Pelajari cara membuat frozen food sendiri, agar Sedulur bisa menikmatinya kapan saja.

Mengetahui resep dan cara membuat frozen food sendiri merupakan sebuah keuntungan. Selain Sedulur bisa menikmatinya untuk kebutuhan sendiri di rumah, dengan mengetahui cara membuat frozen food bisa dimanfaatkan untuk jualan juga.

Bukan hal yang aneh berjualan frozen food saat ini, karena frozen food sedang mendapatkan perhatian tinggi dari masyarakat. Artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat frozen food, di antaranya cara membuat frozen food ayam, cara membuat frozen food dimsum dan aneka makanan frozen food lainnya.

Selain itu akan dibahasnya juga cara mengolah atau  cara menggoreng frozen food untuk Sedulur Super sekalian. Yuk, langsung saja mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: 11 Rekomendasi Makanan Beku Terbaik dan Sehat Terbaru 2020

Daftar Resep dan Cara Buat Frozen Food yang Mudah dan Nikmat

1. Dimsum

Dimsum

Salah satu frozen food yang disukai saat ini adalah dimsum. Bahan yang dibutuhkan dalam resep dan cara membuat frozen food satu ini adalah:

  • Daging ayam 200gr
  • Tepung maizena 1 sdm
  • Tepung tapioka 1 sdm
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Saus tiram
  • Gula pasir
  • Lada, garam, dan kaldu bubuk setengah sdm
  • Kulit dimsum secukupnya

Cara membuatnya sangat mudah pertama siapkan terlebih dahulu adonan dimsum, yaitu giling daging ayam hingga halus dan masukkan tepung maizena dan tepung tapioka. Aduk hingga rata dan tambahkan air secara perlahan. Haluskan bawang merah, bawang putih dan masukan dalam adonan. Aduk rata, sambil masukkan gula, garam, lada dan kaldu bubuk.

Setelah adonan siap, sediakan kulit dimsum, dan cetak dimsum sesuai selera. Lalu kukug selama 30 menit. Setelah matang, angkat dimsum tiriskan sebentar dan masukkan dalam freezer hingga dimsum membeku. Dimsum pun siap diolah dan cara membuat frozen food pertama pun telah selesai dilakukan.

2. Sosis Ayam

Sosis Ayam

Selanjutnya adalah cara membuat sosis, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Ayam giling 200 gr
  • Telur 2
  • Garam, ketumbar dan gula pasir secukupnya
  • Bawang putih bubuk dan merica
  • Tepung tapioka 3 sdm
  • Dan plastik untuk membungkus sosis

Cara membuat sosis ayam dengan bahan di atas adalah pertama mencampurkan daging dengan es serut dan garam halus, aduk rata hingga tercampur. Pada proses pengadukan, tuang minyak secara perlahan. Tambahkan gula, ketumbar, bawang putih, putih telur, tepung tapioka dan es serut. Aduk rata kembali adonan hingga bahan semua tercampur rata.

Setelah adonan selesai, masukkan kedalam plastik untuk mencetak dan sekaligus membungkus sosis, rebus sosis pada air mendidih dan tunggu sosis matang. Angkat sosis, dan masukkan dalam air es selama 5 menit, kemudian masukkan sosis dalam freezer hingga beku. Selanjutnya sosis pun siap diolah.

3. Tahu Bakso

Tahu Bakso

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat frozen food satu ini adalah:

  • Tahu kuning secukupnya
  • Daging sapi yang telah digiling
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih halus dan bawang daun yang telah diiris
  • Air es, garam, merica dan penyedap rasa

Langkah pertama adalah goreng terlebih dahulu tahu hingga kecoklatan, dan lalu sisihkan. Buat adonan bakso dengan mencampurkan daging giling, tepung tapioka, bawang putih, garam, merica dan penyedap rasa. Aduk rata dengan menggunakan mesin penggiling.

Masukan air es secara perlahan, hingga tekstur adonan menjadi pas kekenyalannya. Cetak dan masukkan kepada tahu yang telah digoreng. Selanjutnya kukus tahu hingga matang. Bakso tahu kukus pun siap kita nikmati.

4. Nugget

Nugget

Bahan yang dibutuhkan dalam menjalankan resep nugget ayam ini adalah daging ayam, telur ayam, tepung roti, tepung terigu, bawang putih, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Setelah bahan tersedia, tinggal masuk ke pembahasan cara membuatnya.

Langkah pertama membuat resep nugget ayam adalah mengocok telur 2 butir, dan lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan. Selanjutnya masukan kaldu bubuk, garam, gula dan merica. Kocok telur hingga merata.

Selanjutnya siapkan tepung terigu pada wadah, lalu campurkan dengan kocokan telur. Setelah itu masukan daging ayam yang sudah digiling halus dan aduk hingga rata. Setelah adonan rata, bentuk adonan sesuai selera. Lalu kukus selama 15 menit.

Siapkan tepung roti dalam wadah yang besar dan lebat. Nugget yang telah matang dikukus masukan dalam tepung roti yang sebelumnya telah dibalur oleh kocokan telur. Nugget ayam pun telah siap dimasukkan freezer untuk kemudian diolah.

Baca Juga: Kini Bisa Belanja Makanan Beku dengan Mudah dan Murah di Aplikasi Super

5. Bakso Sapi

Bakso Sapi

Cara membuat bakso sapi kenyal dan garing adalah mencuci daging sampai bersih, dan lalu digiling menggunakan mesin penggiling dan campur dengan es batu. Setelah daging hancur dan lembut, campurkan bahan utama lainnya, seperti tepung terigu, tepung tapioka, dan bumbu perasa.

Bentuk bulat sesuai selera, dan rebus menggunakan air yang sangat mendidih. Jika ada bakso yang melayang dalam rebusan air mendidih. Makan bakso tersebut telah matang. Resep bakso sapi Solo pun telah selesai kita lakukan.

6. Bakso Ikan

Bakso Ikan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso ikan adalah 500 gr fillet ikan tenggiri, 3 btr putih telur, 50 ml air es, 5 btr bawang putih, haluskan, 2 sdt merica bubuk, 3/4 sdt kaldu bubuk, 3/4 sdt garam dan 3/4 sdt kecap ikan/kecap asin. Siapkan juga tepung tapioka untuk membuat adonan.

Selanjutnya adalah membuat adonan dengan mencampurkan bahan di atas menggunakan penggilingan agar teraduk rata dan halus. Lalu masukan tepung tapioka dan minyak goreng. Setelah adonan selesai, bentuk adonan menjadi bakso dan rebus menggunakan air mendidih. Ketika bakso mengapung, hal tersebut menandakan bakso telah matang dan siap dikonsumsi.

Semoga cara membuat frozen food di atas bisa membantu Sedulur agar dapat membuat bakso ikan sendiri di rumah. Jangan lupa juga siapkan bahan untuk membuat frozen food di atas dengan beli di Aplikasi Super. Atau jika Sedulur ingin langsung frozen food yang siap olah, Aplikasi Super juga menyediakan aneka frozen food dengan harga super murah.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan jangan lupa juga download Aplikasi Super untuk langsung cek harga dan kualitas makanan beku dan bahan makanan lainnya yang ada di Aplikasi Super.