caesar salad

Caesar salad adalah salad sayuran yang terdiri dari romaine lettuce dan croutons dan diberi siraman dressing yang terbuat dari minyak zaitun, air perasan lemon, dan telur. Ditambah parutan keju parmesan yang gurih. Meski banyak yang bilang kalori dan kadar garamnya terlalu banyak, menu ini salah satu cara jitu untuk Sedulur yang susah makan sayur. 

Ingin mencoba bikin sendiri di rumah? Ikuti resep caesar salad di bawah ini. Dijamin kamu langsung bisa menikmatinya tanpa harus antre di restoran.

BACA JUGA: Resep Asinan Sayur khas Betawi Enak Asam Segar

1. Asal Caesar salad

caesar salad
Instagram @foodbyjessica

Sebelum kita beranjak ke Caesar salad recipe, ada baiknya kita mengenal asal-usul panganan ini. Merujuk situs Food & Wine, pencipta resepnya adalah seorang koki bernama Caesar Cardini yang merupakan imigran Italia di Amerika Serikat. Ia menemukan resep ini di tahun 1924 saat mengoperasikan restoran di Tijuana, perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko.

-->

Resep ini tercipta saat Cardini kekurangan bahan untuk dimasak dan akhirnya membuat salad dari sayuran yang ada dan membuat sausnya dari minyak zaitun, saus Inggris, telur, serta parutan keju parmesan. Namun, ada pula versi yang menyatakan bahwa sebenarnya sang adiklah yang menciptakan resep ini. Namun, ia menambahkan anchovies atau teri. Apapun itu resep mereka berhasil jadi sensasi dan direplika banyak orang hingga kini. 

2. Bahan utama Caesar salad 

Instagram @sunsetcoffee_mrv

Ada beberapa bahan utama dalam salad buatan Caesar Cardini ini. Apalagi kalau bukan lettuce, terutama yang berjenis romaine. Ini karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak bila disajikan dalam keadaan segar. Tentunya mereka harus dibersihkan terlebih dahulu. 

Selain itu, ada elemen bernama croutons yang terbuat dari roti baguette atau roti tawar yang dipanggang dalam oven bersama cincangan bawang putih dan minyak zaitun hingga renyah serta gurih.

Anchovies atau teri segar adalah elemen opsional dalam resep classic Caesar salad. Namun kehadirannya bisa bikin cita rasa salad lebih kaya karena rasa asin dan gurihnya. Namun, Sedulur bisa melompatinya bila memang kurang suka dengan rasa teri.

BACA JUGA: 8 Cara Membuat Smoothies yang Segar dan Menyehatkan

3. Cara membuat croutons yang enak 

Instagram @jinnys_pizzeria

Croutons adalah aspek penting dalam Caesar salad ingredients, cara bikinnya pun tidak susah. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 2-3 potong roti tawar atau boleh roti baguette 
  • 3 sendok makan minyak zaitun 
  • 2 siung bawang putih 
  • 2 sendok makan parutan keju 

Cara membuatnya

  1. Potong roti menjadi bentuk dadu dan masukkan dalam mangkuk. 
  2. Di mangkuk lain campurkan minyak zaitun dan bawang putih cincang. Aduk beberapa kali. 
  3. Ambil saringan dan tuang minyak zaitun tersebut ke dalam mangkuk roti tawar. Sambil disaring, tekan potongan bawang agar sarinya ikut keluar bersama minyak. 
  4. Aduk roti dan minyak agar tercampur rata. Tambahkan keju parmesan dan aduk kembali. 
  5. Siapkan oven dan loyang. Tuang roti ke atas loyang pipih, ratakan di atas loyang, panggang selama beberapa menit sampai renyah dan warnanya kecoklatan. 
  6. Angkat dan sisihkan sejenak. 

4. Cara membuat Caesar salad dressing

caesar salad
Instagram @manda_mckee

Tentunya salad membutuhkan saus atau dressing agar rasanya makin nikmat. Berikut cara bikinnya. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1 kuning telur 
  • 1 sendok makan air perasan lemon 
  • 120 gram parutan keju parmesan 
  • 1 sendok teh saus Inggris 
  • 80 ml minyak zaitun atau minyak canola 
  • Teri secukupnya (opsional)

Cara membuatnya

  1. Campurkan kuning telur, air lemon, saus Inggris, dan parutan keju parmesan. Bila menggunakan teri, silakan sertakan dalam mangkuk. 
  2. Blender semua bahan sampai halus. 
  3. Perlahan masukkan minyak ke dalam saus yang sudah halus tadi. 
  4. Tambahkan garam dan merica untuk memperkaya rasa.
  5. Aduk rata dan saus pun jadi.

Sedulur tinggal memadukan semua bahan tadi ke dalam satu mangkuk. Mulai dari lettuce, croutons, kemudian saus. Apabila ingin lebih kaya protein, silakan buat chicken Caesar salad dengan tambahan ayam yang ditumis dengan sedikit minyak hingga matang dan krispi.

Resep Caesar salad sederhana sudah selesai. Mudah dan nutrisinya kaya. Silakan dicoba sekarang juga buat menu makan siangmu. Jangan lupa menyiapkan bahan-bahan yang segar dan berkualitas agar cita rasanya tidak berkurang, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.