cara membuat bakpao isi kelapa

Bosan dengan varian isi bakpao yang itu-itu saja? Cobain, yuk, bakpao isi kelapa yang juga tidak kalah lezatnya. Apalagi cara membuat bakpao isi kelapa ternyata tidaklah sulit. Seperti diketahui, bakpao adalah jajanan khas Tiongkok yang juga populer di Indonesia. Umumnya, bakpao di pasaran dibuat dengan isian daging, cokelat, atau aneka kacang-kacangan.

Meski begitu, Sedulur juga bisa membuat variasi isi bakpao, misalnya unti kelapa yang manis dan gurih. Tertarik untuk membuatnya? Berikut cara membuat bakpao isi kelapa yang bisa Sedulur coba di rumah.

BACA JUGA: Resep Godok Pisang Khas Padang, Legit dan Lembut!

Tips Membuat Adonan Bakpao Lembut dan Mengembang

cara membuat bakpao isi kelapa
Eateing Well

Salah satu tantangan yang kerap dihadapi saat membuat bakpao adalah memastikan adonannya lembut dan mengembang secara sempurna. Sebab, sama seperti pembuatan roti, adonan bakpao juga bisa menjadi bantat dan tidak empuk apabila kurang tepat dalam mengolah bahan-bahannya.

Namun Sedulur tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk membuat bakpao yang lezat.

  • Menggunakan tepung yang tepat dan berkualitas. Pastikan Sedulur menggunakan tepung untuk membuat roti agar adonan bisa mengembang secara sempurna. Selain itu Sedulur juga bisa menambahkan tepung kentang atau tepung tang mien yang biasa digunakan untuk membuat bakpao.
  • Masukkan bahan secara bertahap. Hal ini dimaksudkan agar adonan bakpao tidak panas sehingga hasilnya bisa empuk. Sedulur juga bisa mengayak bahan kering seperti tepung terigu untuk memastikan butirannya halus dan ringan.
  • Uleni adonan sampai kalis. Cara menguleni adonan juga bisa menentukan tekstur bakpao setelah matang. Pastikan adonan diuleni sampai kalis, yakni teksturnya menjadi lentur, elastis, tidak mudah putus, mudah dibentuk, dan tidak lengket di tangan.
  • Diamkan adonan hingga mengembang dengan baik. Setelah adonan diuleni, diamkan selama sekitar 30 menit atau sampai adonan membesar hingga 1,5 kali lipat.
  • Perhatikan takaran dan tekstur isian. Hindari memasukkan isi yang terlalu banyak karena bisa membuat adonan robek apabila tidak terbungkus secara sempurna. Selain itu, pastikan isian bakpao tidak terlalu basah karena dapat membuat tekstur bakpao menjadi kurang empuk saat matang.

BACA JUGA: 6 Resep dan Cara Membuat Kulit Dimsum Lentur dan Anti Sobek

Resep Bakpao Kelapa

Elevate

Sebelum menyimak langkah-langkah membuat resep ini, Sedulur perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pada artikel ini, bahan bakpao isi kelapa dibagi menjadi dua kategori, yaitu bahan adonan bakpao dan bahan unti kelapa untuk isiannya.

Bahan bakpao:

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung kentang, seduh dengan air panas
  • 25 gram gula pasir
  • 10 gram ragi instan
  • 75 gram mentega putih
  • Garam secukupnya
  • 150 ml air

Bahan unti kelapa:

  • 150 gram kelapa parut
  • 75 gram gula merah, sisir halus
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 100 ml air
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bakpao Isi Kelapa

cara membuat bakpao isi kelapa
Pinterest

Setelah semua bahan siap, Sedulur bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat bakpao isi kelapa sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, masukkan gula merah, daun pandan, vanila bubuk, air, dan garam ke dalam wajan. Masak dengan api kecil sambil diaduk pelan-pelan sampai gula merah mencair.
  2. Masukkan kelapa parut ke dalam wajan. Kemudian, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Matikan api dan sisihkan. Sedulur bisa menyimpannya di wadah atau piring.
  4. Selanjutnya buat adonan bakpao dengan mencampurkan tepung terigu, tepung kentang yang sudah diseduh, gula pasir, dan ragi. Aduk adonan sampai tercampur rata.
  5. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  6. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.
  7. Selanjutnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian atau sesuai ukuran bakpao yang ingin dibuat. Bentuk menjadi bulatan, lalu tata di dalam wadah dan tutup dengan kain bersih. Diamkan adonan selama 30 menit.
  8. Setelah adonan mengembang, gilas satu per satu untuk mengeluarkan udara di dalamnya. Kemudian beri isian unti kelapa di atas adonan.
  9. Bentuk kembali adonan yang sudah diisi menjadi bulatan. Pastikan isian unti kelapa tertutup adonan bakpao.
  10. Ulangi langkah sampai adonan bakpao dan unti kelapa habis.
  11. Tata bakpao yang sudah diberi isian ke dalam panci kukus yang sudah dipanaskan dengan api kecil. Kukus bakpao selama 30 menit atau sampai matang. Kemudian matikan api dan diamkan sebentar.
  12. Angkat bakpao dari panci kukus dan sajikan selagi hangat.

Itu dia cara membuat bakpao isi kelapa yang bisa menjadi alternatif ide camilan ataupun menu sarapan di rumah. Selain itu juga sudah dipaparkan tips membuat adonan bakpao yang lembut dan mengembang sempurna.

Bahan untuk membuat bakpao kelapa juga mudah ditemukan. Sedulur bisa mencarinya di toko kelontong dan Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Bagaimana menarik ‘kan? Selamat mencoba, ya!