bebek peking

Bebek peking adalah makanan dari Tiongkok yang terkenal karena dagingnya yang gurih dan lezat. Selain itu, harga bebek peking juga dikenal sebagai makanan kelas atas dengan harga yang cukup mahal di setiap restoran masakan Tiongkok. Kuliner ini memiliki kelebihan, yaitu dagingnya yang empuk serta kulitnya yang renyah.

Tanpa harus merogoh kocek dalam untuk merasakan masakan ini, Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep dan langkah membuatnya di bawah ini. Dijamin super praktis dengan bahan yang mudah didapatkan. Sudah mulai penasaran? Yuk, langsung kita cek resepnya!

BACA JUGA: Resep Bebek Sinjay Khas Madura, Enaknya Nagih!

Bahan yang dibutuhkan

linetoday

Bahan yang Sedulur butuhkan dalam resep bebek peking adalah sebagai berikut:

  • 1 bebek utuh
  • ½ sendok teh kayu manis bubuk
  • ½ sendok teh jahe bubuk
  • ¼ sendok teh pala bubuk
  • ¼ sendok teh lada putih bubuk
  • ½ sendok teh cengkeh bubuk
  • 3 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan madu
  • 1 buah jeruk, iris bulat
  • 1 sendok makan peterseli segar cincang, untuk hiasan
  • 5 batang daun bawang
  • ½ cangkir selai plum
  • 1 ½ sendok teh gula
  • 1 ½ sendok teh cuka putih
  • ¼ cangkir chutney (optional)

Bersihkan dan potong-potong bebek terlebih dahulu

bebek peking
selerasa

Setelah bahan-bahan dalam resep bebek peking sederhana Sedulur sudah disiapkan dengan komplit, langkah selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan membersihkan bebek terlebih dahulu. Sedulur bisa membilas bagian dalam dan luar bebek, kemudian tepuk-tepuk bebek dengan tisu dapur hingg kering. Lalu, potong ekor bebek dan buang. Kemudian potong-potong terlebih dahulu bebek dan sisihkan.

Marinasi daging bebek

kompas

Langkah selanjutnya dalam resep bebek panggang yaitu dengan menyiapkan mangkuk kecil, campur bubuk kayu manis, bubuk jahe, pala, lada putih dan cengkeh. Lalu oleskan satu sendok teh bumbu marinasi ke bagian dalam bebek. Setelah itu aduk satu sendok makan kecap asin ke dalam sisa campuran bumbu dan oleskan secara merata ke seluruh bagian luar bebek.

Potong salah satu daun bawang menjadi dua dan masukkan ke dalam bagian dalam bebek. Tutup dan diamkan bebek minimal dua jam atau semalaman. Agar bumbu meresap dalam daging bebek dan mudah diolah.

BACA JUGA: Resep Babi Panggang Karo, Kuliner Lezat Khas Medan

Langkah selanjutnya

bebek peking
idntimes

Sedulur bisa mengikut langkah selanjutnya dalam resep bebek peking panggang merah yaitu sebagai berikut:

  1. Letakkan dada bebek menghadap ke atas di atas wajan atau panci yang cukup besar dan kukus selama satu jam.
  2. Angkat bebek dengan dua sendok besar, tiriskan airnya. Ambil daun bawang. Panaskan oven sampai 375 derajat Fahrenheit atau 190 derajat Celsius. Letakkan bagian dada bebek menghadap atas api oven. Jangan lupa tusuk seluruh kulit bebek menggunakan garpu.
  3. Langkah selanjutnya dalam bebek peking goreng, yaitu dengan memanggang selama 30 menit dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Saat bebek dipanggang, campurkan sisa dua sendok makan kecap dan madu. Setelah 30 menit, oleskan campuran madu ke atas bebek dan masukkan kembali ke dalam oven.
  4. Nyalakan oven hingga 500 derajat Fahrenheit atau 260 derajat Celcius. Panggang selama lima menit, atau sampai kulit berwarna kecokelatan. Hati-hati, jangan biarkan kulitnya hangus
  5. Siapkan saus bebek dengan mencampurkan selai plum dengan gula, cuka, dan chutney dalam mangkuk kecil.
  6. Potong sisa daun bawang dan tempatkan ke dalam mangkuk terpisah. Letakkan bebek utuh di atas piring saji dan hiasi dengan irisan jeruk dan peterseli segar. Gunakan saus plum dan bawang untuk cocolan.
  7. Resep bebek panggang ala Cina pun rampung dilakukan.

Sekian resep dan cara membuat bebek peking khas Tiongkok yang bisa Sedulur lakukan sendiri di rumah. Sedulur hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengikuti setiap langkahnya dengan benar. Alhasil, bebek peking pun bisa Sedulur santap dengan nikmat bersama keluarga.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.