan gratis ongkir yang bikin belanja makin menguntungkan.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh dan gunakan Aplikasi Super untuk belanja beras maupun kebutuhan dapur lainnya!