bechamel

Bechamel merupakan salah satu makanan nikmat khas Prancis. Seperti yang Sedulur ketahui, Prancis merupakan kiblat kuliner dunia. Banyak koki dan ahli tata boga menjadikan Prancis sebagai kibat untuk belajar dan berlatih kemampuan memasak sebelum akhirnya memutuskan membuat dan mengelola restoran.

Oleh karena itu, tidak usah dipertanyakan lagi bagaimana kualitas rasa dari makanan Prancis, termasuk saus yang akan kita bahas resepnya saat ini. Saus bechamel adalah salah satu saus utama dari lima saus yang ada dalam kuliner klasik Prancis. Bagi Sedulur yang penasaran ingin membuatnya, bisa simak resep dan langkahnya di bawah ini.

BACA JUGA: Resep Spaghetti Bolognese Enak & Nikmat untuk Keluarga

Bahan-bahan yang dibutuhkan

bechamel
Fimela

Dalam berbagai resep, bahan-bahan merupakan faktor pertama yang perlu Sedulur siapkan, termasuk juga dalam resep saus bechamel keju. Berikut ini beberapa bahan-bahannya.

-->
  • 800 ml susu segar
  • 70 gram mentega
  • 2 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt garam
  • 1/3 sdt bubuk lada hitam
  • 1/3 sdt bubuk pala (opsional)

Panaskan susu

Ali Express

Setelah bahan Sedulur siapkan, langkah selanjutnya dalam resep saus bechamel yaitu dengan memanaskan susu. Sedulur bisa menyiapkan panci dan masukkan 800 ml susu segar. Nyalakan kompor dan panaskan hingga susu benar-benar mendidih. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat kandungan air dalam susu menguap dan membuat susu menjadi lebih kental.

Istilah ini juga dikenal dengan evaporasi. Bagi Sedulur yang sering melihat susu kemasan evaporasi, itu artinya susu telah melalui proses menguapkan kandungan air sehingga susu menjadi lebih kental.

Langkah membuatnya

bechamel
Best Barbeque Grill

Setelah langkah pertama dalam resep saus bechamel mudah di atas, berikut ini adalah langkah selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan.

  1. Siapkan wajan antilengket, kemudian cairkan mentega.
  2. Masukkan dua sendok makan tepung terigu ke dalamnya, aduk-aduk selama 2-3 menit.
  3. Tuang susu hangat ke dalamnya, masak hingga mendidih.
  4. Bumbui dengan garam, lada hitam, dan bubuk pala.
  5. Aduk kembali hingga tekstur saus mengental. Matikan api.

Nikmati saus bechamel

Italian Recipe Book

Resep saus bechamel pun selesai dimasak dan Sedulur bisa menikmati saus ini untuk berbagai kuliner. Terutama bagi Sedulur yang memiliki bayi, Sedulur bisa menjadikan saus bechamel MPASI karena kandungannya yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Terutama Sedulur yang sering memasak kuliner Eropa terutama kuliner Prancis, saus ini akan sangat membuat kuliner Eropa yang Sedulur santap semakin nikmat.

BACA JUGA: Resep Lasagna Enak, Praktis & Sederhana, Sudah Coba?

Tips yang perlu diperhatikan

bechamel
Wellness Trends

Terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan saat membuat saus khas Prancis satu ini, berikut beberapa tips yang dimaksud.

  • Sedulur bisa menggunakan rempah-rempah yang lebih banyak seperti bawang bombai, seledri, dan cengkeh.
  • Sedulur bisa merebusnya bersama susu segar sebelum dituang ke campuran tepung dan mentega.
  • Saus khas Prancis ini bisa Sedulur simpan dalam wadah tertutup dan masukkan dalam lemari es agar lebih lama.
  • Habiskan dalam tiga hari atau kurang dari sepekan.

Itulah resep bechamel beserta dengan langkah membuatnya. Semoga resep saus khas Prancis ini bisa menjadi pilihan alternatif Sedulur untuk menikmati berbagai kuliner atau masakan lainnya. Sedulur juga bisa berkreasi memadukan saus ini dengan kuliner lokal khas Indonesia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!