cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati

Kartu perdana dari operator 3 (Tri) dikenal karena memiliki masa aktif yang panjang. Bahkan, tersedia paket internet AlwaysON yang memberikan masa aktif tanpa batas waktu untuk para pelanggannya. Namun dalam beberapa kondisi, nomor 3 bisa menjadi tidak bisa digunakan karena dianggap tidak aktif. Tentu hal semacam ini bisa membuat Sedulur kesal dan perlu tahu cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati.

Seperti kebanyak provider lainnya, nomor 3 juga bisa diaktifkan kembali dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Hal ini juga berlaku ketika Sedulur kehilangan nomor 3 karena ponsel hilang, tercuri, atau kartu mengalami kerusakan karena terendam air. Nah, agar Sedulur tidak bingung, mari simak beberapa cara mengaktifkan nomor 3 yang sudah mati berikut ini!

BACA JUGA: Cara Mudah Registrasi Kartu 3 (Tri) Lewat SMS dan Internet

Faktor penyebab kartu 3 tidak aktif

cara daftar paket nelpon telkomsel
Pexels

Ketika kita berbicara tentang alasan mengapa nomor kartu 3 dapat menjadi tidak aktif, penting untuk memahami beberapa hal yang berperan dalam proses ini. Untuk memahami cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati, lebih baik kita melakukan pencegahan matinya kartu.

-->

Meskipun ada paket internet 3 AlwaysON yang menawarkan kuota aktif tanpa batas waktu, kita harus menyadari bahwa masa aktif nomor 3 tetap memiliki batas waktunya. Paket ini memang memiliki jangka waktu aktif yang panjang, tetapi tidak abadi, biasanya hingga satu tahun (sesuai dengan ukuran kuota yang telah dibeli).

Setelah periode tersebut berakhir, nomor 3 akan memasuki tahap masa tenggang. Jika masih ada sisa kuota, Sedulur masih dapat menggunakan kartu tersebut setelah memperpanjang masa aktif melalui pengisian ulang pulsa.

Sama halnya dengan nomor 3 yang menggunakan berbagai jenis paket layanan lainnya. Jika tidak dikelola secara hati-hati, kartu tersebut dapat memasuki masa tenggang yang berujung pada nonaktif permanen.

Faktor-faktor yang menyebabkan nomor kartu 3 menjadi tidak aktif tidak jauh berbeda dengan operator lainnya, yakni disebabkan oleh kurangnya pengisian ulang pulsa dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, agar tidak perlu repot mencari cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati, disarankan untuk rutin memeriksa masa aktif kartu dan menghindari keadaan kartu mati. Dengan begitu, Sedulur dapat terus menikmati layanan yang ditawarkan oleh provider ini.

BACA JUGA: 7 Cara Cek Nomor 3 (Tri), Mudah dan Cepat!

Cara aktifkan nomor 3 yang sudah mati

Fentress

Cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati, setelah melewati batas waktu penggunaan atau faktor lainnya, seperti kurangnya isi pulsa, ada beberapa langkah yang dapat Sedulur lakukan untuk menghidupkannya kembali melalui gerai resmi 3.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengaktifkan kembali kartu 3 yang sudah mati:

