cara buat kue bohong

Kue bohong merupakan kue khas Medan, Sumatera Utara. Salah satu kue yang disukai oleh masyarakat Medan karena rasanya yang manis dan gurih, sebagai camilan juga kue bohong sangat mengenyangkan sehingga cocok disantap saat santai.

Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama bagaimana cara buat kue bohong, bagi Sedulur yang belum pernah mencicipnya, bisa mengikuti langkah dan cara buat kue bohong di bawah ini agar bisa merasakan langsung citarasa camilan manis satu ini.

BACA JUGA: Bahan Pengganti Susu UHT Untuk Membuat Kue, Tetap Lembut!

Apa itu kue bohong?

cara buat kue bohong
Indozone

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait cara buat kue bohong, mungkin sebagian dari Sedulur masih ada yang belum tahu apa itu kue bohon. Kue bohong adalah kue khas Medan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dimasak dengan cara digoreng.

-->

Disebut kue bohong karena karena kue ini tidak ada isiannya meskipun dari luarnya tampak mengembang. Maka kemudian diberi nama kue bohong. Kue bohong biasa dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

Hal ini dikarenakan teksturnya yang lembut dan cita rasanya yang enak, sangat pas dijadikan cemilan waktu santai Sedulur bersama keluarga, atau dinikmati saat menonton film di rumah.

Bahan yang dibutuhkan

cara buat kue bohong
Kompas

Bahan-bahan yang Sedulur butuhkan untuk membuat kue bohong adalah sebagai berikut:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt ragi instan
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 180 ml air
  • Sejumput garam

Bahan-bahannya sangat sederhana dan bisa Sedulur dapatkan dengan mudah di mana pun. Termasuk di warung kelontong dekat rumah Sedulur, bahan-bahan di atas pasti tersedia.

Cara buat kue bohong

Sweetrip Indonesia

Berikut ini adalah cara buat kue bohong yang bisa Sedulur lakukan setelah bahan-bahan yang dibutuhkan Sedulur siapakan, yaitu:

  1. Campur tepung terigu, baking powder, gula, garam, dan ragi. Aduk rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis.
  3. Letakkan adonan di dalam baskom yang ditutup lap bersih.
  4. Diamkan adonan 3 jam.
  5. Keluarkan adonan, uleni kembali, lalu bagi jadi 10 bagian.
  6. Diamkan adonan 15 menit.
  7. Panaskan minyak goreng. Pipihkan adonan, lalu goreng sambil dibolak-balik hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Agar kue bohong yang dihasilkan sangat garing dan renyah, Sedulur bisa menggunakan teknik menggoreng deep frying. Yaitu menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak dan dalam suhu yang panas.

Sehingga bagian luar kue bisa sangat garing dan renyah namun bagian dalamnya sangat lembut. Namun tentu saja Sedulur harus menyiapkan minyak goreng dalam jumlah banyak. Jika pun tidak, kue bohong masih bisa digoreng dengan minyak normal dan menghasilkan tekstur yang nikmat.

BACA JUGA: 5 Resep Kue Kering Cocok Untuk Suguhan Lebaran!

Kue bohong dan kue bantal

Sajian Sedap

Sekilas jika dilihat dari gambar kue bohong, terlihat seperti kue bantal yang di daerah Jawa Barat dikenal dengan nama odading. Pada dasarnya, kue bohong adalah kue bantal atau odading itu sendiri. Hanya saja masyarakat Medan di Sumatera Utara menyebutnya dengan nama kue bohong.

Tentu Sedulur yang belum pernah ke Medan dan mencicipinya langsung akan aneh mendengar nama kue ini dan mengasumsikannya kepada kue bantal atau odading itu sendiri. Dari resep di atas, Sedulur tidak perlu penasaran dengan rasanya. Karena Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah.

Nah itulah pembahasan terkait cara buat kue bohong khas Medan yang bisa jadi rekomendasi camilan Sedulur di rumah bersama keluarga. Jangan lupa juga untuk menikmati kue bohong dengan secangkir teh panas atau kopi hangat. Kue bohong juga cocok sebagai camilan untuk bersantai di rumah!

Sedulur dapat belli kebutuhan memasak di Aplikasi Super. Produknya lengkap dan harganya sangat terjangkau. Cukup download Aplikasi Super di Google PlayStore, Sedulur sudah bisa belanja kebutuhan rumah tangga sepuasnya. Tenang saja, ada banyak promo dan gratis ongkir setiap hari menanti Sedulur. Jadi buruan gunakan sekarang juga!