baceman bawang putih

Baceman bawang putih adalah bumbu halus untuk berbagai makanan. Bumbu halus andalan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan memasak. Maka tidak heran banyak orang yang membuat bumbu ini dalam jumlah banyak sebagai stok.

Baceman bawang putih juga merupakan bumbu alami yang dijamin tahan lama, jadi jangan khawatir Sedulur bisa membuat stok banyak untuk beberapa masakan dengan bumbu ini.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran resep dan cara membuat baceman bawang putih, Sedulur bisa simak rekomendasinya di bawah ini. Yuk langsung kita cek resep dan cara membuatnya!

BACA JUGA: Resep Saus Barbeque Buatan Sendiri di Rumah yang Gampang

-->

Bahan yang dibutuhkan

baceman bawang putih
Astronauts

Untuk membuat baceman bawang putih, Sedulur harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • 3-5 bonggol bawang putih atau sekitar 500 gram
  • Minyak sayur secukupnya
  • Alternatif bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak wijen
  • Kemiri untuk pelengkap

Peralatan yang perlu disiapkan

My-best

Setelah Sedulur menyiapkan bahan-bahan untuk membuat, Sedulur juga perlu menyiapkan alat-alat yang digunakan. Peralatan yang digunakan sederhana seperti ulekan untuk menghaluskan bawang putih. Jika tidak ada ulekan, Sedulur bisa menggunakan blender, chopper alat lainnya.

Sedulur juga siapkan peralatan memasak lainnya seperti wajan, spatula dan perlatan sederhana yang sudah Sedulur miliki di dapur. Setelah bahan siap, Sedulur bisa mulai langkah membuat baceman bawang putih. Berikut langkahnya:

1. Bersihkan bawang putih

baceman bawang putih
Kompas

Bawang putih merupakan bahan utama untuk membuat baceman bawang putih, maka dari itu bawang putih harus disediakan dalam jumlah banyak. Setelah disediakan, bersihkan terlebih dahulu bawang putih. Kupas bawang putih lalu cuci hingga bersih.

Setelah dicuci, Sedulur bisa mengeringkan terlebih dahulu bawang putih hingga tidak ada air sisa membersihkan bawang. Untuk mempercepat Sedulur bisa menggunakan tisu atau lap juga.

2. Siapkan bahan lainnya

Suara

Sambil menunggu bawang putih kering, Sedulur bisa menyiapkan bahan lainnya. Seperti kemiri dan minyak yang dibutuhkan. Kemiri untuk baceman bawang putih, dapat membuat baceman semakin wangi. Ketika digunakan nanti sebagai bumbu, baceman.

3. Haluskan bahan-bahan

baceman bawang putih
IDN Times

Selanjutnya Sedulur bisa menghaluskan bawang putih dan kemiri yang telah disipakna. Haluskan bahan-bahan dengan tingkat kehalusan yang sesuai selera.

Jika Sedulur ingin bumbu yang sangat halus dan lembut, Sedulur bisa menggunakan blender dan haluskan dalam waktu lama.  Namun jika Sedulur ingin kasar, Sedulur cukup menggunakan ulekan saja.

4. Simpan dalam wadah tertutup

Kompas

Setelah halus, Sedulur bisa menyimpan bumbu yang telah halus ke dalam wadah yang tertutup. Sedulur bisa menggunakan mug kaca yang tertutup rapat atau wadah lainnya yang aman dan kedap udara. Menyimpannya di dalam wadah kedap udara sangat penting, hal tersebut akan membuat baceman bertahan lama.

5. Campurkan minyak

baceman bawang putih
Sajian Sedap

Langkah terakhir dalam membuat baceman bawang putih yaitu dengan mencampurkan dengan minyak. Sedulur bisa menuangkan minyak sayur ke dalam wadah hingga bumbu terendam oleh minyak. Jika ingin aroma dan rasa yang lebih khas, Sedulur bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak wijen.

BACA JUGA: Resep Soto Betawi Susu Gurih, Creamy dan Mudah Dibuat

Tips menyimpan baceman agar awet

Jatim Network

Baceman bawang putih merupakan bumbu halus yang bisa Sedulur gunakan untuk berbagai masakan. Masakan-masakan tumis sangat cocok menggunakan bumbu baceman bawang ini. Setiap masakan tumis akan menghasilkan aroma yang nikmat.

Maka dari itu, Sedulur bisa membuat bumbu baceman sebagai stok. Karena bumbu baceman sendiri awet dan tahan lama. Namun agar dapat membuat bumbu awet dan tahan lama Sedulur perlu memahami cara menyimpannya dengan baik.

Simpan baceman bawang putih yang sudah ditutup rapat di suhu ruang. Tidak perlu memasukkannya ke dalam kulkas karena bisa membuatnya lembap. Saat akan digunakan, usahakan sendok yang dipakai untuk mengambil baceman bawang putih dalam keadaan kering dan bersih. Hal tersebut dapat membuat baceman tahan lama.

Nah itulah resep dan cara membuat baceman bawang putih yang bisa Sedulur praktekkan sendiri di rumah. Dari penjelasan di atas, tidak ada bagian yang sulit untum membuat baceman bawang putih yang perlu Sedulur pastikan yaitu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun merupakan bahan harian yang mudah didapatkan. Sedulur bisa mendapatkannya di pasar atau di warung sembako. Namun bagi Sedulur yang ingin mendapatkan bahan-bahan untuk resep di atas dengan harga lebih murah, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super.

Sedulur bisa membeli minyak, kemiri dan bahan lain baceman yang dibutuhkan di Aplikasi Super. Banyak diskon dan promo menarik dari Aplikasi Super yang bisa membuat Sedulur dijamin untuk melimpah. Sedulur bisa cek Aplikasi Super sekarang, bagi yang belum download bisa cek aplikasnya di Playstore dan langsung download sekarang juga!