  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan, termasuk fotokopi KTP, fotokopi KK, dan KTP asli Sedulur.
  2. Sediakan dana sekitar Rp 100.000 hingga 150.000.
  3. Kunjungi gerai 3 terdekat di kota Sedulur.
  4. Saat berada di gerai, jelaskan bahwa kartu 3 Sedulur telah mati atau tidak aktif.
  5. Petugas gerai akan memberitahu Sedulur bahwa untuk mengaktifkan kembali kartu 3, Sedulur perlu berlangganan paket data tertentu dengan biaya yang harus dibayarkan.
  6. Setelah Sedulur menyetujui persyaratan tersebut, Sedulur akan diminta untuk mengisi data seperti nomor kartu 3 yang tidak aktif, nomor KTP, nomor KK, alamat email, dan lainnya.
  7. Setelah membayar biaya yang diminta, Sedulur akan menerima kartu perdana baru yang sudah berisi nomor 3 sebelumnya.
  8. Namun, perlu diingat bahwa kartu 3 tersebut masih belum aktif, dan Sedulur harus menunggu selama 3 hingga 7 hari kerja.
  9. Ketika kartu 3 telah diaktifkan, layanan pelanggan 3 akan menghubungi Sedulur melalui WhatsApp atau media komunikasi lainnya.
  10. Setelah mendapatkan konfirmasi tersebut, masukkan kartu perdana baru yang Sedulur peroleh.
  11. Sekarang, kartu 3 Sedulur telah aktif kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sedulur dapat mengaktifkan kembali kartu 3 yang sebelumnya mati atau tidak aktif dengan mudah melalui layanan gerai resmi 3.

Mengaktifkan nomor 3 lewat Customer Service

cara daftar paket nelpon telkomsel
Pexels

Berikut adalah cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati melalui layanan WhatsApp customer service.

  1. Pertama-tama, simpan nomor WhatsApp customer service 3, yakni 08999800123.
  2. Buka aplikasi WhatsApp dan mulai percakapan dengan customer service 3. Jelaskan dengan jelas bahwa Sedulur ingin mengaktifkan kembali nomor 3 yang telah mati.
  3. Bersabarlah beberapa saat hingga petugas customer service 3 merespons pesan Sedulur. Mereka akan memberikan penjelasan tentang langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali nomor 3 yang mati.
  4. Pastikan Sedulur mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh customer service 3 dengan cermat. Ikuti langkah-langkah tersebut sampai nomor 3 Sedulur berhasil diaktifkan kembali.

Dengan mengikuti panduan di atas, Sedulur dapat melakukan reaktivasi nomor 3 yang mati melalui layanan WhatsApp customer service dengan mudah dan efektif.

BACA JUGA: 5 Cara Perpanjang Masa Aktif XL, Mudah dan Tanpa Pulsa!

Mengaktifkan nomor 3 lewat Bima+

Selain beberapa cara di atas, Sedulur juga bisa menggunakan aplikasi kembangan Tri bernama Bima+. Berikut adalah cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati melalui aplikasi Bima+:

  1. Pertama-tama, pastikan Sedulur memiliki aplikasi Bima+ di perangkat Sedulur. Jika Sedulur belum mengunduhnya, Sedulur dapat mengunduhnya melalui Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Setelah memiliki aplikasi Bima+, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Customer Service” atau “CS” dari menu yang tersedia.
  3. Mulai percakapan melalui live chat dengan customer service 3. Sampaikan dengan jelas permasalahan Sedulur terkait nomor 3 yang telah mati dan keinginan untuk mengaktifkannya kembali.
  4. Petugas customer service akan memberikan petunjuk mengenai langkah-langkah yang perlu Sedulur lakukan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk tersebut dengan seksama hingga selesai.

Demikian tadi penjelasan tentang panduan cara mengaktifkan nomor 3 yang sudah mati. Sedulur dapat dengan mudah melakukan pengaktifan ulang nomor 3 yang telah mati melalui aplikasi Bima+. Segera ambil tindakan untuk mengaktifkan kembali nomor 3 Sedulur agar dapat kembali digunakan. Tentu dengan kembalinya nomor 3 yang sudah mati bisa menjadi solusi ketika Sedulur tetap ingin menjaga komunikasi dengan nomor tersebut, khususnya untuk keperluan bisnis.

Dari penjelasan di atas juga diketahui cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati, yaitu melalui gerai resmi 3, layanan WhatsApp customer service, dan aplikasi Bima+, Sedulur memiliki opsi yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Jangan biarkan nomor 3 Sedulur tetap dalam keadaan tidak aktif, ikuti langkah-langkah yang telah diuraikan untuk mendapatkan kembali layanan telekomunikasi yang Sedulur perlukan!