Cara Membuat Ketupat

Ketupat menjadi salah satu menu khas Hari Raya Idulfitri. Bagi Sedulur yang beragama Islam, mesti tahu bagaimana cara membuat ketupat mengingat Lebaran kini makin dekat. Sudah menjadi tradisi, momen ini makin lengkap bila dirayakan dengan mengunyah santapan yang dibuat daricara membuat ketupat.

Berikut ini adalah tips dan cara membuat ketupat yang enak dan super empuk, dijamin berhasil dan antigagal. Bagi Sedulur yang selalu gagal membuat ketupat, bisa ikuti langkah berikut ini. Yuk, langsung simak!

BACA JUGA: Resep Rendang Jengkol Pedas Gurih Anti-bau!

Bahan yang dibutuhkan

cara membuat ketupat
Kimbo

Untuk membuat ketupat, Sedulur harus menyiapkan beberapa bahan di bawah ini:

  • 300 gram beras
  • 600 gram air bersih
  • Plastik atau daun pisang untuk lapisan
  • Minyak secukupnya
  • Loyang untuk mencetak
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Serai dan daun pandan

1. Siapkan beras

Solopos

Di resep ketupat sayur, beras menjadi bahan pertama yang harus disiapkan. Sedulur bisa menggunakan beras yang pulen untuk menjaga kualitas ketupat. Langkah pertama adalah mencuci beras dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Kamu bisa melakukan cara mencuci beras sebagaimana ketika akan memasak nasi pada umumnya.

2. Masukkan beras dalam rice cooker

cara membuat ketupat
Sajian Sedap

Langkah kedua dalam cara membuat ketupat yaitu dengan memasak beras dan masukkan ke dalam rice cooker. Cara memasak menggunakan rice cooker tentunya lebih praktis. Ini bisa dipraktikkan sebagai cara membuat ketupat untuk pemula.

Berbeda dengan membuat nasi, perbandingan air dengan beras yang digunakan harus 2:1. Jumlah air harus lebih banyak dibandingkan beras. Misalnya, dengan menggunakan beras 300 gram, Sedulur bisa menggunakan 600 ml air.

3. Tambahkan bumbu dan aroma

Dream

Cara membuat tradisional ketupat yaitu dengan menambahkan bumbu-bumbu agar teksturnya makin empuk dan beraroma wangi. Sedulur dapat menambahkan garam, kaldu bubuk, serai, maupun daun pandan.

Garam serta kaldu bubuk akan memberi rasa asin dan gurih sehingga ketupat tidak terlalu hambar. Sementara serai dan daun pandan bisa menambah aroma wanginya. Geprek serai dan ikat daun pandan, kemudian masukkan ke dalam beras yang akan dimasak.

BACA JUGA: Resep Lodeh Terong Nikmat & Praktis untuk Dibuat di Rumah

4. Masak semua bahan

cara membuat ketupat
Kompas

Jika beras dan bahan tambahan yang diinginkan sudah dimasukkan, langkah berikutnya adalah memasak beras menjadi nasi yang pulen. Sama seperti memasak nasi biasanya, Sedulur hanya perlu menutup rice cooker dan menyalakan tombolnya menjadi mode cooking. Jangan terburu untuk dikeluarkan, biarkan beberapa saat terlebih dahulu hingga uap panasnnya benar-benar menghilang.

5. Cetak ketupat

Cookpad

Langkah terakhir yaitu mencetak ketupat. Setelah uap dalam nasi keluar, Sedulur bisa mengaduk-aduk terlebih dahulu agar bagian yang menempel di sisi bawah rice cooker tidak kering. Kemudian, pindahkan nasi ke dalam loyang yang telah dilapisi oleh plastik atau daun pisang.

Oles dengan minyak sedikit agar ketupat mudah dikeluarkan. Tekan-tekan nasi sampai menjadi padat dan biarkan hingga dingin serta mengeras. Ketupat pun siap disajikan dan Sedulur telah rampung melakukan cara membuat ketupat lebaran.

Tips menyimpan ketupat

cara membuat ketupat
Cookpad

Ketupat sama dengan nasi, akan cepat basi jika tidak disimpan dengan benar. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan agar ketupat bisa awet dan tahan lama.

  • Pastikan ketupat tidak lembap dan kering. Hindari menyimpan ketupat di sebuah wadah yang rapat. Hal ini membuat air ketupat menguap dan tidak mengendap. Ketupat yang basah akan cepat basi.
  • Simpan di dalam kulkas. Tips ini efektif membuat ketupat tidak cepat basi. Namun, jika menyimpan terlalu lama akan membuat ketupat keras dan tidak enak disantap.
  • Ketahui batas maksimal ketupat agar tidak basi. Biasanya, batas maksimal ketupat itu sekitar 2 atau 3 hari. Melebih waktu itu, ketupat sudah tidak layak dimakan lagi.

Itulah cara membuat ketupat yang super mudah dan praktis. Persiapan bagi Sedulur untuk menyambut lebaran yang akan kita rayakan sebentar lagi. Semoga penjelasan resep ketupat di atas bisa bermanfaat, ya. Jadi, Sedulur tidak perlu repot-repot membeli lagi ketupat lagi!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!